Jenis Hutan Berdasarkan Tanaman

Di hutan pasti banyak pepohonan. Tapi, tak semua hutan terdiri dari beragam jenis tanaman. Ada juga hutan yang homogen. 

  • Hutan dipterokarpa (Dipterocarpaceae).

Hutan tropis alami yang umum dijumpai. Famili yang mendominasi ialah Dipterocarpaceae, yang memiliki ukuran besar. Habitat hidupnya dataran rendah. Beberapa jenis di antaranya ialah meranti, keruing, dan resak. Pohon-pohon dari jenis ini sangat komersial. Beberapa pemanfaatannya ialah mebel, bangunan, dan kayu lapis. Salah satu jenis menghasilkan resin yang dikenal dengan nama damar, yang dapat menjadi obat. Kulitnya dipakai untuk produksi tannin. Persebarannya di Sumatra, Bangka Belitung, Kalimantan, dan sebagian wilayah Jawa.
  • Hutan Eboni (Diospyros sp)

Hutan tropis alami yang didominasi jenis eboni atau kayu hitam. Jenis jenis pohon ini merupakan endemis Pulau Sulawesi. Persebarannya di hutan hujan Sulawesi. Kayu yang dihasilkan berkualitas sangat baik. Kayu hitam Sulawesi digunakan untuk mebel mahal, ukir-ukiran dan patung, alat musik (misalnya gitar dan piano), tongkat, dan kotak perhiasan.

  • Hutan Mahoni

Hutan musim yang didominasi jenis mahoni persebaran di pulau Jawa. Hutan ini dimanfaatkan untuk tanaman industri (obat), pewarna, bahan baku lem, pakan ternak (daun), mebel, furnitur, barang-barang ukiran, dan kerajinan tangan serta pengurang polusi.
  • Hutan Jati (Teak Forest)

Hutan yang dominan ditumbuhi pohon jati (Tectona grandis). Hutan buatan ini tersebar di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Lampung. Kayu jati antara lain dimanfaatkan untuk bangunan, mebel, venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal, serta dijadikan keping-keping parket penutup lantai.
  • Hutan Pinus (Pine Forest)

Persebarannya di Sumatra, Jawa, dan Papua. Kayunya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, konstruksi ringan, mebel, bubur kayu (pulp), korek api, sumpit, dan getah (resin).
  • Hutan Ekaliptus

Hanya ada dua jenis ekaliptus di Indonesia. yaitu Eucalyptus urophylus dan Eucalyptus deglupta. Persebarannya yakni di Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Hutan ini merupakan hutan buatan (tanaman industri).

Kayu ekaliptus digunakan antara lain untuk bangunan, kusen pintu dan jendela. kayu lapis, bahan pembungkus. korek api. pulp, dan kayu bakar


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment