Kiat Mengurut Payudara Bagi Ibu Menyusui

Penting bagi seorang ibu yang baru melahirkan untuk segera merawat payudaranya. Hal itu bertujuan agar proses menyusui bisa berlangsung lancar tanpa hambatan. Dokter speslalis kandungan dari RS Immanuel Bandung, Dian Indahwati. memberikan sejumlah kiatnya buat Anda.

Cara perawatan dapat dilakukan sambii duduk di bangku atau bisa juga saat ibu hendak mandi sambiil berdiri. Siapkan peralatan seperti dua handuk, dua waslap, dua baskom yang masing-masing berisi air hangat dan dingin, kapas, minyak kelapa atau baby oil, peniti, serta wadah untuk menampung air susu.

Ibu bisa memulainya dengan menempatkan dua handuk di daerah pundak dan di bawah payudara. Bila perlu dijepit dengan peniti agart idak jatuh. Dekatkan wadah untuk menampung air susu apabila ada air susu yang menetes pada saat pengurutan nanti. Kompres puting dengan kapas yang sudah diberi minyak kelapa atau baby oil kurang lebih 5 menit, lalu buang kapas bekasnya ke tempat sampah. Licinkan kedua tangan dengan minyak lalu tempatkan kedua telapak tangan tadi di atas kedua payudara. Barulah ibu bisa mulai teknik pengurutan payudara.

Pertama, pengurutan dengan arah mulai ke atas kemudian ke samping, Telapak tangan kiri ke arah samping kiri dan telapak tangan kanan ke arah stsi kanan. Selanjutnya, teruskan ke arah bawah samping. Lakukan pengurutan 15-30 kali. Letakkan kedua telapak tangan di salah satu payudara bagian bawahnya dengan posisi telapak tangan yang satu di atas dan yang satu di bawah {posisi bertumpuk). Lalu, gerakkan secara bergantian ke atas sambii menyentuh payudara yang satunya lagi, lakukan 15-30 kali. Dilanjutkan de¬ngan arah gerakan yang terakhir adalah melintang, yaitu tempatkan kedua telapak tangan di bawah kedua payudara kiri dan kanan, kemudian secara bersamaan digerakkan ke atas sambii menyentuh sedikit payudara dan dilepas perlahan-tahan, lakukanlah 15-30 kali.

Kedua, salah satu tangan menopang payudara sedang tangan yang lainnya mengurut payudara dari pangkal menuju puting susu dengan tangan dikepalkan. Lakukanlah 15-30 kali.

Ketiga, telapak tangan menopang yang lainnya menggenggam dan mengurut dari pangkal menuju puting susu. Lakukanlah secara bergantian pada payudara kiri dan kanan 15-30 kali.

Keempat, merangsang payudara dengan mengompreskan air hangat dan air dingin secara bergantian dengan memakai waslap 15-30 kaii. Bisa juga dilakukan ibu pada saat akan mandi dengan menggunakan baskom kecil berisi air hangat diguyur atau diciprat-cipratkan ke payudara dan untuk air dinginnya bisa dilakukan saat ibu mandi dengan air dingin. Selanjutnya dikeringkan dengan handuk. Jangan membersihkan puting susu dengan sabun atau alkohol karena dapat menyebabkan puting susu lecet/sakit.

Setelahnya, ibu bisa menjaga kondisi payudara dengan teknik pengurutan tersebut dua kali sehari. Dalam keseharian, disarankan memakai bra khusus untuk menyusui. (PRM/3/5/2015)***

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment