Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak pada usia dini berpengaruh menentukan kesuksesan dan keberhasilannya, karena otak berkembang cepat ketika usia 0 sampai 6 tahun yang biasa kita sebut sebagai masa golden ages. Pada masa ini usia dini otak menerima dan menyerap berbagai informasi apapun yang baik dan yang buruk sekalipun, ketika anak berusia 4 tahun, 80% telah terjadi perkembangan pesat tentang jaringan otak dan ketika anak berusia 8 tahun karena pada masa ini perkembangan fisik, mental mulai terbentukdan mencapai puncaknya pada usia 18 tahun, Sementara masa golden ages ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan berarti habislah peluangnya.

Pendidikan adalah asset bagi kita, dan yang terpenting adalah asset bagi anak-anak kita. Pada masa kini sebelum anak kita menempuh pendidikan dasar seperti Sekolah Dasar, SMP, SMA, Universitas, ada beragam pendidikan yang bisa kita berikan kepada anak kita, yang bisa kita kenal dengan nama Pendidikan Usia Dini yang bisa dilalui dengan jalur formal atau informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan tempat yang tepat dan dibutuhkan anak untuk menghadapi masa depannya. Masa Golden Ages anak merupakan kurun waktu yang sangat penting dan kritis dalam pertumbuhan fisik, mental, dan psikososial, yang berlalu dengan cepat sehingga keberhasilan masa golden ages ini berpengaruh untuk menentukan hari depan anak.

Pendidikan anak usia dini juga merupakan tempat anak kita untuk bersosialisasi dan bermain. Pendidikan anak usia dini berfokus ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sehingga membentuknya menjadi sebuah individu yang lebih baik dan mengarahkannya untuk mandiri dan pembentukan karakternya.

Anak-anak yang mengikuti pendidikan usia dini dan belajar menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, punya rasa ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, cepat beradaptasi, dan semangat untuk belajar. Untuk anak yang tidak melalui pendidikan usia dini kadang mereka lambat untuk menerima pelajaran ketika mereka melalui usia sekolah, karena mereka jarang menerima rangsangan yang bisa memacu otak mereka.

Sebagai orang tua kita harus selalu aktif dalam membimbing anak dan memastikan mereka mendapatkan lembaga pendidikan yang tepat.Temukan sekolah terbaik untuk mereka, tapi kita juga jangan menggantungkan pendidikan anak kepada sekolah, kita harus tetap ada untuk membimbing mereka mulai sepulang dari sekolah dan membantu mereka serta mengajarkan mereka hal-hal baru untuk mereka pahami.
Banyak orang tua kesulitan untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka, terutama bagi mereka yang bekerja, disinilah pengorbanan kita sebagai orang tua sangat diperlukan untuk kemajuan pendidikan anak kita. Pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah, kadang untuk memasuki taman kanak-kanak murid sudah diharuskan bisa membaca atau menulis. Memilih pendidikan usia dini sangatlah penting dan merupakan investasi yang baik untuk anak kita, karena harus membentuk persiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depan. (PRM/10/5/2015)***


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment