Tips Agar Tidak Sering Buang Air Kecil

Dibandingkan pria, wanita lebih sering beser atau sering buang air kecil. Agar tidak mudah beser maka sebaiknya dilakukan latihan senam kegel. Dengan latihan senam kegel yang rutin dilakukan setiap hari, selain vagina menjadi kencang juga membuat Anda tidak gampang buang air kecil. Benarkah?

Sering kebelet pipis atau beser sungguh mengganggu aktivitas. Sebentar-sebentar ingin buang air kecil, padahal Anda sedang di perjalanan. Dijelaskan oleh dr. Nana Agustina, SpOG, dokter spesialis kandungan dan kebidanan, kondisi gampang buang air kecil atau buang air kecil terlalu sering disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah infeksi saluran kemih, tumor genitalia interna seperti myoma, kista dan lain-lain, serta faktor hormonal, kehamilan, menopause dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika ada keluhan sering beser sebaiknya dilakukan pengecekan dan berkonsultasi dengan dokter agar masalahnya lebih jelas diketahui.Jika sebelumnya sering menahan buang air kecil, juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih hingga kerusakan pada ginjal. Begitu juga semakin bertambah usia biasanya wanita semakin sulit menahan buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena semakin tua semakin berkurang kadar hormon yang ada di dalam tubuh.

Senam Kegel
Lantas apakah bisa dicegah agar tidak sering buang air kecil? Olahraga secara teratur seperti senam kegel, banyak minum air putih dan tidak menahan buang air kecil bisa menjadi tips pencegahan. Bagi wanita, senam kegel bermanfaat terutama untuk kesehatan otot-otot panggul, vagina dan kandung kemih. Oleh karena itu, wanita dianjurkan untuk melakukan senam kegel agar tidak gampang buang air kecil.

Dikatakan oleh Dr. Med. M.J. Josoprawiro, SpOG (K), senam kegel bisa mengembalikan ukuran vagina mendekati normal, terutama wanita sehabis melahirkan.Asalkan,perubahannya tidak terlalu ekstrem.Jika pada wanita yang sulit menahan buang air kecil misalnya ketika tertawa atau batuk akan keluar air kencingnya karena kendur vagina maupun saluran kemihnya, biasanya wanita usia tua, itu harus dilakukan tindakan operasi rekonstruksi vagina. Kondisi yang disebut stress incontinence ini tidak bisa diatasi dengan senam kegel.

Senam kegel bisa dilakukan oleh wanita setelah melahirkan 2 minggu hingga 6 bulan agar vagina kembali kencang. Senam kegel bisa dilakukan setiap hari atau bahkan 2-3 kali sehari. Semakin sering dilakukan maka hasilnya semakin baik. Senam kegel bisa dilakukan sembari duduk, bekerja, membaca koran dan lain-lain.Caranya seperti menahan buang air kecil.

Memurut dr.Tanya T.M Rotikan, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, sebelum melakukan senam kegel,yang pertama harus dilakukan adalah mendeteksi letak otot dasar panggul. Otot ini terletak di dalam tulang panggul yang tidak terlihat mata. Cara mendeteksi otot dasar panggul adalah pada saat buang air kecil, tahan sebentar hingga air seni keluar, lalu kontraksikan. Bila air seni berhenti di suatu tempat, maka disitulah letak otot dasar panggul, karena ia akan menjepit. Tapi bila air seni tetap keluar, mungkin kita melakukan kesalahan dalam menahan otot. Bukan otot dasar panggul yang ditahan, bisa saja otot perut yang ditahan.

Setelah mengetahui letak otot dasar panggul, lakukan gerakan seperti menahan air seni. Lakukan dua kali periode. Satu periode dilakukan 5-10 kali hitungan. Setelah itu istirahat 5-10 detik, kemudian lakukan lagi gerakan tersebut. Bila sudah terbiasa, maka Anda dapat melakukan senam kegel tersebut 50 kali sehari.Tetapi, setiap orang memiliki kemampuan fisikyang berbeda, sehingga sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik Anda.

Jika dilakukan rutin, hasilnya akan terlihat 2-3 bulan.Tetapi untuk wanita yang sudah berumur, memerlukan waktu lebih lama, yaitu sekitar lima bulan. Untuk mengetahui latihan yang dilakukan sudah berhasil atau belum saat buang air besar, tahan air seni yang keluar. Bila air seni sudah tidak lagi keluar, maka latihan Anda sudah berhasil. 

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment