Tips Memilih Lantai Carport Yang Tepat

Salah satu bagian yang harus mendapatkan perhatian saat Anda memiliki rumah dan mobil adalah carport. Tentunya agar tampak menarik dan mobil Anda terlindungi. Anda juga harus mempertimbangkan lantai carport. Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.

Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar, sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Terakhir, pertimbangkan pula lentang perawatannya. Pilih yang perawatannya mudah dan tidak mudah kotor.

Berikut cara memilih lantai carport yang tepat dengan kebutuhan Anda:

Semen Cetak
Adukan semen ini terdiri dari campuran pasir, semen dan koral kecil. Lantai semen cetak dapat berupa lembaran atau lempengan. Proses pencetakan pun bisa dilakukan dengan cor di tempat atau cor di tempat lain kemudlnn dipasang di lantai carport Anda. Agar tampilannya menarik, Anda bisa mengisi nat antar semen dengan material koral sikat atau rumput.

Semen Plesteran
Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah. Cara pengerjaannya sangat sederhana. hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudian sebagai finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yang disebut trowel.

Grass Block dan Paving Block 
Ada dua jenis beton  cetak yang tersedia di pasaran. Beton cetak yang bentuknya padat disebut paving block, sementara beton cetak yang bagian tengahnya berongga adalah grass block. Gunakan  grass block bila ingin carport Anda hijau dan masih bisa mengalirkan air ke dalam tanah. Sebelum menggunakan  kedua material ini, pastikan tanah di bawahnya sudah dipadatkan dengan seksama. Bisa dibilang kedua material ini adalah material yang ramah lingkungan. Namun bila Anda  sering mencuci mobil menggunakan sabun pembersih di atas carport ada baiknya pilihan ini dlpertimbangkann lagi.

Koral Sikat
Pada prinsipnya cara pengerjaan bahan ini hampir sama dengan cetak, namun perbedaannya permukaan semennya dibubuhi batu koral sikat, kemudian pada waktu setengah kering permukaan semennya dibersihkan menggunakan sikat kawat agar tekstur koral sikat lebih muncul. Material ini membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur, terutama pada musim hujan.

Batu Alam
Material batu alam yang lazim digunakan sebagai penutup lantai carport adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Warnanya yang cenderung gelap menyamarkan noda dan terkesan alami. Untuk mencegah jamur, lapisi permukaan batu alam dengan cairan coating. Batu kerikil berukuran kecil dan aneka warna, biasanya berbentuk bundar atau lonjong disebut batu sikat. Batu ini bisa dikombinasikan dengan material lain seperti keramik atau batu alam atau dibuat pola tertentu agar kelihatan lebih artistik. Proses pemasangan batu sikat memang agak sedikit rumit, pertama Anda harus membuat pola dengan pembatas menggunakan bahan pilihan. Setelah itu taburkan batu sikat di tengah pola tersebut hingga merata. Setelah agak mengering, Anda bisa membersihkan batu dengan menggunakan sikat kawat. Taburkan sedikit semen kering atau pasir halus untuk membantu mempercepat proses pengeringan dan jangan lupa untuk menyikat batu sampai bersih.

Keramik
Keramik dengan pemakaian khusus untuk lantai carport biasanya bertekstur dan agak kasar, itu bertujuan agar lantai tidak licin dan ban kendaraan tidak mengalami slip. Untuk masalah tektur dan motif keramik bisa langsung Anda peroleh dengan mudah di toko-toko material. 

0 Response to "Tips Memilih Lantai Carport Yang Tepat"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.