Advan Vanbook W100, Tablet Windows 8.1 Layar 10 Inci Berprosesor Quad Core Harga 2 Jutaan

Tidak hanya menghadirkan tablet dengan sistem operasi Android saja, Advan juga merilis tablet berbasis Windows 8.1 guna menjangkau keinginan konsumen yang lebih luas. Diantaranya melalui Advan Vanbook W80 dan W100. Perbedaan antara kedua seri itu secara garis besar terdapat pada ukuran layar, jika Advan Vanbook W80 berukuran 8 inci maka Advan Vanbook W100 berukuran 10 inci atau lebih tepatnya 9,6 inci.

Advan Vanbook W100 memiliki layar yang terbilang cukup lega untuk ukuran sebuah komputer tablet. Lebar layar ini memang sedikit banyak justru agak merepotkan kala Anda mengoperasikannya dengan memegangnya. Namun tentu saja tampilan layar yang lebih lega ini membuat pengguna lebih nyaman saat menjalankan berbagai aplikasi, game, hingga menyaksikan film. Layamya sudah menggunakan panel IPS yang lebih jernih dengan dukungan resolusi hingga 1280 x 800 piksel.

Berbekal Windows 8.1with Bing, user interface tablet langsung dihadapkan pada tampilan Modern/Metro Ul layaknya Windows 8 untuk desktop. Secara umum yang membedakan Windows 8.1 (tanpa Bing) dengan Windows 8.1 with Bing adalah mesin pencarian di peramban yang secara default menggunakan search engine Bing milik Microsoft. Di luar itu secara garis besar tidak terdapat hal yang berbeda.

Microsoft juga menyediakan aplikasi pendukung secara gratis berupa Office. Aplikasi ini berguna untuk konsumen dari kalangan pelajar maupun profesional yang ingin lebih produktif dalam menggunakan tablet selain hanya memanfaatkannya untuk sekadar bermain game. Sedangkan layanan cloud OneDrive disediakan bagi pengguna dengan kapasitas hingga 1TB, serta beberapa aplikasi dari XBOX Games yang bisa didapat melalui Store.

Untuk memanfaatkan fitur multimedianya, Advan Vanbook W100 mengandalkan aplikasi bawaan Microsoft yaitu Windows Media Player. Secara default, aplikasi ini hanya mendukung beberapa format audio dan video tertentu saja. Anda perlu memasang codec atau aplikasi multimedia tambahan jika ingin memperluas dukungan format yang ingin dimainkan.

Secara mulus tablet ini mampu menjalankan konten video definisi tinggi dengan resolusi 1080p. Keluaran suara yang dihasikannva pada kondisi maksimat cukup kencang, meski agak terdengar pecah saat menampilkan suara efek ledakan pada suatu film. Dan untuk menjalankan musik, pada pengaturan suara tingkat sedang, hasilnya cukup baik dan jelas selama kondisi lingkungan sekitar tidak berisik.

Vanbook W100 merupakan tablet Advan pertama yang dibekali prosesor Intel Baytrail CRZ3735G 64-bit dengan CPU quad-core berkecepatan 1,3 GHz. Dibekali dengan chip gratis Intel HD Graphics, Anda bisa menjalankan berbagai game yang ada di Windows Store dengan nyaman. 

Meski agak disayangkan penggunaan RAM-nya yang hanya 1 GB. Penggunaan RAM ini memang cukup responsif saat membuka aplikasi standar, bermain game, atau beralih dari mode Metro ke desktop dan sebaliknya. Namun akan tertihat lambat saat menjalankan aplikasi secara multitasking. Jika saja kapasitass RAM yang digunakan 2 GB, tentu akan lebih memuluskan kinerjanya.

Kapasitas media simpan internalnya sebesar 16 GB terbilang pas-pasan jika Anda ingin memasukkan berbagai data atau memasang aplikasi tambahan. Karena kapasitas itu sebagian besar sudah digunakan oleh Windows dan file recovery, maka hanya menyisakan ruang kosong sebesar 6,5 GB saja. Untuk itu tablet ini mendukung kartu memori tambahan hingga kapasitas 32 GB.

Meski menyediakan dukungan 3G HSDPA dengan adanya satu slot SIM, tablet ini tidak bisa digunakan untuk telepon dan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet saja. Untuk menempatkan kartu SIM dan memori eksternal, Anda bisa membukanya melalui kompartemen yang terletak di bagian atas tablet dengan cara mencongkelnya menggunakan kuku.

Karena berbasis Windows, beberapa fungsi desktop memang lebih nyaman jika menggunakan keyboard fisik. Begitu pula bagi pengguna yang ingin menjalankan aplikasi office. Oleh karena itu Advan mendukung penggunaan keyboard dengan mengandalkan koneksi bluetooth. Advan sendiri telah menyediakan keyboard tersebut yang mest dibeli secara terpisah dengan tabletnya.

Sepertinya jarang ada tablet yang memokuskan kualitas kamera sebagai salah satu fitur unggulannya. Kamera pada Advan Vanbook W100 terbilang standar dan telah dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi sama yaitu 2 MP hingga resolusi 1600 x 1200 piksel.

Untuk sekadar memotret selfie ataupun berfoto dalam kondisi terang, hasilnya masih cukup memadai, begitu pula untuk melakukan video chat. Beberapa noise yang dihasilkan pada kondisi yang redup memang masih dimaklumi mengingat tablet ini memang tidak dikhususkan untuk penggunaan kamera. Advan Vanbook W100 dilempar ke pasaran dengan harga Rp 2.250.000.

Untuk cek harga terbaru dan ketersediaan barang, silakan  klik gambar di bawah ini!

ADVAN Vanbook W100
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment