Makan Mentimun Bikin Kulit Cerah Dan Rambut Subur

Makan Mentimun Bikin Kulit Cerah Dan Rambut Subur - Mentimun yang banyak mengandung air serta vitamin C serta mineral lainnya sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit maupun rambut. Untuk mendapatkan manfaat dari mentimun, bisa dikonsumsi segar maupun dibuat jus secara rutin. Mentimun juga dapat membantu mencerahkan kulit dari dalam serta menyuburkan rambut.

Buah mentimun mudah ditemui di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Mentimun kerap dikonsumsi sebagai lalapan terutama jika menyantap makanan seperti Pecel Ayam dan Nasi Uduk. Mentimun juga kerap diolah sebagai campuran sayur-sayuran di dalam rujak, gado-gado, ketoprak, maupun diolah menjadi acar mentimun.

Kadar air yang tinggi dalam mentimun yang hampir 95 persen dan rasanya yang segar membuat mentimun disukai banyak orang. Apalagi harga mentimun juga murah, bahkan dapat dibudidaya sendiri di pekarangan rumah. Mentimun ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan jika dikonsumsi secara rutin.

Baik Untuk Kulit
Mentimun merupakan sayur-sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup banyak bagi tubuh. Mentimun memiliki banyak kandungan gizi. Di antaranya mentimun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu mentimun sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Selain antioksidan seperti flavonoid, lignin dan triterpens, mentimun juga mengandung vitamin K, vitamin C dan vitamin B1. Mentimun juga mengandung asam pantothenic, tembaga, kalium, mangan, fosfor, magne¬sium, dan biotin. Mentimun juga mengandung bahan antiinflamasi dan antikanker.

Mentimun selaain dapat mencegah timbulnya kanker juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan  pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi, serta kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika, membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Mentimun juga mampu menjaga kesehatan kulit, terutama untuk jenis kulit berminyak dan kulit kering. Kadar antioksidan yang ada di dalam mentimun mampu mengurangi kandungan minyak dan mencerahkan kulit kusam. Mentimun juga bisa digu-nakan untuk mengobati jerawat, sangat baik bagi kesehatan mata, serta dapat membantu menjaga kecantikan wanita hamil.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun, buah ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari. Mentimun bisa dimakan mentah seperti halnya lalap maupun dikukus/direbus atau diolah menjadi campuran masakan. Bisa juga dibuat jus mentimun yang segar. Jika rutin makan mentimun serta sayur-sayuran lain maka kecantikan kulit juga akan terjaga. Karena bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit, maka buah mentimun kerap digunakan sebagai bahan kosmetik seperti produk pembersih wajah maupun pelembab.

Mentimun juga bagus untuk kecantikan rambut. Jika rambut kurang subur, dengan rutin makan mentimun bisa membuat rambut menjadi subur. Pasalnya, mentimun mengandung silika yang berguna untuk rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat. Dengan minum jus mentimun secara rutin yang dicampurkan dengan wortel, bayam dan selada, maka rambut akan lebih subur.

Masker Wajah
Selain dikonsumsi rutin, mentimun juga bisa dijadikan masker wajah sebagai perawatan dari luar. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit, serta mengatasi masalah mata lelah atau lingkaran hitam di sekitar mata. Kandungan asam askorbat dan asam caffeic di dalam mentimun dapat menu-runkan tingkat retefisi air. Hal ini akan mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Masker mentimun bisa digunakan rutin seminggu sekali.



Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment