Makanan Sehat Untuk Yang Sering Begadang

Makanan Sehat Untuk Yang Sering Begadang - Saat ini tak sedikit wanita berusia 35 tahun bekerja sebagai seorang karyawan swasta yang sering tidur larut malam, bahkan pagi hari. Dengan kebiasaan tersebut, bagaimanakah caranya untuk memilih makanan sehat agar tetap hidup sehat di usia 35 tahunan?

Makanan sehat merupakan hal yang penting di dalam menjaga hidup sehat di samping olahraga atau hidup yang aktif, istirahat yang cukup, tidak merokok atau mengonsumsi obat-obatan narkotika. Yang perlu diperhatikan dalam komponen penting dalam makanan sehat adalah jumlah kalori yang cukup untuk kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kira-kira untuk perempuan 1700 kkal dan untuk laki-laki 1900 kkal.


Makanan sehat untuk yang sering begadang adalah makan dalam komposisi seimbang, terdiri dari karbohidrat 50%, protein 20% dan lemak 30%. Gunakan karbohidrat yang sehat seperti whole grain dan whole wheat, yaitu beras merah, beras pecah kulit, kentang rebus atau umbi-umbi yang lain, oatmeal seperti Quaker oats, roti whole wheat atau whole grain. Protein yang baik adalah dari sumber hewani seperti tel.ur, ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak yang dikonsumsi dua kali seminggu, susu rendah lemak atau tanpa lemak sedangkan protein nabati tahu, tempe, serta kacang-kacangan seperti kacang hijau, dan kacang merah.

Lemak yang sehat adalah lemak tidak jenuh tunggal seperti olive oil, canola oil dan lemak tidak jenuh ganda seperti omega-6 dan omega-3. Batasi makanan yang kadar kolesterolnya tinggi seperti jeroan, santan kental, udang kerang dan kepiting. Ditambah sayur-sayuran dan buah-buahan minimal 5 porsi sehari. Usahakan makan sayur-sayur dan buah-buahan yang berwarna warni, yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, juga antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan.

Selain dengan cara seimbang juga ada pola makan sehat baru yang dikeluarkan oleh USDA yaitu my plate. Artinya mengumpamakan pola makan dengan piring. Jadi dalam satu piring dibagi 4 bagian, setengah bagian diisi buah-buahan dan sayur-sayuran, seperempatnya diisi dengan karbohidrat sehat, seperempat lagi dengan protein sehat. Selain memperhatikan komposisi makan sehat di atas, perhatikan untuk makan teratur setiap hari, minum air putih 8 gelas sehari dan mengurangi makanan yang tinggi kalori seperti fast food. Itulah tips makanan sehat untuk yang sering begadang.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment