IBX59ED8B2FED208 Ramadhan 2015, Aplikasi Android Untuk Panduan Ibadah Di Bulan Ramadhan - Jendela Informasi

Ramadhan 2015, Aplikasi Android Untuk Panduan Ibadah Di Bulan Ramadhan

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim perlu mempersiapkan diri agar bisa memanfaatkan bulan tersebut secara maksimal untuk melaksanakan ibadah sebaik-baiknya. Termasuk diantaranya mempersiapkan jadwal waktu puasa serta sholat yang biasa dijadikan panduan dalam melaksanakan ibadah.

Bagi pengguna Android, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yang ada di Google Play dengan nama Ramadhan 2015. Meski sederhana aplikasi ini tetap menawarkan hal penting seputar ibadah puasa. Apa saja fitur-fitur yang tersedia didalamhya? 

Berikut ulasan singkatnya:
User interface
Ramadhan 2015 menggunakan tampilan sederhana berupa tulisan yang dihiasi dengan warna dasar saja. Tampilannya yang terkesan kaku dan monoton ini memang terlihat kurang menarik bagi sebagian orang, namun aplikasi untuk tujuan ibadah memang lebih mementingkan isi konten.

Jika dilihat dari sisi positifnya, hal ini membuat kinerjanya lebih ringan dan cepat tanpa terbebani oleh tampilan bergambar atau animasi. Untuk menampilkan fitur yang tersedia, pengguna bisa masuk ke pilihan Menu yang tersembunyi di pojok kiri atas. Dari sini pengguna bisa menelusuri berbagai fungsi yang tersedia, termasuk penjelasan singkat mengenai kegunaan puasa di bulan Ramadhan yang sayangnya hanya ditampilkan menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, aplikasi ini banyak diselipi iklan baris dan iklan satu halaman yang akan muncul saat Anda hendak masuk ke halaman lain.

Fitur
Karena dikhususkan sebagai pendukung bagi ibadah di bulan Ramadhan, aplikasi ini langsung menampilkan waktu sahur dan buka puasa pada halaman utamanya. Selain itu Anda akan mendapati tanggalan masehi serta hijriyah. Bagi Anda yang tidak ingin terlewat waktu sahur, tersedia pilihan alarm yang anehnya tidak bisa ditentukan sendiri. Untuk menentukan waktu pada alarm, aplikasi ini hanya memberikan pilihan waktu beberapa menit sebelum waktu sahur berakhir. 

Sebelum mendapatkan waktu serta jadwal sahur, berbuka, serta sholat, Anda mesti mengatur terlebih dahulu agar aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi di mana Anda berada. Untuk itu Anda bisa masuk ke pengaturan dan memilih Change City. Jika aplikasi ini mendeteksi lokasi dengan tidak benar, tersedia pilihan manual guna menentukan lokasi Anda berada.

Begitu pula dengan penentuan waktu sholat waktu wajib yang mesti diatur terlebih dahulu dengan masuk ke pengaturan Adjust Prayer Times. Di dalamnya Anda bisa memilih metode dalam menentukan jadwal waktu sholat lima waktu. Setelah selesai, Anda bisa melihat jadwal waktu sholat tersebut dengan  menekan ikon yang terletak di bagian atas kanan.

Untuk melihat fitur yang tersedia, Anda bisa masuk ke bagian menu. Di sini terdapat pilihan Calendar yang menampilkan waktu sahur dan berbuka berdasarkan kalender harian berdasarkan tanggalan masehi dan hijriyah. Jadwal kalender ini bisa Anda gunakan untuk menandai jika saat itu sedang berhalangan puasa sehingga Anda bisa ingat berapa hari waktu yang mesti dibayar nantinya.

Aplikasi Ramadhan 2015 ini juga dilengkapi dengan beberapa doa khusus saat berpuasa yang ditampilkan secara tulisan (baik tulisan Arab, arti, dan terjemahannya) serta suara melalui audio guna memudahkan pengguna. Dilengkapi pula dengan tampilan 99 nama Allah guna memperdalam amalan saat berpuasa. Pengguna juga bisa berbagi informasi dari aplikasi ini melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, serta SMS/MMS ataupun email.

Kinerja
Karena tampilannya sederhana, aplikasi ini sangat ringan sehingga bisa digunakan pada berbagai ponsel, mulai dari jenis lawas (Android 2.3) hingga terbaru. Karena pada saat instalasi semua data sudah tersimpan di ponsel, maka aplikasi ini bisa dijalankan dalam keadaan offline. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya kapan saja meski tidak memiliki akses internet.

Inovasi
Tiap datangnya bulan suci Ramadhan, banyak aplikasi sejenis yang hadir dengan menawarkan berbagai fitur yang bermanfaat dan menarik pengguna Pada aplikasi Ramadan 2015 ini tidak terdapat hal baru dan mirip dengan fitur yang ditawarkan aplikasi sejenis.

Salah satu hal yang menarik dalam menggunakan aplikasi Ramadan ini adalah tampilan sederhananya yang mampu bekerja dengan cepat dan gesit meski pada ponsel lawas. Apalagi dengan fungsinya yang bisa digunakan dalam kondisi offline membuatnya menarik untuk dijadikan pilihan. Sayangnya tidak disertakan fitur kompas guna menunjuk arah kiblat sebagai panduan dalam menunaikan sholat. 

0 Response to "Ramadhan 2015, Aplikasi Android Untuk Panduan Ibadah Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.