Tips Atasi Dark Shadows Pada Lipatan Tubuh

Tips Atasi Dark Shadows Pada Lipatan Tubuh - Untuk tampil menarik tak hanya dituntut penampilan wajah saja. Tetapi juga kulit seluruh tubuh musti diperhatikan. Terkadang kulit di daerah lipatan seperti ketiak, siku, tengkuk leher, dan selangkangan timbul kehitaman atau yang disebut dark shadows. Bagi mereka yang senang memakai busana seksi yang terbuka, kehadiran dark shadows ini tentu sangat mengganggu. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Dark shadows atau kulit hitam pada bagian lipatan tubuh tertentu seperti ketiak, selangkangan ataupun lipatan leher banyak dialami oleh setiap orang. Terkadang banyak wanita yang tidak menyadari bahwa kulit di daerah lipatan timbul kehitaman. Jika sudah timbul terkadang susah dihilangkan seperti warna kulit semula.

Area kulit hitam pada bagian tertentu ini tentu akan sangat mengganggu penampilan. Meskipun terjadi pada bagian kulit yang tertutup hal ini akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Terlebih pada wanita yang sering menggunakan busana tanpa lengan sehingga memperlihatkan bagian ketiak. Timbulnya dark shadows membuat wanita tidak leluasa dalam berbusana.

Penyebab. Biasanya dark shadows muncul pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak, bokong, lipatan perut, payudara, leher, siku tangan dan kaki, hingga daerah selangkangan. Menghitamnya kulit terjadi karena adanya perubahan pigmen atau hiperpigmentasi kulit. Adanya proses peradangan yang disebabkan oleh pemakaian deodoran secara terus-menerus menyebabkan pigmentasi yang berlebihan pada kulit. Hal tersebut ditimbulkan karena gesekan atau konstan yang terjadi pada kulit dalam waktu yang cukup lama. Dark shadows juga timbul karena kulit yang iritasi ditambahkan dengan pemakaian bahan kimia yang menyebabkan kulit berubah menjadi hitam.


Pemakaian busana atau pakaian dalam yang terlalu ketat di daerah bagian perut juga bisa menimbulkan dark shadows. Begitu pula bila bagian perut selalu terkena celana, pada bagian bawah payudara akibat penggunaan bra yang ketat, atau memakai celana dalam yang terlalu kencang. Pemakaian bra maupun celana dalam dari bahan sintetis yang tidak baik pada kulit juga akan menimbulkan bekas hitam pada kulit.

Mereka yang mengalami masalah obesitas atau kegemukan juga akan gampang terkena masalah dark shadows atau kulit menghitam. Pada orang yang obesitas masalah dark shadows akan timbul pada bagian-bagian tubuh seperti pada lipatan leher, perut, dan lekukan tubuh lainnya. Lalu pada wanita setelah melahirkan masalah dark shadows juga terjadi. Begitu pula pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi. Mereka yang memiliki kelainan kulit yang disebabkan adanya gangguan kadar insulin juga rentan mengalami masalah kulit menghitam.

Mengatasi Dark Shadows
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dark shadows yang merupakan momok baik kaum hawa. Cara mudah dan tepatnya adalah dengan menghindari penyebab yang sering digunakan sehari-hari. Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh juga akan mengurangi terjadinya dark shadows, seperti membersihkan kulit setelah beraktivitas dari sisa-sisa deodoran atau make up.

Dengan pembersihan kulit maka akan membuat sel kulit mati tidak menumpuk pada satu area seperti ketiak atau lipatan lainnya yang menyebabkan warna kulit menghitam dan kusam. Hal yang perlu diperhatikan yang sering menjadi penyebab dark shadows adalah pemakaian bra atau celana dalam dengan bahan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, dalam memilih bra atau celana dalam sebaiknya pilih bahan yang dapat menyerap keringat dan aman digunakan seperti katun. Hindari penggunaan bahan sintesis untuk bra maupun celana dalam, karena bahan sintesis dapat menyebabkan kulit menjadi alergi.

Sementara treatment untuk mengatasi dark shadows yang paling mudah dilakukan sendiri di rumah setiap hah adalah rutin menggunakan scrubbing, masker kulit, serta produk-produk pencerah kulit yang sesuai dengan jenis kulit seseorang. Umumnya bahan scrub yang digunakan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Bila dilakukan secara rutin maka scrub dan masker bisa mengembalikan warna kulit ke semula.

Treatment pencerah kulit lainnya yang dapat dilakukan adalah brightening treatment. Treatment ini biasanya dilakukan oleh dokter kecantikan dan dokter spesialis kulit dan kelamin. Treatment ini dilakukan dengan cara memberikan cairan yang mengandung formula exfoliate pada ketiak atau bagian kulit yang menghitam lainnya. Setelah melakukan treatment ini, maka dalam jangka waktu tujuh hah biasanya kulit yang menghitam akan berangsur-angsur kembali cerah.

Dark shadows juga dapat diatasi dengan obat pemutih maupun treatment pemutih untuk mengembalikan warna kulit seperti semula. Ketika memilih produk pencerah kulit sebaiknya pilih yang memiliki kandungan Vitamin C dan E, serta bahan AHA (alpha hydroxy acid). Bahan-bahan tersebut aman digunakan. Sebaiknya penggunakan bahan pemutih menggunakan bahan pemutih kimia yang berbahaya seperti hidrokinon. Pemakaian hidrokinon yang berlebihan justru akan menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan dark shadows dengan mudah adalah menggunakan bahan alami. Bahan alami ini akan aman digunakan terhadap kulit. Bahan alami yang bisa menghilangkan dark shadows seperti bengkuang dan anggur. Kandungan vitamin C yang tinggi pada bengkuang dan anggur dapat mengembalikan warna kulit menjadi lebih cerah.

Bengkuang juga memiliki kandungan pachyrhizon, rotenon, vitamin A, B1 dan C sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti menyegarkan kulit, menghilangkan vlek hitam, memperlambat terjadinya penuaan dini serta menyamarkan dark shadows. Dengan menggosokkan bengkuang secara rutin pada kulit dapat menjadi pilihan yang baik dan aman untuk menghilangkan dark shadows.



Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment