IBX59ED8B2FED208 Tips Olahraga Saat Puasa - Jendela Informasi

Tips Olahraga Saat Puasa

Tips Olahraga Saat Puasa - Tujuan olahraga jelas penting banget. Selain mempertahankan kesehatan, tubuh kita pun tetap segarr bugar. Tapi kalau lagi puasa mana tahan dong?

Buat orang yang terbiasa berolahraga, menghentikan kebiasaannya bisa jadi sangat nggak nyaman. Meskipun untuk sementara waktu. Kalo nggak jogging atau aerobik sehari aja, badannya lemes-lemes kayak digebukin orang sekampung. 


Memasuki bulan puasa, jelas yang namanya olahraga kudu dibatasi. Soalnya, kalo abis keringetan, bawaannya kan haus melulu lagi. Kalo nggak bisa nahan, bisa runyam deh urusannya. Kondisi bodydl bulan ini biasanya memang rada lemes karena pada siang hari badan kita nggak mendapat asupan makanan seperti biasa. Jangankan mau olahraga, mau bantuin mama bikin kolak aja lemes banget.

Meskipun saat berpuasa kita masih bisa berolahraga, loh. Tentu aja bukan di pagi hari yang dijamin bisa langsung batal (kan, haus dan keringetan). Nah, buat kamu yang hobi berolahraga, ikuti aja tips di bawah agar olahraga kita nggak membatalkan puasa dan tetap segar bugar, doooong.

Pindahkan jam olahraga
Kalau biasanya abis sarapan pagi langsung jogging, sekarang lakukan jogging setengah jam sebelum berbuka. Pertama-tama puasa mungkin agak berat karena badan masih belum terbiasa. Pelan-pelan aja. Misalnya kalo hari ini 5 menit, besok 10, dan seterusnya. Jog-ging-nya juga jangan yang langsung heboh gitu. Pelan-pelan dulu, gitu.

Kurangi intensitas
Kalo biasanya acara olahraga bisa bikin mandi keringat lantaran begitu giat, maka di bulan puasa kurangi dikit. Misalnya, jogging nggak perlu 5 km dan di jalan raya atau di gelanggang olahraga. Cukup muterin jalan di depan rumah atau malah jalan di tempat. Kurangi juga kecepatan agar nggak cepat ngos-ngosan yang bisa membatalkan puasa. Santai aja. Yang penting adalah bergerak secara teratur.

Kurangi lama berolahraga
Umumnya, lama berolahraga sekitar 30 menit sampai 1 jam dengan frekuensi 3 kali seminggu. Di bulan puasa, tentu aja tubuh kita nggak akan kuat berolahraga seperti biasanya karena sumber energinya sangat terbatas. Kurangilah lama berolahraga misalnya cukup 10-15 menit aja. Buatyang merasa kuat, tentu aja nggak ada larangan untuk terus.

Usahakan agar selesai berolahraga tepat saat berbuka
Tentu aja hal ini dimaksudkan agar kita nggak terkena dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, begitu selesai berolahraga tepat pada saat berbuka, kita langsung minum air (pelan-pelan minumnya, ya?) putih dingin. Kenapa dingin? Karena ketika berolahraga, suhu tubuh kita akan meningkat.

Perhatikan busana olahraga
Yang ini memang nggak ada kaitannya dengan bugar nggaknya tubuh setelah berolahraga. Tapi, di bulan puasa ini kamu harus memerhatikan betul busana olahraga yang dipake. Jangan mentang-mentang olahraga, kamu cuek aja pake hotpants atau tank top ketat sambil berlarian di depan rumah orang. Wah..wah.. itu sih bisa bikin puasa orang batal. Celana panjang kaus dan t-shirt lengan pendek udah cukup asik kok. Yang penting, pakaian itu harus bisa menyerap keringat.

Olahraga Apa Aja Yang Boleh?
Nyaris semua dokter olahraga mengijinkan olahraga apa aja untuk dilakukan di bulan puasa ini dengan syarat-syarat di atas tadi. Sebaiknya sin lakukanlah olahraga aerobik seperti senam dan jalan kaki karena melibatkan semua ototdi dalam tubuh kita dengan gerakan yang teratur dan terus menerus. Apakah boleh bermeditasi atau yoga? Boleh aja. Tapi, kedua latihan relaksasi mi nggak cukup baik untuk mempertahankan kebugaran. Yang pasti, berolahragalah dengan nyaman dan jangan sampai membatalkan puasa, ya. 

0 Response to "Tips Olahraga Saat Puasa"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.