IBX59ED8B2FED208 Yang Manis Dan Segar Untuk Berbuka Puasa - Jendela Informasi

Yang Manis Dan Segar Untuk Berbuka Puasa


Jendela Informasi - Menjelang berbuka puasa berbagai sajian yang manis dan segar pasti mampir di dalam imajinasi untuk disantap sebagai hidangan pembuka. Bayangkan, setelah seharian menahan rasa haus dan lapar tentu nikmat jika mengawali buka puasa dengan sesuatu yang manis dan segar. Hmm, petang nanti berbuka dengan apa ya?

Makanan atau minuman pembuka puasa itu sering disebut sebagai takjil. Secara tekstual, takjil berarti penyegaran. Saat Ramadan deretan menu takjil banyak disuguhkan dimana-mana. Setiap kafe, restoran, pedagang kaki lima atau bahkan dapur milik sendiri sudah tentu memiliki takjil andalan yang menjadi sajian favorit saat berbuka.

Sejak lama takjil seringkali diidentikkan dengan aneka kolak yang manis dan gurih karena mengandung banyak santan. Beberapa kolak yang banyak dicari yaitu berbahan dasar ubi, pisang, dan singkong.

Sesungguhnya pemilihan bahan baku itu menjadi kunci kelezatan aneka kolak yang dibuat. Untuk menghasilkan rasa yang pas, bahan baku harus memiliki tingkat kematangan tertentu sebelum diolah.

Untuk ubi, yang dipilih tentu adalah yang memiliki kulit mulus. Jika sudah ada bolong atau kerusakan di bagian kulit, sudah pasti akan mengurangi cita rasa saat diolah. Ubi merah paling banyak dipilih karena warnanya yang cantik.

Setelah dibeli, kemudian didiamkan beberapa hari atau minggu di tempat terbuka, sampai kulitnya agak layu. Jika sudah layu, itu adalah saat yang paling sempurna untuk dimasak karena rasa manisnya yang pas.

Sementara untuk singkong, ada pula cara untuk memilihnya. Setelah mendapatkan yang kulitnya bagus dan empuk, kemudian dipotong di bagian ujung. Jika bekas potongan ada bekas-bekas hitam, artinya singkong berkualitas buruk. Pilihlah singkong yang dalamnya putih mulus.



Bahan-bahan :
1 kg tape singkong mengel 
150 ml santan 
7 gr garam
15 gr tepung tapioka 
4 lb daun pandan 
200 gr gula pasir 
2 liter air

Cara membuat :
- Potong-potong tape singkong menjadi bentuk dadu besar
- Rebus air dengan daun pandan sampai mendidih, kemudian ke-cilkan api
- Masukkan gula pasir, garam, dan aduk rata
- Masukkan santan kental sambil terus di aduk rata sampai menca-pai titik didih kembali
- Masukkan tape singkong tadi, diamkan sampai mendidih kembali
- Masukkan tepung tapioka yang sudah di cairkan dengan sedikit air sambil diaduk sampai mengental
- Diamkan sebentar sampai mencapai titik didih, lalu matikan api
- Kolak tape singkong siap untuk disajikan. 

0 Response to "Yang Manis Dan Segar Untuk Berbuka Puasa"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.