IBX59ED8B2FED208 5 Cara Agar Karpet Tetap Awet - Jendela Informasi

5 Cara Agar Karpet Tetap Awet

Salah satu cara membuat ruangan semakin cantik adalah dengan memasang karpet. Dengan karpet, ruangan rumah kita akan terkesan rapi, hangat, dan nyaman. Untuk membuat karpet supaya awet, tidak gampang rusak dan berdebu, kita harus merawat karpet yang sudah kita pasang. 

Dibalik keindahan karpet, karpet juga berpotensi menjadi sarang kuman yang dapat membuat kita sesak nafas ataupun alergi dan baunya pun apek, jika kita tidak pernah membersihkan karpet yang sudah kita pasang. Karpet merupakan salah satu perlengkapan di rumah yang perlu penanganan khusus dalam merawatnya.Bersihkan karpet Anda dengan cara yang tepat agar selalu awet.

Tips Agar Karpet Awet - © www.vemale.com

Berikut ini tipsnya, 5 cara agar karpet tetap awet, seperti dikutip dari Helium:

Sesering mungkin dibersihkan

Karpet harus sering dibersihkan menggunakan penyedot debu/vacum cleaner. Meski tampak bersih, serat-serat pada karpet bisa tercampur dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk juga akan lebih cepat merusak karpet. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang. Untuk membersihkan karpet minimal 3 kali seminggu, Anda juga dapat menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner), cara ini lebih efektif dan juga bersih.

Jangan mencuci karpet dengan deterjen

Jangan cuci karpet dengan deterjen atau cairan pemberslh yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa-sisa residu yang justru akan mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah robek atau rusak. Bahan paling tepat untuk membersihkan karpet tanpa merusaknya, adalah dengan mencampurkan satu botol cuka dengan satu galon air. Siramkan campuran tersebut ke alas karpet, sikat sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Jangan khawatir karpet akan berbau cuka karena baunya akan hilang dalam 24 jam. Hanya pastikan karpet Anda tidak dalam keadaan lembab terlalu lama.

Hllangkan bau apek dengan baking soda

Untuk menghilangkan bau tidak sedap dan apek, kita dapat mengatasinya dengan memercikkan sedikit baking soda ke atas karpet lalu tunggu selama 30 menit, setelah itu barn dibersihkan menggunakan penghisap debu.

Jangan menyikat karpet

Sangat tidak disarankan bila mencuci karpet dengan menggunakan sikat karena dapat merusak karpet. Bila ada noda di karpet segera harus dibersihkan. Semakin lama menempel semakin sulit untuk membersihkannya serta dapat membuat flek hitam pada karpet, karpet tidak terlihat indah lagi seperti aslinya.

Perhatikan letak dan posisi karpet

Ubahlah secara rutin posisi karpet setiap 2-3 bulan sekali. Ini dimaksudkan agar bagian yang sering terinjak bisa berganti posisi. Selain itu jangan biarkan karpet terkena matahari langsung yang menembus lewat jendela. Jika terlalu sering terpapar cahaya matahari dapat menyebabkan warna karpet cepat memudar.
Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba. 

0 Response to "5 Cara Agar Karpet Tetap Awet"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.