iklan space 728x90px

9 Hal yang Harus Dihindari Saat Tidur

Tidur adalah kebutuhan alami manusia dan tidur adalah salah satu cara istirahat yang paling baik bagi kesehatan. Sebagian anggota tubuh diistirahatkan ketika tidur sehingga metabolisme tubuh bisa ditata kembali dan sel-sel tubuh yang mati bisa melakukan regenerasi. 

Kekurangan tidur bisa berbahaya bagi kesehatan. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi segar kembali dan bersiap untuk melanjutkan aktivitas pada keesokan harinya. Namun tidur dengan cara yang salah juga bisa menimbulkan penyakit dan berakibat fatal. 

Yang Harus Dihindari Saat Tidur - © www.intisari-online.com

Setidaknya ada 9 hal yang harus dihindari saat tidur dan berikut adalah kebiasaan tidur yang salah : 
1.Tidur Dengan Lampu Terang Benderang
Saat tidur tubuh kita menghasilkan hormon melatonin tapi ruangan harus dalam keadaan gelap/remang-remang. Kegunaan hormon melatonin adalah meningkatkan imun tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.

2. Tidur Dengan Membawa HP
Jauhkan HP dari tempat tidur karena gelombang sinyal HP yang terpancar bisa merusak sistem saraf manusia.

3. Membiarkan TV Menyala
Tidur adalah mengistirahatkan organ-organ tubuh, membiarkan TV menyala bisa membuat otak yang seharusnya beristirahat menjadi terus bekerja karena terus mengolah suara dan cahaya yang datang di saat kita tertidur. Sehingga terkadang kita bangun dalam keadaan pusing.

4. Tidur Tanpa Ventilasi
Tidur pun memerlukan sirkulasi jadi ventilasi sangat dibutuhkan sehingga asupan oksigen tidak terganggu, kekurangan oksigen akan membuat kualitas tidur kita menjadi menurun.

5. Posisi dengan Posisi Bantal Terlalu Tinggi
Tidur dengan posisi bantal yang terlalu tinggi bisa membuat tulang leher menjadi tertekuk sehingga di saat bangun tidur, leher akan terasa sakit. Sering memakai bantal yang terlalu tebal juga bisa merubah bentuk struktur tulang leher.

6. Tidur Larut Malam
Tidur terlalu larut tidaklah baik dari segi kesehatan. Dengan tidur terlalu malam, akan membuat kualitas tidur kita menjadi berkurang. Selain akan mengganggu pekerjaan di siang hari wajah akan tampak lelah.

7. Jarak Lantai Dari Tempat Tidur
Jarak antara tempat tidur dan lantai harus diperhatikan. Inilah yang bisa menimbulkan penyakit paru-paru basah. Dinginnya lantai pada malam hari akan diserap dan mengendap di paru-paru.

8. Menggunakan Kipas Angin
Tidak semua orang tahan jika tidur dengan memakai kipas angin karena akan mengakibatkan masuk angin

9. Langsung Tidur Setelah Makan
Biarkan makanan turun dulu selama 30 menit. Jika kita tidur setelah makan maka zat makanan akan tertahan di suatu bagian pencernaan sehingga menyebabkan kegemukan dan menimbulkan penyakit. [PRM 28 Juni 2015]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "9 Hal yang Harus Dihindari Saat Tidur"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News