Ingin Segar Terus Saat Puasa?


Di bulan puasa ini penting sekali mengonsumsi buah lebih dari biasanya. Biar tetap langsing, BAB lancar, tidak pusing melulu dan segar terus sepanjang hari selama puasa. Anda yang punya penyakit ringan seperti maag, pusing, radang tenggorokan, flu, lemas, suka sembelit tidak ada alasan untuk membatalkan puasa. Pilih buah yang cocok untuk menetralisir penyakit. Inilah beberapa di antaranya.

Tomat: Buah ini dapat membantu menjaga stamina tubuh. Jus tomat segar dapat membantu pembentukan glycogen sebagai cadangan tenaga dalam liver. Jus tomat bagus dikonsumsi saat makan sahur. Garam mineral dalam tomat akan meningkatkan nafsu makan Anda.

Kurma: Kandungan gulanya tinggi sekali. Dengan makan 2-3 buah kurma saja sudah cukup untuk memulihkan enerji yang hilang saat puasa. Gula pada kurma cepat diserap oleh tubuh sehingga bagus untuk makanan pembuka sebelum buka puasa.

Jeruk: Sari buah jeruk mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini bermanfaat unuk mengeluarkan lendir yang menyumbat di hidung, tenggorokan dan paru-paru. Makan jeruk dalam jumlah banyak bisa membersihkan racun yang terdapat dalam lever. Saat puasa begini badan lemas mau flu, konsumsilah jeruk dalam jumlah berlebih.

Pisang: Mengandung kalium dengan kadar yang sangat tinggi. Mineral ini penting bagi Anda yang menderita diare. Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding-dinding usus dan lambung sehingga dapat menjadi lapis bagi organ yang meradang. Makanlah pisang ambon bagi Anda yang punya sakit maag saat berpuasa.

Nanas: Enzim bromealin yang terdapat dalam nanas dapat membantu melarutkan lendir kental dalam saluran pencernaan. Nanas membantu melancarkan BAB. BAB lancar dijamin tidak pusing melulu.

Pir: Buah pir bisa mengatasi rasa mual atau begah di perut akibat makan berleblhan dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan makanan pedas. Anda yang telanjur kalap makan, netralisirlah dengan buah pir biar tetep langsing.

Belewah: Kandungan beta karoten, pro vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom dalam belewah dapat membantu mengurangi peradangan dan memulihkan luka pada usus. Buah ini cocok untuk berbuka puasa karena kandungan air dan seratnya yang tinggi. Belewah dipercaya dapat membantu memulihkan stamina tubuh yang hilang saat puasa.

Mangga: Kandungan karbohidratnya yang tinggi cocok untuk memulihkan enerji sebelum berbuka. Serat yang tinggi berguna untuk memperlancar BAB. Kandungan vitamin A, C dan flavonoidnya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Berbukalah dengan mangga untuk menghilangkan pusing di siang hari.

Leci: Buah manis ini mengandung protein, lemak, vitamin C, fosfor dan zat besi. Gulajenis sukrosa dan glukosanya sangat tinggi. Minumlah koktail buah leci saat makan sahur untuk menambah cadangan enerji di siang hari.

Timun suri: Ini dia buah bulan puasa. Habis beredamya setiap bulan puasa sih. Timun suri mempunyai kandungan tinggi kalium, pro vitamin A dan serat yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh.

Alpukat: Mengandung lemak tidak jenuh yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pengganti enerji di saat puasa. Lemak dalam aipukat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan memperbaiki kerja jantung.

Papaya: Kandungan enzimnya tinggi sehingga membuat BAB lancar. Penting dikonsumsi saat puasa karena selain harganya ekonomis, BAB yang lancar akan membuat Anda enak makan di saat sahur atau berbuka.

Kelapa: Air kelapa mengandung tiga macam gula seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Cocok untuk berbuka saat mulut kering dan badan kegerahan. Minum air kelapa secukupnya bisa membuat badan segar. Tetapi jangan terlalu banyak minum air kelapa karena dapat menyebabkan badan lemas sesaat.

Kelengkeng: Mengandung sukrosa, glukosa, asam tartarik, vitamin A dan B. Kandungan gulanya yang cukup tinggi berguna untuk memulihkan kadar gula yang rendah karena puasa. Hati-hati jangan terlalu banyak maka kelengkeng karena bisa membuat tubuh terasa panas akibat timbunan enerji.

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment