Persiapkan Rumah Jelang Lebaran

Budaya mudik di Indonesia saat Idul Fitri kerap dimanfaatkan untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Berbagai persiapan dilakukan guna menyambut hari raya Idul Fitri atau Lebaran mulai dari pakaian baru untuk sholat ied, menu pelengkap opor untuk hari raya hingga angpao untuk para cucu dan keponakan. Agar suasana Idul Fitri lebih terasa istimewa, jangan lupa untuk mempersiapkan hunian Anda agar nyaman saat menyambut para tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Hal ini termasuk penting apalagi jika rumah Anda menjadi tempat berkumpul tahun ini.
Persiapkan Rumah Jelang Lebaran ©wolipop.detik.com

Agar rumah Anda nyaman dan siap untuk menyambut lebaran perhatikan tiga hal utama yakni kebersihan, kerapihan dan dekorasi rumah. Ada baiknya mempersiapkan rumah Anda mulai dari sekarang dengan tips-tips berikut :

9 Tips Persiapkan Rumah Jelang Lebaran
  1. Cat rumah untuk suasana baru. Seiring berjalannya waktu dan cuaca, dinding rumah biasanya mengelupas atau menjadi kotor. Cat ulang dinding rumah Anda untuk tampilan segar seketika. Sebaiknya segera lakukan proses pengecatan sesegera mungkin agar bau cat baru tidak tertinggal saat lebaran tiba. Bila ingin tampilan yang benar-benar berbeda pilih warna cat yang kontras dengan sebelumnya.
  2. Rapikan halaman depan dan teras rumah. Hal pertama yang akan dilihat orang adalah bagian luar rumah. Gunting rumput di halaman depan dan rapikan tanaman Anda. Bisa juga dengan menanam bunga-bunga di kebun Anda untuk mempercantik suasana rumah. Bersihkan pot tanaman yang sudah berlumut.
  3. Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah ruang tamu. Ruangan tamu merupakan ruangan utama yang biasa dituju kebanyakan orang saat bersilahturahmi kala Lebaran. Pajang lukisan baru sebagai centre piece atau tambahkan pajangan baru. Rubah tatanan dekorasi ruang tamu. Siapkan sajian kue-kue kecil di meja tamu dan sediakan wadah air minum kemasan untuk menjamu para tamu.
  4. Jangan lupa untuk mencuci gorden dan taplak meja. Jika mengganti gorden mungkin akan memakan biaya yang cukup besar Anda bisa membeli taplak meja baru. Gunakan warna yang senada antara gorden dan taplak.Tambahkan bantal kursi di sofa Anda.
  5. Sedot debu pada karpet dan sofa Anda menggunakan penyedot debu kemudian jemur di bawah terik matahari untuk membunuh bakteri yang mungkin tertinggal di karpet lama Anda. Panggil tukang khusus pembersih sofa. Bila Anda belum pernah mencuci sofa sendiri. Bila Anda ingin menghemat budget, coba berkreasi dengan design ruangan Anda dengan menutupi noda atau kerusakan sofa dengan menggunakan kain yang sesuai dengan tatanan atau bantal kursi Anda.
  6. Bersihkan rumah Anda secara menyeluruh. Anda mungkin telah secara rutin menyapu dan mengepel rumah Anda setiap harinya. Namun biasanya Anda melewatkan bagian yang sulit dijangkau seperti dibawah atau belakang lemari. Untuk menyambut hari raya tidak ada salahnya Anda membersihkan semua bagian rumah. Jangan lewatkan celah pada jendela atau debu di belakang lemari TV. Gosok juga keramik Anda untuk tampilan cemerlang. Siapkan pula pengharum ruangan untuk menyempurnakan kesan bersih di rumah Anda.
  7. Rubah tatanan rumah. Bila Anda akan menerima tamu dalam jumlah yang besar jangan lupa untuk menyiapkan kursi tambahan atau menyiapkan karpet untuk lesehan. Letakan beberapa bantal di atas kapet untuk kenyamanan para tamu.
  8. Jangan lupa untuk menyiapakan peralatan makan ekstra. Siapkan piring dan sendok plastik untuk berjaga-jaga seandainya tamu yang datang melebihi perkiraan. Keluarkan peralatan makan terbaik Anda untuk menjamu segenap keluarga.
  9. Bila rumah Anda juga sekaligus menjadi tempat menginap oleh keluarga yang datang dari luar kota jangan lupa untuk mencuci seprai dan selimut tambahan yang akan digunakan oleh mereka. Siapkan sabun mandi serta handuk ekstra jikalau ternyata para tamu lupa membawanya. 
Itulah 9 tips yang perlu Anda lakukan untuk persiapkan rumah jelang lebaran. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment