IBX59ED8B2FED208 Nanas Ampuh Bersihkan Racun dalam Tubuh - Jendela Informasi

Nanas Ampuh Bersihkan Racun dalam Tubuh

Pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak sehat membuat racun-racun akan menumpuk di dalam tubuh. Akibatnya, kesehatan pun terganggu. Program detoksifikasi menjadi pilihan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Tak perlu repot-repot, buah nanas bisa dijadikan makanan yang dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Nanas yang kaya bromelin mampu membersihkan usus besar dan membersihkan tubuh dari bakteri berbahaya. Benarkah?

Pola hidup yang tidak baik seperti makan makanan junk food dan kurang serat, merokok, minum soda dan alkohol membuat racun-racun akan menumpuk di dalam tubuh. Racun-racun di dalam tubuh sebaiknya dibuang dengan program detoksifikasi. Makan buah-buahan dan sayur-sayuran bisa membantu program detoksifikasi. Salah satunya adalah buah nanas.


Buah nanas bisa membantu program detoksifikasi Anda. Buah tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay ini masuk ke dalam family Bromeliaceae. Nanas memiliki aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa manis dan asam. Namun meskipun begitu nanas sangat menyegarkan ketika dimakan karena mengandung kadar air yang sangat tinggi. Nanas yang biasa dimakan segar, dijadikan rujak, asinan ataupun bahan sayuran, temyata memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh.

Selain sebagai bahan makanan, nanas sering juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif dan perawatan kecantikan. Pasalnya, nanas mengandung banyak zat gizi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh. Salati satunya menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi.

Nanas kaya akan kandungan bromelin yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga berfungsi sebagai antikoagulan sebagai pengencer darah. Kandungan serat yang tinggi juga sangat bagus untuk pencernaan. Dengan begitu nanas sering disebut sebagai buah yang sangat baik untuk detoksifikasi bagi tubuh.

Buah yang berbentuk unik ini juga memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak yakni Vitamin A dan C. Vitamin A dan C ini juga yang menjadikan nanas bersifat antioksidan. Tak hanya itu nanas pun mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, dan sukrosa.

Untuk membantu program detoksifikasi sebaiknya buah nanas dimakan segar, tanpa diolah. Ketika akan makan buah nanas, pilih yang sudah masak atau matang. Dianjurkan lebih baik makan buah nanas bagian tengahnya yang justru selama ini banyak dibuang orang. Selain dimakan langsung, buah nanas juga dapat diolah sebagai jus. Ketika makan jus nanas, sebaiknya tidak dicampur dengan bahan-bahan tambahan lain agar fungsi dari nanas lebih dirasakan.

Untuk detoksifikasi, buah nanas juga bisa dijadikan infused water. Jadi buah nanas yang sudah dikupas, lalu dipotong menjadi dua. Selanjutnya buah nanas direndam dalam 1 liter air. Infused water baru dapat diminum setelah direndam selama empat jam. Untuk detoksifikasi, maka infused water buah nanas sebaiknya diminum seperti halnya Anda minum air putih yakni 1 liter infused water nanas dalam sehari.

Infused water nanas sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari dan sekali minum langsung 1 liter. Bisa diminum dari jam 05.00-07.00 pagi. Lakukan secara rutin seminggu tiga kali, maka hal tersebut akan bermanfaat bagi detoksifikasi. Dengan rutin minum infused water buah nanas maka racun-racun akan keluar, sehingga tubuh akan terasa lebih enteng dan wajah akan terlihat lebih segar.

Di samping untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh, nanas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:
  • Menurunkan Tekanan Darah. Karena mengandung kalium nanas sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Selain itu serat yang terdapat dari nanas juga membantu mencegah penyerapan lemak pada saluran pencernaan. Dengan begitu tidak terjadi penimbunan pada pembuluh darah yang bisa berakibat tekanan darah naik.
  • Meningkatkan Imunitas. Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Begitu pula buah nanas yang memiliki kandungan Vitamin C. Manfaat yang didapat yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu juga nanas kaya kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan. 
  • Melancarkan Pencernaan. Seperti halnya buah-buahan dan sayur-sayuran lain, nanas mengandung serat. Oleh karena itu, nanas sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat makanan tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan usus.
  • Pengentalan Darah. Jika mengalami penyakit pengentalan darah. maka nanas merupakan cara arternatif dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Nanas bisa membantu mengatasi masalah pengentalan darah karena nanas memiliki kandungan antikoagulan di dalamnya. 
Selain untuk kesehatan, nanas juga baik untuk kecantikan yakni membantu pengencangan wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam nanas mampu membuat wajah lebih kencang jika nanas dijadikan masker. Untuk pengencangan wajah, buatlah masker nanas dengan cara dihaluskan dan ditambahkan sedikit madu. Kemudian oleskan pada wajah. Selanjutnya didiamkan hingga kering dan bilas dengan airdingin. Lakukan ini selama 10 hari sehingga kulit wajah akan kencang.

Tentang Detoks
Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun-racun atau toksin di dalam tubuh, serta mengurangi kadar racun yang ada di dalam tubuh. Biasanya racun yang terdapat di dalam tubuh diperoleh dari kehidupan sehari-hari, karena seseorang tidak sadar akan pola hidup sehat membuat tubuhnya terkontaminasi dengan zat-zat racun. Zat racun ini berasal dari berbagai macam faktor seperti makanan, minuman, udara, pikiran hingga kebiasaan buruk seperti merokok dan tidur larut malam.

Detoksifikasi juga memiliki tujuan yaitu mendorong sistem kekebalan di dalam tubuh agar bekerja efektif, membersihkan darah hingga mengembalikan energi. Organ-organ di dalam tubuh seperti hati, usus besar dan ginjal secara sistematis mengolah dan memilih makanan yang masuk beserta racun yang mungkin terkandung di dalamnya. Selain itu liver atau hati sebagai organ pusat detoksifikasi. akan mengubah sifat racun dari toksin atau menetralkannya. Toksin yang sudah dinetralkan diubah menjadi senyawa larut air yang kemudian dikeluarkan melalui urin, keringat dan feses (BAB).

Ada dua jenis detoksifikasi, yakni sistem detoksifikasi xenobiotik dan sistem detoksifikasi antioksidan. Detoksifikasi xenobiotik merupakan sistem detoks yang mengendalikan dua jenis sumber toksin yakni sistem yang berasal dari lingkungan dan dari dalam tubuh. Contoh toksin dari lingkungan yaitu kebiasaan yang dilakukan sehari-hari seperti kebiasaan merokok, polusi udara alkohol, bahan kimia pestisida dan lainnya. Sedangkan toksin dari dalam tubuh contohnya seperti endrogen, estrogen, steroid, dan asam empedu. Untuk detoksifikasi antioksidan adalah cara untuk membasmi spesies yang mudah bereaksi terhadap oksigen sebagai kategori penting radikal bebas.

0 Response to "Nanas Ampuh Bersihkan Racun dalam Tubuh"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.