IBX59ED8B2FED208 Lalapan Daun Kenikir Bikin Kulit Akan Halus - Jendela Informasi

Lalapan Daun Kenikir Bikin Kulit Akan Halus

Anda suka makan lalapan? Lalapan seperti daun kenikir bisa membuat kulit Anda halus dan bercahaya, Iho! Kenikir merupakan tanaman perdu dengan tinggi sekitar 1 meter yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini tumbuh liar di Florida, Amerika Serikat. Selain itu, kenikir juga tumbuh subur di Indonesia.

Di tanah air, daun kenikir bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Daun kenikir biasanya dijadikan sayuran dan lalapan, terutama oleh orang Sunda. Di balik makan daun kenikir, terdapat manfaat yang besar yang akan diperoleh, baik untuk kecantikan dan kesehatan. Daun kenikir memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasanya yang agak sedikit getir.


Ada beberapa kandungan zat di dalam daun kenikir. Di antaranya minyak atsiri, Vitamin A, tokoferol, polifenol, hidroksieugenol, flavonoid, saponin, terpennoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin, dan koniferil alkohol. Bila dikonsumsi secara teratur manfaat-nya akan diperoleh untuk kulit.

Kandungan senyawa antioksidan dan senyawa kuersetin menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat, bila dibandingkan dengan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (Vitamin E). Secara tradisional, tanaman kenikir berguna untuk memperbaiki sirkulasi darah, mencegah penuaan dini, menurunkan suhu tubuh dan memperkuat tulang karena kandungan kalsium yang tinggi, serta menghilangkan napas yang kurang sebab.

Dijadikan Lalapan
Kandungan daun kenikir seperti saponin, flavonoida, polifenol dan minyak atsiri, serta protein, lemak, karbohidrat dan kalsium, sehingga sangat menakjubkan memiliki khasiat dan daya antioksidan yang sangat tinggi. Dengan demikian daun kenikir bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Kandungan Vitamin A yang tinggi yang terdapat di dalam daun kenikir, membuat daun kenikir memiliki fungsi untuk menghaluskan kulit, serta membuat kulit bercahaya dan kuning langsat.

Kenikir bisa dijadikan sebagai lauk makan siang atau sayur-sayuran maupun lalapan khas Sunda. Untuk menghaluskan kulit, sebaiknya daun kenikir dikonsumsi 3 lembar per hari. Tldak dianjurkan makan daun kenikir terlalu banyak. Pasalnya, efek samping yang bisa terjadi jika terlalu banyak makan daun kenikir adalah perut mulas atau sakit perut.

Cara makan daun kenikir dicampurkan dengan nasi yang dikepal. Sebelum dimakan, cara mengolah daun kenikir agar kandungan nutrisi yang di dalamnya tidak hilang adalah dengan mencuci daun kenikir menggunakan air bersih yang mengalir dan selanjutnya daun kenikir direbus sebentar saja. Agar hasil rebusan maksimal, air yang digunakan dipastikan sudah mendidih terlebih dulu. Lalu dibubuhi sedikit garam. Dan kemudian masukkan daun kenikir hingga layu, lalu diangkat. Daun kenikir dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan lalapan.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak cukup sekali dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan waktu 3-6 bulan. Sebaiknya diimbangi dengan makan buah-buahan yang mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga akan mendapatkan hasil yang baik. Meski daun kenikir sangat baik dan merupakan bahan alami, namun tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pendertta asam urat.

Tak hanya untuk kecantikan, tetapi senyawa yang terdapat di dalam daun kenikir juga bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, daun kenikir juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, yaitu:

  • Mengatasi Maag dan Lemah Lambung. Daun kenikir mengandung tokoferol, polifenol dan hidroksieugenol. Manfaatnya adalah untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga dapat menguatkan otot sphingter lambung yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung. Cara mengonsumsinya, daun kenikir direbus, laiu ditambahkan garam. Selanjutnya dimakan dalam bentuk lalapan.
  • Mengatasi Lemah Jantung. Daun kenikir dapat mengatasi lemah jantung. Daun kenikir mengandung antioksidan dan flavonoid, yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Di daerah jantung, senyawa flavonoid ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Cara mengonsumsinya, 5 lembar daun kenikir direbus dengan 250 ml air. Kemudian air rebusannya diminum dua kali sehari. Atau beberapa lembar daun kenikir direbus dengan 3 gelas air, rebus hingga tersisa menjadi 2 gelas. Atau daun kenikir bisa dikonsumsi dengan dijadikan lalapan.
  • Mengatasi Kanker. Daun kenikir mengandung senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan. Kandungan tersebut mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk mengatasi kanker, cara mengonsumsinya rebusan daun kenikir dapat diminum sesering mungkin. Namun tetap minum air putih yang berfungsi sebagai pelarut zat agar mudah dibawa oleh darah.
  • Mengatasi Gondongan. Daun kenikir bisa digunakan untuk mengatasi gondongan. Senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat . untuk meredakan peradangan akibat gondongan. Cara mengolah daun kenikir untuk mengatasi gondongan, yaitu daun kenikir ditumbuk hingga halus. Setelah daun kenikir halus, dicampurkan dengan cuka dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya dioleskan pada bagian yang sakit tiga kali sehari.
  • Mengatasi Payudara Bengkak. Daun kenikir dapat mengatasi masalah payudara bengkak akibat terus-menerus mengeluarkan ASI (air susu ibu). Senyawa terpenoid dan antiinflamasi yang terkandung di dalam daun kenikir dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada payudara. Cara membuatnya yaitu beberapa helai daun kenikir disiapkan. Lalu siapkan kompor dengan api kecil dan kemudian daun kenikir dibakar hingga layu. Selanjutnya usapkan daun kenikir yang masih hangat ke kulit sekitar payudara. Lakukan tiga kali sehari. 
  • Sebagai Cuci Darah. Daun kenikir mengandung Vitamin E, antioksidan dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa di daiam darah. Jika dikonsumsi secara teratur maka akan membersihkan darah cari racun-racun yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.
  • Meningkatkan Nafsu Makan. Daun kenikir dapat meningkatkan nafsu makan. Cara mengonsumsinya, 100 gr daun kenikir yang masih segar, lalu bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian daun kenikir dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan mentah.

0 Response to "Lalapan Daun Kenikir Bikin Kulit Akan Halus"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.