IBX59ED8B2FED208 Daun Insulin Sembuhkan Radang Tenggorokan - Jendela Informasi

Daun Insulin Sembuhkan Radang Tenggorokan

Daun Insulin Sembuhkan Radang Tenggorokan - Saat musim kemarau panjang dengan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, berbagai penyakit akan mudah menyerang. Penyakit yang biasanya sering menyerang adalah radang tenggorokan. Penyakit yang terkadang dianggap remeh ini ternyata bisa mengakibatkan pembesaran pada kelenjar amandel. Daun insulin yang direbus bisa mengatasi penyakit radang tenggorokan. Benarkah?

Rasa nyeri dan gatal di tenggorokan, serta sakit saat menelan dan suara serak merupakan ciri-ciri seseorang terserang penyakit radang tenggorokan. Meski terkesan sepele, namun timbulnya penyakit ini bisa mengganggu aktivitas. Karena itu segera atasi karena dapat menyebabkan pembesaran kelenjar amandel.


Selain cara-cara medis konvensional Barat, cara tradisional dengan menggunakan daun insulin ternyata bisa mengatasi penyakit radang tenggorokan. Mungkin nama daun insulin masih asing di telinga Anda, tetapi khasiatnya sudah banyak dikenal dapat menyembuhkan penyakit radang tenggorokan.

Daun Insulin
Daun insulin (Smallanthus sonchifolius atau Polymnia edulis, P. sonchifolia) disebut juga dengan nama daun yacon. Tanaman ini merupakan tanaman tahunan tradisional yang tumbuh di Andes Utara dan Andes Tengah, dari Kolombia hingga Argentina. Akar yacon ditanam oleh petani di Midelevations, di lereng timur Andes menuju Amazon.

Ciri-ciri tanaman ini adalah sedikit manis, resin dan buangnya mirip dengan violet. Rimpang berkembang hanya di bawah permukaan tanah dan terus menghasilkan tunas antena. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi lebih dari 2 meter dan menghasilkan bunga kuning mencolok pada akhir musim tanam.

Meski asalnya dari Amerika Selatan, tetapi daun insulin ini juga banyak ditemukan di tanah air. Kesamaan iklim membuat tanaman ini dapat tumbuh subur di Indonesia. Daun insulin mulai dibudidayakan dan dikenal sejak awal tahuri 1990an. Di Indonesia, pusat budidaya daun insulin ini terdapat di Bandung, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di tanah air, belakangan berkembang kepercayaan masyarakat yang memilih pengobatan secara herbal. Daun insulin awalnya digunakan untuk mengatasi diabetes. Cara kerjanya dengan menurunkan dan menormalkan kadar gula darah penderita diabetes. Karena itulah daun yakon ini lebih dikenal dengan nama daun insulin.

Menurut Anne Kania Dewi, herbalis, daun insulin mengandung kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Zat-zat yang terkandung di dalam daun insulin antara lain antioksidan, minyak atsiri, alkaloir, flavonoid, saponin, fruktosa, karbohidrat, insulin, dan lain-lain.

Kandungan antibiotik flavonoid di dalam daun insulin dapat mengganggu kerja berbagai macam virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Karena penyakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus, maka kandungan antibiotik flavonoid yang terkandung di dalam daun insulin bisa mengganggu kerja virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Rebusan Daun Insulin
Penyakit radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering menyerang seseorang, terutama pada kondisi cuaca yang tidak menentu. Secara medis, penyembuhan radang tenggorokan dengan konsumsi obat-obatan yang mengandung kimia. Tetapi jika terlalu sering terkena penyakit ini, sebaiknya mengobatinya dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengandung efek samping.

Rebusan daun insulin dapat diminum untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Cara membuat rebusan daun insulin adalah sebanyak 15 lembar daun insulin, baik daun insulin yang sudah kering maupun daun insulin yang masih basah. Sesudah itu, cuci bersih daun insulin. Sebaiknya dicuci di bawah air yang mengalir.

Setelah daun insulin bersih, rebus daun insulin menggunakan 5 gelas air, yang 1 gelas airnya sekitar 200 ml air. Rebus hingga mendidih dan biarkan air rebusan tinggal tersisa 3 gelas saja. Selanjutnya, rebusan daun insulin diangkat dan disaring. Kemudian rebusan daun insulin 2-3 kali sehari secara teratur. Seperti daun-daun yang lain yang digunakan untuk pengobatan, rebusan daun insulin dikon-sumsi minimal satu jam sebelum makan agar penyerapan zat-zat aktifnya maksimal.

Rebusan daun insulin ini bisa dikonsumsi selama satu minggu. Atau dikonsumsi hingga gejala radang tenggorokan yang diderita hilang. Untuk mempercepat penyembuhan, dianjurkan makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang lembut, seperti ubi yang dikukus. Dianjurkan juga minum jus buah tanpa es, bubur jagung dan lain-lain. Perbanyak minum air putih dan istirahat, agar penyembuhan lebih cepat. Sebaliknya tidak dianjurkan makan makanan yang digoreng, minum es, dan jajanan lainnya.

Karena daun insulin adalah bahan alami, maka minim efek samping. Jika dikonsumsi terus-menerus asal dosisnya dikurangi maka tidak ada efek sampingnya. Untuk pencegahan atau perawatan rebusan daun insulin cukup diminum satu kali sehari.

Manfaat Lain
Selain mengatasi penyakit diabetes melitus dan radang tenggorokan, daun insuln juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakft. Penyakit-penyakit yang sembuh berkat daun insulin seperti liver. Daun insulin bisa mengatasi liver, karena daun insulin berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Daun insulin juga digunakan sebagai antimurobial, yang digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal dan infeksi saluran kemih. Daun insulin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menyegarkan tubuh. Daun yang ditanam petani di Midelevations di lerang timur Andes hingga Amazon ini juga dapat mengatasi penyakit mematikan seperti malaria.

Manfaat lainnya dari daun insulin adalah membantu untuk mengatasi penyakit kanker, herpes dan HIV/AIDS. Selain itu. kandungan kimiawi antioksidan pada daun insulin yang berupa chlorogenic acid, efektif menghambat kerusakan sel beta pada pankreas. Sementara ekstrak etanol yang terkandung di dalam daun insulin juga memiliki aktivitas untuk menurunkan kadar glukosa secara signifikan.

Radang Tenggorokan. Radang tenggorokan atau pharyngitis merupakan penyakit radang yang menyerang batang tenggorokan. Ciri-ciri seseorang terkena penyakit radang tenggorokan adalah adanya penebalan atau pembengkakan dinding tenggorokan. Selanjutnya tenggorokan terlihat berwarna kemerahan, adanya bintik-bintik putih, yang disertai dengan rasa sakit ketika menelan.

Penyakit radang tenggorokan disebabkan beberapa faktor, yaitu virus. Ketika seseorang terjangkit virus maka seseorang akan mengalami demam pada tubuh, batuk dan pilek/lendir sehingga membuat tenggorokan teriritasi. Virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, di antaran-ya virus coxsackie. Difteri dan merokok juga menjadi penyebab timbulnya penyakit radang tenggorokan.

Selain itu, alergi yang dialami seseorang juga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis. Bakteri streptococcus juga menjadi penyebab timbulnya penyakit radang tenggorokan. Gejala klasik terkena bakteri streptococcus adalah nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah-muntah, bernanah pada kelenjar amandel, serta disertai pembesaran kelenjar amandel. 

0 Response to "Daun Insulin Sembuhkan Radang Tenggorokan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.