Jus Dan Masker Blackberry Bikin Awet Muda

Jus Dan Masker Blackberry Bikin Awet Muda - Jika ingin awet muda, makanlah buah blackberry. Seperti halnya buah berry-berry yang lain, blackberry ini kaya kandungan antioksidan yang berperan penting dalam kecantikan, Makan buah blackberry secara rutin membuat kulit tampak awet muda. cara mengkonsumsinya dengan dimakan segar, dibuat jus, jadi bahan campuran yoghurt maupun dijadikan masker. Seperti apa?

Wanita manapun ingin selalu tampil awet muda meski usia terus bertambah. Wajah yang tanpa kerutan meski sudah di atas 40 tahun menjadi kebanggaan tersendiri. Tak perlu dengan berbagai treatment-treatment mahal untuk mendapatkan kulit yang awet muda. Makan buah-buahan seperti blackberry juga bisa membuat kulit tampak awet muda, lho.


Blackberry tumbuh subur di Amerika Utara bagian timur, serta daerah dengan iklim sedang seperti Eropa dan Pasifik Selatan. Buah blackberry, yang dijadikan brand ponsel ini memiliki nama Latin, Rubus sp dari keluarga Rosaceae, kerajaan plantae dan kesatuan genus rubus.

Tanaman blackberry biasanya mampu hidup hingga usia dua tahun dan memiliki akar tongkat yang tidak pernah mati. Tanaman blackberry ini bisa disebut juga dengan semak berduri. Buah blackberry memiliki banyak jenis yang berasal dari spesies rubus yang berbeda. Jenis buah ini bisa berasal dari Rubus ulmifolius, Rubus argutus, Rubus glaucus, Rubus chamaemorus, Rubus caesius, Rubus glacinatus, Rubus fruticosus, dan Rubus ursinus.

Bentuk blackberry sangat mirip dengan murbei, namun yang berbeda adalah buah dalam tangkainya saling bergerombol dan kecil. Buahnya berwarna ungu ketika sudah matang sepenuhnya dan berwarna hijau ketika masih muda. Sifat blackberry yang lunak, cocok dijadikan bahan pembuat selai, jelly, bahkan dijadikan minuman wine. Selain itu, buah blackberry juga sering digunakan sebagai bahan campuran olahan apel dan untuk pembuatan kue.

Kandungan Blackberry
Secara umum, dalam 100 gr buah blaeberry mengandung energi, serat, kalsium, magnesium, mangan, tembaga, potasium dan natrium. Sementara Vitamin yang terkandung dalam blackberry adalah vitamin C, A, E dan K, asam folat, niasin dan betakaroten. Buah blackberry juga kaya lutein dan zeaxanthin.

Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah ini adalah antosianin, senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur. Kandungan antioksidan dalam buah blackberry bermanfaat untuk menjaga agar kulit tetap awet muda dan kencang. Buah blackberry menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi dan kotoran. Selain itu, blackberry juga mengandung fitoestrogen dan kandungan gulanya rendah.

Kandungan vitamin C dalam buah blackberry juga bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi kulit dari kerusakan dan keriput. Kandungan vitamin C dalam buah blackberry lebih banyak dari buah berry lainnya, bahkan dua kali lipat dari buah blueberry. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan kuat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga ampuh menghambat penurunan fungsi otak akibat penuaan. Antioksidan juga mengurangi risiko hilangnya memori, mencegah degradasi neuron serta penurunan kognitif dan fungsi motorik, serta menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Untuk kecantikar amin C dapat melindungi kulit dari kerusakan dan keriput.

Antioksidan merupakan zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ini berasal dari molekul oksigen yang terbentuk dari aktivitas tubuh. Dalam keadaan tubuh sehat, radikal bebas dan antioksidan dihasilkan dalam keadaan seimbang. Masalah terjadi bila jumlah radikal bebas lebih banyak dari antioksidan akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur, maka daya tahan tubuh menurun dan muncul penuaan dini seperti kulit kering, serta penyakit degeneratif seperti penyakit jantung serta penyakit kanker dan sebagainya.

Kandungan serat dalam buah blackberry juga tinggi, namun kandungan gulanya rendah. Dengan makan buah blackberry maka membantu untuk memenuhi kebutuhan seratnya dalam sehari. Serat ini penting untuk mengurangi penyakit sembelit, wasir. dan diabetes, serta membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi
Untuk mendapatkan manfaat buah blackberry, sebaiknya dikonsumsi secara rutin Blackberry baik dikonsumsi dua porsi setiap minggunya, Untuk kecantikan, selain buah blackberry dikonsumsi langsung maka dapat dibuat jus atau dicampur dengan yoghurt. Buah blackberry juga dapat dijadikan masker wajah. Sebaiknya konsumsi langsung diimbangi dengan penggunaan masker.

Cara membuat masker wajah adalah 1 buah blackberry dijus, lalu diberi 1 sdm yoghurt dan 1 sdm madu, selanjutnya dicampurkan hingga rata. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata. Biarkan campuran masker tersebut meresap selama 15-20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air bersih. Sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali agar hasilnya memuaskan.

Tidak ada efek samping dari makan buah blackberry. Segala jenis makanan, minuman maupun obat-obatan tidak ada efek samping bila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa menimbulkan efek samping seperti diare. Karena itu dianjurkan makan buah blackberry segar ataupun buah blackberry yang dibuat jus dan campuran yoghurt sebaiknya tidak berlebihan.

Penggunaan masker blackberry yang kaya antioksidan, efek jangka pendeknya adalah kulit menjadi lebih sehat dan cantik. Sementara untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik untuk jangka panjangnya adalah memperbaiki pola makan sehat dan gaya hidup seimbang sehingga daya tahan tubuh meningkat. Di samping blackberry, buah lain yang juga kaya antioksidan dan bagus untuk kulit adalah cranberry, ribes, goji berry, raspberry, bilberry, kurma, kismis, strawberry, plum, jeruk, anggur merah dan cherry.

Manfaat Kesehatan
Di samping untuk kecantikan, buah blackberry juga bermanfaat bagi kesehatan. Buah blackberry memiliki sifat-sifat yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Buah blackberry memiliki sifat mampu menyerap radikal oksigen untuk melawan radikal perosokil, hidrogen peroksida, superoksida, singlet oksigen, dan radikal hidroksil. Kandungan vitamin C dalam buah blackberry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jantung, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan penyerapan besi dan makanan sehingga dapat mengurangi risiko anemia.

Sementara serat pada buah blackberry sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan. Sementara kandungan folat (vitamin B9 atau asam folat) berperan penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Kandungan mangan dalam buah blackberry membantu membentuk jaringan ikat tubuh, membangun struktur tulang yang kuat, serta menghambat pertumbuhan sel tumor, sel kanker kulit dan kanker paru-paru. 


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment