IBX59ED8B2FED208 Alpukat Jadikan Kulit Halus Dan Kenyal - Jendela Informasi

Alpukat Jadikan Kulit Halus Dan Kenyal

Alpukat Jadikan Kulit Halus Dan Kenyal - Alpukat memang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Alpukat tak hanya dioleskan sebagai masker wajah, tetapi juga dijadikaa bahan makanan yang bergizi. Alpukat mengandung vitamin dan mineral. yang baik untuk kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, maka kulit akan tampak halus dan kenyal. Benarkah?

Alpukat merupakan buah-buahan populer yang mengandung khasiat alami. Selain dikonsumsi segar, buah yang rasanya gurih, lezat dan tidak pahit ini juga enak dikonsumsi dengan ditambah gula. Alpukat juga biasanya dijadikan salah satu bahan dalam salad dan minuman es campur atau jus. Alpukat adalah buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibanding buah-buahan lainnya.


Kandungan Alpukat
Kandungan lemak dalam buah alpukat dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak tersebut merupakan asam oleat tunggal yang bersifat antioksidan kuat, yang mudah dicerna dan berguna bagi tubuh.

Buah alpukat juga menyediakan energi yang cukup tinggi. Setidaknya alpukat mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Selain itu, alpukat juga kaya protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), serta vitamin C. Alpukat juga mengandung vitamin E sebesar 3,4 mg per 100 gr.

Potasium merupakan unsur mineral penting. Mineral ini mampu meremajakan kulit dan membantu menjaga kulit agar sehat dan bersinar. Kandungan mineral lainnya di dalam alpukat adalah zinc, natrium, magnesium, tembaga, zat besi dan kalsium. Kandungan vitamin E dalam alpukat, merupakan vitamin yang berguna bagi kulit, yaitu dapat menghaluskan kulit dan melembabkan kulit.

Vitamin E dalam buah alpukat berupa asam lemak dan minyak alpukat, yang merupakan sumber kolagen. Asam lemak dapat membersihkan kulit dari dalam dari kotoran-kotoran dan membuat kulit bersinar. Sementara minyak alpukat mampu melembabkan kulit, .terutama kulit yang sudah mengalami penuaan seperti keriput. Minyak alpukat juga berfungsi memberikan nutrisi untuk lapisan kulit yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, sekaligus melancarkan sirkulasi darah pada kulit. Kolagen di dalamnya dapat menjaga elastisitas kulit, memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi keriput.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit rnati pada wajah. Kandungan vitamin A dapat meregulasi produksi sebum, serta meningkatkan kelembaban kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi antara vitamin A dan vitamin E merupakan serum yang memberikan efek mengenyalkan kulit wajah, melembutkan kulit, mengatasi kerutan, serta membuat kulit terlihat muda, segar, cerah, bercahaya dan merona secara alami. Sementara kandungan vitamin B dapat membuat kulit makin terasa lembut dan kenyal.

Kandungan lain di dalam alpukat yang tidak kalah pentingnya adalah glutathione (GSH), yang merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat membutuhkan kinerja master antioksidan ini. Manfaat dari glutatione adalah sebagai antiaging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen di dalam tubuh, terutama pada kulit. Dengan demikian dapat mengurangi timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Perut Kosong
Alpukat yang baik dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi kecantikan kulit wajah adalah alpukat yang memiliki kulit warna hijau tua sampai ungu kecokelatan. Alpukat yang seperti itu memiliki daging buah yang lembut dan warnanya hijau muda. Tips memilih buah alpukat adalah jangan pernah menilai matangnya buah alpukat dari warna kulitnya.

Pasalnya, buah alpukat yang luarnya berwarna lebih tua atau kecokelatan, belum tentu telah matang. Untuk mengetahui matang atau tidak buah alpukat, cobalah sedikit menekan buah alpukat. Jika terasa lebih lunak berarti buah sudah matang. Sebaiknya hindari alpukat dengan bintik-bintik cekung gelap tidak teratur atau permukaan retak atau pecah, karena itu tanda-tanda pembusukan buah alpukat.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk kecantikan kulit adalah dikonsumsi langsung. Buah alpukat sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong. Sebaiknya buah alpukat dimakan langsung, karena saat mengunyah akan bercampur dengan enzim di air liur. Alpukat boleh dikonsumsi setiap hari secara rutin, sehari sekali. Tidak ada efek samping dari makan buah alpukat ini.       

Ketika akan dikonsumsi biasanya buah alpukat dibelah dua. Biasanya karena alpukat mengenyangkan, maka yang dikonsumsi satu belahan saja, lalu sisanya disimpan di dalam lemari es dengan biji buah alpukat yang masih menempel. Untuk menjaga agar daging buah tidak kecokelatan sebaiknya oleskan jeruk nipis di bagian daging buah yang telah terbelah.

Buah alpukat yang sudah dibelah dapat bertahan 2-3 hari di dalam lemari es (di dalam box atau plastik) agar tidak mengering karena dehidrasi). Untuk penyimpanan alpukat utuh, alpukat bisa ditaruh di dalam beras atau ditaruh di tempat kering beralaskan kertas.

Masker Alpukat
Selain dikonsumsi, buah alpukat juga bisa dijadikan masker wajah. Biasanya satu buah alpukat dibelah, lalu separuhnya atau seperempatnya dihaluskan hingga berbentuk pasta creamy. Lalu campurkan dengan 1 sdm madu. Madu bersifat humektan, sehingga mampu menjaga kelembaban kulit. Madu mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah penuaan dini, serta bersifat antitirosinase yang dapat mencegah timbulnya vlek hitam pada kulit.

Sesudah alpukat dicampurkan dengan madu, masker lalu dioleskan pada wajah dan leher secara merata. Selanjutnya masker didiamkan menempel selama 15-30 menit. Selanjutnya bilas masker menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan semua kotoran terbuang. Lalu wajah dan leher dibilas kembali dengan air dingin agar pori-pori mengecil dan tertutup. Masker alpukat dan madu bisa dipakai rutin 1 -2 kali seminggu.

Selain menghaluskan kulit dan mengatasi keriput, buah alpukat juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Pasalnya kandungan yang terdapat dalam alpukat mudah diserap oleh tubuh. Alpukat juga bermanfaat untuk kesehatan. Di dalam buah alpukat terkandung protein dan lemak nabati yang tinggi. Kandungan lemak tak jenuh yang mudah dicerna di dalam buah alpukat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Manfaat lain dari alpukat adalah mempercepat penyerapan nutrisi. Alpukat juga dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung lutein, yang merupakan bagian karotenoid. Manfaat lainnya "adalah menghambat sel kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi nyeri otot, serta menjaga kestabilan cairan, elektrolit dan asam basa. 

0 Response to "Alpukat Jadikan Kulit Halus Dan Kenyal"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.