IBX59ED8B2FED208 Mengenal Gejala, Cara Penularan Dan Cara Mencegah Flu Singapura - Jendela Informasi

Mengenal Gejala, Cara Penularan Dan Cara Mencegah Flu Singapura

Mengenal Gejala, Cara Penularan Dan Cara Mencegah Flu Singapura - Penyakit flu singapura (flu singapur) merupakan salah satu penyakit yang sering kita dengar ketika membawa anak kita berobat ke dokter. Flu singapura ini adalah nama keren dari penyakit kaki, tangan, dan mulut yang dalam bahasa Inggrisnya isebut dengan Hand, Foot, And Mouth Diseases (HFMD). Sebenarnya apa sih yang perlu kita ketahui tentang penyakit ini?

Sejak 1997, banyak wabah yang disebabkan flu singapura ini dilaporkan di Asia Timur dan Tenggara dengan kebanyakan anak menderita gejala yang sama dan sembuh tanpa ada komplikasi. Walaupun demikian, ada sebagian kecil mengalami komplikasi yang parah hingga kematian.

Flu singapura ini merapakan penyakit akut yang disebabkan oleh virus yang umumnya mengenai bayi dan anak-anak berumur di bawah 5 tahun. Penyakit dapat terjadi pada anak yang lebih besar (sampai 10 tahun) dan kadang-kadang orang dewasa pun dapat terkena penyakit ini.

Vims-virus penyebab flu singapur ini adalah virus Coxsadde A dan B, Echovirus, serta Enterovirus. Virus-virus ini dikategorikan sebagai virus golongan RNA yang masuk dalam familia Picornaviridae dan genus Enterovirus.

Gejala umum penyakit flu singapura ini dimulai dengan demam, lesu, nyeri menelan, dan penurunan nafsu makan. Setelah 1-2 hari dari dimulainya demam, akan bermunculan banyak sariawan kecil di bibir dan rongga mulut, bintik-bintik kemerahan yang bisa berisi cairan di daerah sekitar mulut, telapak tangan, dan kaki, serta daerah bokong dan kelamin.

Gejala penyerta lain dapat berupa.batuk pilek, muntah, diare, dan kejang. Dengan nyeri menelan yang hebat dapat mengakibatkan anak-anak kesulitan makan dan minum sehingga terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Tidak semua penderita akan mempunyai semua gejala di atas, sebagian kecil anak dan khususnya orang dewasa yang terkena penyakit ini bisa tidak mempunyai gejala apa pun, tetapi dapat menyebarkan virusnya ke orang lain.

Komplikasi penyakit flu singapura ini jarang terjadi. Komplikasi berat yang dapat terjadi adalah radang selaput otak (meningitis) dan radang otak (enseralitis) yang ditandai dengan demam, sakit kepala, leher kaku, dan kejang-kejang. Komplikasi lain, yaitu copotnya kuku jari tangan atau kaki apabila bintik kemerahan timbulnya pas di kuku jari tangan dan kaki. Lepasnya kuku jari tangan atau kaki bersifat sementara karena akan tumbuh kembali.

Penularan penyakit ini sangat cepat dengan masa munculnya penyakit 3-7 hari dan sembuh dalam waktu 7-10 hari. Virus penyebab flu singapura dapat ditemukan di cairan tubuh (air liur, ingus, cairan di bruntusan, dari tinja) penderita. Penderita flu singapura dapat menyebarkan penyakitnya melalui kontak langsung dengan bersentuhan dengan anak lain dan kontak tidak langsung, yaitu melalui udara dengan batuk atau bersin, kontak dengan tinja penderita, serta menyentuh benda dan tempat di sekitarnya. Apabila anak kita menderita penyakit ini, usahakan diisolasi dari lingkungan supaya tidak menu-larkan ke anak yang lain sampai bercak-bercak kemerahannya hilang. Dengan masih terdapat bercak kemerahan yang sudah kering dan menghitam, itu berarti masih menularkan.

Tidak ada vaksin khusus untuk mencegah penyakit flu singapura. Dengan menjaga kebersihan diri, yaitu dengan mencuci tangan yang benar dengan air dan sabun (setelah mengganti popok atau sehabis dari kamar kecil), membersihkan benda (termasuk mainan) dan tempat yang telah tersentuh dengan desinfektan, serta menghindari kontak langsung dengan penderita flu singapura, kita dapat mencegah penularan penyakit ini.

Sama seperti penyakit virus pada umumnya, tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini. Dengan daya tahan tubuh yang baik, hampir kebanyakan anak akan sembuh tanpa komplikasi yang berat. Di samping asupan makan dan minum yang perlu dijaga dengan baik, minum obat penurun panas seperti parasetamol sewaktu demam atau mengurangi rasa nyeri yang hebat dengan berkumur memakai obat kumur antinyeri dapat membantu penderita flu singapura.

Makan makanan yang lembut dan minum minuman yang dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri menelan penderita. Apabila tidak bisa mendapat asupan minuman yang cukup, penderita flu singapura perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapat .cairan yang cukup melalui pemasangan infus. Segera dibawalah ke rumah sakit apabila terjadi komplikasi radang selaput otak atau radang otak karena memerlukan perawatan intensif. 

0 Response to "Mengenal Gejala, Cara Penularan Dan Cara Mencegah Flu Singapura"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.