Cara Memilih Warna Rambut Berdasarkan Personal Color

Penampilan rambut yang mengikuti perkembangan zaman menjadi pilihan untuk tampil lebih sempurna. Mulai dari hair coloring atau mewarnai rambut hingga mengikuti teknik pewarnaan seperti ombre. Namun, meski sedang tren tidak semuanya cocok diaplikasikan pada diri seseorang. Terdapat personal color atau color complexion yang terbagi menjadi dua golongan warna, yaitu golongan warna warm (hangat) dan golongan warna cool (sejuk). Lantas, bagaimana cara memilih warna rambut berdasarkan personal color?

Untuk tampil dengan sempurna, unsur penting yang perlu diperhatikan adalah sesuatu yang detail. Baik berkaitan dengan penampilan wajah, rambut hingga busana dan aksesoris. Sebelumnya, Anda harus mengenal warna pada diri sendiri terlebih dulu untuk mendapatkan penampilan yang sempurna. Hal tersebut dapat membantu seseorang dalam memilih warna untuk pelembab kecantikan dan penampilan. Salah satunya adalah bagaimana memilih warna cat rambut yang tepat agar tetap terlihat sempuma.

Sebelum memilih warna rambut yang tepat, harus dipahami terlebih dulu bahwa setiap wanita memiliki kecantikan dan keunikan tersendiri. Mulai dari warna kulit. Misalnya terlihat cantik dengan warna kulit putih dan mite, memukau dengan warna kulit kuning langsat. Ada juga yang terlihat cantik dan eksotik dengan warna kulit cokelat. Di balik warna kulit, ada nuansa warna kulit yang berada satu tingkat di bawah warna kulit seseorang, yang disebut undertone.

Warm dan Cool
Undertone atau personal color, atau bisa disebut juga color complexion merupakan wama khas dari dalam diri atau tubuh seseorang. Personal color ini terbagi menjadi dua sifat yang berbeda, yakni golongan warna warm (hangat) dan golongan warna cool (sejuk).

Warna warm merupakan golongan warna yang identik dengan warna-warna yang hangat, atau terlihat di musim panas, serta warna-warna tropikal. Sedangkan warna dari golongan cool (sejuk) merupakan warna-warna yang terlihat dingin dan sejuk. Warna-warna dari dua sifat ini juga masih berkembang seperti light cool dan deep cool, serta light warm dan deep warm.

Setiap wama memiliki kandungan yang bermacam-macam. Misalnya wama hitam. Wama hitam dibedakan menjadi hitam kecokelatan atau hitam kekuningan, yang disebut dengan jet black. Wama tersebut merupakan salah satu wama hitam yang terdapat pada golongan warna warm. Namun, ada pula hitam yang cenderung ke warna ash atau abu-abu. Warna hitam tersebut merupakan warna hitam yang masuk ke dalam golongan warna cool.

Biasanya ketika rambut yang berwama hitam dilakukan fade out atau pemudaran, maka akan terlihat masuk ke dalam golongan mana warna hitamnya. Cara sederhana untuk mengetahui seseorang termasuk ke dalam golongan mana, bisa langsung dilihat dari bola matanya. Bila bola matanya berwarna hazel atau kecokelatan, maka biasanya masuk ke dalam golongan wama warm atau hangat. Sementara jika bola matanya terlihat ada warna abu-abu, maka masuk ke dalam golongan cool (sejuk).

Wama Cat Rambut
Mengetahui personal color memberikan manfaat, yaitu dengan mudah memilih warna agar tidak salah. Jika warna rambutnya sudah cocok, meski menggunakan wama busana yang salah, maka akan tertutupi dan tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika warna rambutnya salah, ditambah dengan penampilan busana yang juga salah akan berakibat fatal pada penampilannya. Seseorang mungkin tidak menyadari warna rambutnya salah, tetapi orang yang melihat akan menyadari bahwa orang lain salah memilih wama rambut.

Oleh karena itu, sebelum memilih cat wama untuk rambut sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dulu golongan wama pada personal color atau wama pribadi. Jika wama pribadi Anda termasuk golongan warm, sebaiknya memilih warna musim panas seperti emas (gold), kuning, cooper, merah cabai (fire red), bright orange, red orange dan dark brown. Sementara jika wama pribadi termasuk ke dalam golongan wama cool (sejuk) dianjurkan untuk memilih wama seperti ash (abu-abu), pearl, violet, burgundy, blue/dark blue, mahogany, beige, bright pink dan grey.

Selain itu, jika ingin mewarnai rambut maka bisa mencocokkan dengan hair color chart atau contoh warna rambut yang disesuaikan dengan kulit pada bagian lengan bawah bagian dalam. Pasalnya, warna kulit pada punggung tangan merupakan wama kulit asli dan jarang terkena paparan sinar matahari.

Hair color chart biasanya digunakan sebagai panduan memilih warna sebelum melakukan coloring pada rambut. Ketika akan mewarnai rambut, jika Anda menginginkan lebih mendapatkan hasil yang maksimal dengan warna yang tepat, sebaiknya sebelumnya berkonsultasi tersebut dulu pada hairstylist atau orang yang akan membantu mewarnai rambut.

Soal warna rambut, setiap produk pewarna rambut memiliki keunggulan masing-masing. Ada produk-produk yang lebih unggul pada golongan wama warm dan ada produk-produk yang lebih unggul pada golongan warna cool. Dengan mengetahui warna rambut yang cocok dengan diri seseorang, maka menjadi nilai lebih untuk tampil lebih sempurna.

Salah Mewarnai Rambut
Lantas bagaimana bila wama yang dipilih ternyata tidak sesuai? Ketika sudah melakukan pewamaan pada rambut dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, maka bisa dilakukan dengan cara menghapus warna tersebut. Cara menghapus atau menghilangkannya bisa menggunakan color rinse atau color remover.

Color rinse yang digunakan dengan teknik tertentu agar rambut tidak rusak. Dalam teknik ini ketika salah mewarnai, maka yang akan dihilangkan adalah hanya wama cat kimianya sap. Tetapi jika wama tersebut sulit dihilangkan, maka jalan terakhimya adalah menggunakan teknik bleaching.

Namun ada wama-wama yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya wama yang sulit dihilangkan adalah wama merah. Setelah dilakukan bleaching, baru kemudian memasukkan wama yang mematikan wama sebelumnya. Misalnya, jika wama sebelumnya adalah wama merah yang sulit dihapus, maka setelah bleaching bisa memasukkan wama yang memiliki unsur abu-abu. Tapi jika tidak bisa juga mematikan wama merah, baru digunakan warna abu-abu kehijauan. 
Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Nice Information
    Telugu70mm.com provides Latest Telugu movie reviews, Telugu movie news and Telugu political news, and other related news @ www.telugu70mm.com

    ReplyDelete
  2. Helpful Information:

    Telugu Cinema Contains Telugu Cinema News, Telugu Movie Reviews and many more @ http://www.telugucinema.com/

    ReplyDelete


  3. Nice Information

    New Year 2017 - New Year 2017 Images Happy New year

    Wishes 2017, Happy New Year 2017, New Year Wishes, New Year Greetings

    ReplyDelete
  4. Nice Information
    one and only A Digital Marketing Agency in INDIA affiliate network in india

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon