IBX59ED8B2FED208 Minum Rebusan Kacang Hijau Membuat Kulit Jadi Cantik - Jendela Informasi

Minum Rebusan Kacang Hijau Membuat Kulit Jadi Cantik


Mengonsumsi kacang hijau tidak hanya baik untuk membuat rambut tebal dan bercahaya, tetapi kacang hijau juga baik untuk kulit. Kandungan protein yang tinggi pada kacang hijau, dapat membuat kulit yang lem-but, halus dan mulus tanpa jerawat. Kulit juga akan terlihat lebih cerah. Mengapa demikian?


Hampir setiap wanita menginginkan kulit yang halus dan mulus bebas jerawat. Untuk mewujudkan hal tersebut Anda cukup melakukan perawatan kulit secara rutin dan teratur. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk perawatan kulit tersebut adalah kacang hijau. Kacang hijau yang selama Ini diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang nikmat dan bergizi seperti Jus Kacang Hijau, Bubur Kacang Hijau, Kue Kacang Hijau, Kue Koe, Cake, Onde-onde dan lain sebagainya. Selain nikmat. kacang hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Tidak hanya menyuburkan rambut, serta membuat rambut tebal dan bercahaya, kacang hijau juga bagus untuk kulit. Kacang hijau banyak mengandung protein ang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi yang memiliki masalah jerawat, dapat diatasi dengan menggunakan kacang hijau.

Anda dapat melakukan perawatan menggunakan kacang hijau untuk membuat kulit tetap halus atau pada saat kulit wajah Anda sedang berjerawat. Dengan kombinasi bahan alami lain, masker komedo dapat Anda gunakan dua kali dalam seminggu. Sehingga kacang hijau dapat Anda gunakan sebagai selingan perawatan.

Kandungan Kacang Hijau
Kacang hijau termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi sehingga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tap) juga untuk kecantikan.

Kandungan nutrisi yang luar biasa dalam kacang hijau di antaranya adalah serat. Kandungan serat pada kacang hijau sangat tinggi, yakni 4,1 gr per 100 gr. Kandungan serat yang ada di dalam kacang hijau mampu mencukupi kebutuhan serat hingga 30 persen.

Kandungan lain dari kacang hijau adalah asam folat, asam lemak Omega-3 dan 6, protein, Vitamin B1, riboflavin, Vitamin B6, Vitamin E, niasin, dan asam pantotenat. Dalam 100 gr kacang hijau mengandung 345 kal energi, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, 62,9 gr karbohidrat, Vitamin A 157 IU, Vitamin B1 0,64 mg, Vitamin C 6 mg dan air 10 gr.

Kacang hijau juga mengandung mineral penting lainnya Dalam 100 gr kacang hijau memiliki 266 mg potasium, 48 mg mangan, 0,3 mg magnesium, 2,5 mg selenium, 125 mg kalsium, 320 mg fosfor dan 6,7 mg zat besi. Mineral-mineral yang bermanfaat untuk tubuh seperti magnesium, potasium, fosfor, kalsium, mangan, zat besi, zinc dan selenium.

Kandungan lainnya adalah lemak esensial dari kacang hijau adalah Omega-3. Di dalam 100 mg kacang hijau mengandung 0,9 mg Omega-3 dan 119 mg Omega-6. Omega-3 merupakan asam lemak vana mamiilkl fungsi sebagai penurun kolesterol. Kandungan nutrisi yang luar biasa dalam kacang hijau dapat membuat kulit lebih segar dan elastis. Kandungan lainnya adalah enzim aktif ketika masa kecambahan. Namun, enzim aktif ini bisa rusak di suhu tinggi, karena itu tidak dianjurkan memasak kacang hijau di suhu tinggi.

Manfaat Kacang Hijau
Dijelaskan oleh Hendar Sutisna, herbalis, kacang hijau memiliki fungsi sebagai astringent yang dapat menyejukkan kulit Kacang hijau juga memiliki khasiat sebagai detoksifikasi racun pada kulit. Untuk estetika wajah, kacang hijau dapat dikonsumsi karena kandungan di dalam kacang hijau yang sangat bermanfaat untuk menghasilkan kulit yang lebih cantik.

Kandungan Vitamin E pada kacang hijau dapat merevitalisasi kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit yang mati dan mencerahkan kulit yang berminyak. Sifat antioksidan dan antinf lamasi pada kacang hijau dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, iritasi dan ruam-ruam. Selain itu, makan kacang hijau bisa mengatasi sel-sel kulit mati dan kotoran, yang dapat membuat kulit menjadi kasar, kusam dan berjerawat. Kacang hijau dapat membantu mengurangi kandungan minyak pada wajah dan menjadikan kulit tampak lebih segar.

Kacang hijau baik dikonsumsi em pat kali seminggu. Anda bisa. meminum sari kacang hijau pada pagi dan sore hari Sekali minum sebanyak 200 mi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain bagus untuk kulit, meminum rebusan air kacang hijau juga baik untuk usus karena kacang hijau termasuk pencahar alami. Meminum rebusan air kacang hijau tidak memiliki efek samping, karena tidak semua jenis kacang-kacangan menyebabkan penyakit asam urat.

Masker Kacang Hijau
Selain dikonsumsi secara rutin, kacang hijau juga dapat dijadikan masker untuk mempercantik kulit wajah. Cara membuat masker kacang hijau adalah 100 gr kacang hijau direndam sampai mengembang kurang lebih selama 1 jam. Selanjutnya, kacang hijau diblender hingga halus. Setelah halus, kacang hijau dicampurkan dengan minyak zaitun kira-kira 2 sdm.

Setelah masker jadi, masker dioleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dulu. Selanjutnya masker didiamkan selama kurang lebih 30 merit. Sesudah itu masker dibilas dengan
air hangat. Sebaiknya masker kacang hijau digunakan secara teratur sehingga kulit akan terlihat lebih cantik. Jadi, untuk mendapatkan manfaat kacang hijau yang luar biasa, Anda bisa melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsinya dan perawatan dari luar sebagai masker wajah yang alami. 

Manfaat Kesehatan
Di samping memiliki manfaat untuk kecantikan, kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:
  1. Diet. Selain untuk kecantikan kulit, kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam program diet. Kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak membuat makanan ini cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan lupa dibarengi dengan olahraga teratur agar tetap sehat.
  2. Kolesterol. Kacang hijau juga bisa mengurangi kolesterol pada tubuh. Makan kacang hijau secara teratur bisa mengurangi kadar kolesterol yang berada di tubuh. Makanan rendah kolesterol ini memiliki kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit dicerna.
  3. Mengurangi Risiko Kanker Payudara. Kacang hijau adalah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat yang berguna untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya pertumbuhan sel-sel kanker tertentu termasuk sel-sel yang berada di kanker payudara. Zat ini juga bisa mencegan terbentuknya sel tumor.
  4. Diabetes. Kacang hijau adalah salah satu rnakanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti kacang hijau adalah makanan yang begitu baik dikonsumsi untuk para pendente diabetes. Makanan yang memiliki kadar glikemik rendah bisa menyebabkan kadar gula menjadi normal.
  5. Jantung. Sebagai salah satu organ vital, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan cuma olahraga, tapi juga harus makan makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak menjadi plak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.
  6. Menguatkan Tulang. Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting yang dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Termasuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa.
  7. Anemia. Kacang hijau ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan di antara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi.


0 Response to "Minum Rebusan Kacang Hijau Membuat Kulit Jadi Cantik"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.