IBX59ED8B2FED208 Tips Cepat Adaptasi Di Lingkungan Kerja - Jendela Informasi

Tips Cepat Adaptasi Di Lingkungan Kerja

Kemampuan seseorang untuk beradaptasi di lingkungan pekerjaan baru akan berbeda satu sama lain. Ada yang cepat beradaptasi dan ada yang butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri. Meski demikian kemampuan yang satu ini sangat diperlukan ketika seseorang masuk dalam lingkungan kerja atau pekerjaan baru guna menampilkan performa terbaik. Lalu apa yang membuat seseorang kesulitan beradaptasi? 

Tidak ada hasil yang dicapai tanpa melewati suatu proses. Begitu pun dengan kemampuan seseorang ketika beradaptasi dalam lingkungan baru khususnya pekerjaan atau situasi kerja baru. Hal tersebut memang tidak mudah dan dibutuhkan waktu untuk mencapainya. Apalagi ketika seorang karyawan mendapat tanggung jawab pekerjaan baru yang sama sekali belum pernah dilakukan dan menjadi sebuah tantangan baru. 

Pada dasarnya penyesuaian diri merupakan suatu proses alamiah dan dinamis. Tujuannya adalah mengubah perilaku individu agarterjadi hubungan yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungannya. Penyesuaian diri juga dapat diartikan sebagai proses individu mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya. Jika seorang memiliki rasa kemampuan dalam mengelola diri dengan tuntutan dari lingkungan baik norma dan aturan masyarakat yang berlaku sehingga tercapai satu harmonisasi pada diri sendiri serta lingkungan dan akhirnya diterima oleh lingkungannya. Hal ini menunjukkan seseorang tersebut dapat dan mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan baru.

Namun tidak semua orang atau karyawan mampu menyesuaikan diri dengan cepat dan langsung memberikan performa terbaik dalam hitungan bulan. Adapun seseorang yang mengalami ketidakmampuan menyesuaikan diri adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengubah diri sesuai dengan tuntutan dan norma atau lingkungan di mana ia hidup dalam masyarakat dengan memenuhi kebutuhan Internal, konflik dan situasi sehingga tercapai harmonisasi pada diri serta lingkungan. Apabila mereka tidak mampu menjalaninya, maka ada konflik dalam diri yang muncul yang menyebabkan seseorang tersebut merasa tidak dihargai ataupun tidak diterima oleh orang lain.

Sulit Menyesuaikan Diri
Ada beberapa hal seseorang sulit melakukan penyesuaian diri dalam lingkungan kerja di antaranya tuntutan diri yang mengharapkan orang lain untuk menerima dirinya dengan terbuka, ekspektasi yang berlebihan terhadap satu situasi yang menyebabkan tidak mampu mengikuti alur yang ada. Pribadi yang tertutup sehingga kesulitan dalam beradaptasi dan membangun kerja sama dengan rekan satu unitnya.

Seorang yang kaku dan kurang fleksibel menyebabkan seseorang itu tidak mudah melakukan komunikasi terhadap unit kerja dan hanya fokus dengan tugasnya saja. Apalagi, membuka satu komunikasi baru dengan orang lain. Kemudian rasa tidak percaya diri dengan kemampuan untuk bergaul dengan orang lain dan merasa diri tidak memiliki potensi dan menyulitkannya untuk memulai satu pembicaraan baru.

Selain itu bahkan menimbulkan minder sehingga sulit untuk menerima orang lain dalam kehidupannya. Hal ini sudah tertanam jauh di dalam dirinya dan menjadi konsep akan ketidakmampuan diri sehingga mempengaruhi pola komunikasi, interaksi, sosial dan emosi serta pola pikir yang cenderung merasa lebih rendah dari orang lain.

Masa Kritis
Waktu yang waiar untuk beradaptasi dengan pekerjaan baru adalah 3 bulan. Pada 3 bulan itu, seseorang akan berusaha untuk menyesuaikan dengan lingkungan ruangan karrtor, alat kantor dan situasi kantor. Seseorang akan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan partner kerja dan pekerjaan yang ada dan terpenting adalah atasan barunya.

Baru setelah itu, 3 bulan berikutnya adalah penyesuaian terhadap area yang lebih luas dan lebih mendalam. Seseorang sudah cukup mampu untuk beradaptasi dengan beragam kerjaan yang dimiliki, rekan-rekan yang sudah mulai terlihat akrab dan kemauan atasan yang dinamis. Diharapkan dengan 6 bulan ini karyawan sudah bisa menyesuaikan diri dan setelah 6 bulan sudah mulai merancang prestasi dan kinerja baik yang akan dihasilkan olennya.

Tapi harus mewaspadai satu hal bahwa selanjutnya adalah masa 6 bulan yang merupakan masa kritis karyawan baru ini dalam menghadapi tugas-tugasnya. Sebagai pegawai baru, mayoritas kantor menerapkan masa percobaan atau probation yang rata-rata berlangsung selamatiga bulan. Performa dan hasil pekerjaan akan diawasi, jadi datanglah setiap hari untuk membuktikan mereka pantas menerima kita untuk bekerja.

Masa percobaan akan menjadi bah an pertimbangan perusahaan untuk terus mempekerjakan atau tidak. Tidak perlu panik, santai saja. Lakukan pekerjaan sebaik mungkin, perhatikan segala sesuatunya agar tidak perlu bertanya berulang kali dan jangan ragu memberikan pendapat dalam diskusi. Para bos akan menghargai ide-ide segar, jadi jangan malu. Gunakan kesempatan ini untuk mengesankan mereka. 

Cara Meningkatkan Performa Kerja

Selain untuk memenuhi kebutuhan ataupun tuntutan hidup, bekerja merupakan proses kreativitas yang melibatkan banyak pihak termasuk di antaranya perusahaan dan lingkungan kantor. Meskipun tak dipungkiri banyak perusahaan yang tidak memberikan hak karyawan sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan, namun sebagai karyawan tak ada salahnya kita tetap memberikan performa terbaik. Karena hal ini akan berdampak positif untuk membangun mental seseorang.

Berikut tips bagi karyawan baru ataupun karyawan yang diberi tanggung jawab baru untuk meningkatkan performanya:
  • Berpikir positif terhadap situasi yang akan dihadapi dan berupaya untuk tetap terbuka menghadapi situasi kerja baru.
  • Anggaplah hal ini sebagai bagian dalam dinamika yang wajib untuk dihadapi dan menjadi tantangan sebagai new comer yang dapat berprestasi dan berkinerja unggul.
  • Upayakan untuk membaur dan berinteraksi dengan rekan-rekan dan upayakan untuk tetap menjadi diri sendiri.
  • Tampil percaya diri dengan kemampuan dan sikap yang positif dapat menimbulkan rasa diterima oleh orang lain.
  • Mulailah untuk menegur terlebih dahulu dan siap untuk menghadapi situasi yang tidak menyenangkan sekalipun. Hal ini sebagai ujian bagi 'orang baru" untuk diterima oleh lingkungan kerja baru sebagai keluarga kedua. 

0 Response to "Tips Cepat Adaptasi Di Lingkungan Kerja"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.