Cara Mengatasi Typus dengan Bahan Alami Cacing Sutera/Tanah

Kondisi cuaca saat ini memang membuat banyak orang terkena penyakit typus maupun demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini berasal dari bakteri salmonella typii A dan B. Bakteri tersebut berkembang biak di perut atau pencernaan. Penularan bakteri tersebut melalui makanan yang tidak higienis. Pada penderita typus biasanya ada gejala asam lambung dan setelah dilakukan cek darah biasanya mengandung bakteri typus. Secara medis biasanya diinfus selama 3-7 hari, tergantung seberapa parah penyakitnya. Untuk meredakan demam tinggi akibat penyakit typus maupun demam berdarah dengue (DBD) bisa menggunakan herbal vermint atau cacing.

Cacing yang digunakan adalah cacing sutera yang besar-besar yang biasanya ada di bawah pohon pisang dan cacing tanah yang besar-besar. Fungsi dari cacing sutera maupun cacing tanah yang besar adalah untuk melawan bakteri yang menyerang pencernaan (lambung) dan menurunkan demam. Cacing sutera atau cacing pita juga memiliki efek antinyeri dan antiradang, serta meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina.

Kandungan yang terdapat dalam cacing sutera ataupun cacing tanah adalah enzim katalase dan selulosa yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Cacing sutera dan cacing tanah juga mengandung nitrogen basa yang berfungsi seperti parasetamol sebagai pereda nyeri dan mengurangi demam. Kandungan lainnnya adalah pheretima yang dapat menetralkan sistem syaraf manusia.

Cacing sutera maupun cacing tanah juga mengandung taurin yang mampu meningkatkan lemak menjadi energi. Cacing tanah juga mengandung alfa-tokoferol yang dapat mempertahankan elastisitas kulit dan kemudaan. Sebab itu, cacing tanah banyak digunakan juga sebagai bahan campuran kosmetik. Kandungan lainnya adalah asam arakidonat, yakni zat yang bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

Untuk memanfaatkan cacing sutera ataupun cacing tanah, maka bisa diminum kapsul berisi serbuk vermint yang banyak dijual apotek-apotek atau toko-toko herbal. Namun, Anda juga bisa membuat sendiri ekstrak cacing sutera atau cacing tanah dengan cara direbus. Cara ini dipandang lebih aman tanpa efek samping, namun pengolahan cacing tersebut harus bersih.

Cara membuatnya ambil sebanyak 5-10 ekor cacing tanah, lalu dibelah. Selanjutnya buang kotoran tubuh cacing dan kemudian cacing dicuci hingga bersih. Selanjutnya rebus cacing menggunakan 2 gelas air (500 ml) hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air. Minum selagi masih hangat, karena jika sudah dingin biasanya air rebusannya terasa amis.

Rebusan cacing sutera atau cacing tanah diminum rutin tiga kali sehari, yakni pada pagi hari, sore hari dan malam hari. Untuk dosis yang ringan, rebusan cacing diminum sehari sekali selama satu minggu. Biasanya dengan minum rebusan cacing, maka masa pemulihan atau penyembuhan dari penyakit typus kurang lebih 40 hari.

Pemulihan lama, karena yang diserang adalah perut (saluran cerna). Karena itu, selama masa pemulihan sebaiknya tidak capek atau lelah dan tidak stres. Selama masa pemulihan, bisa diperkuat dengan minum madu, sari kurma, vitamin, serta makanan yang adem dan tidak pedas. Sebaiknya tidak jajan sembarangan.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment