Inilah Menu Sahur Dan Berbuka Puasa Bagi Penderita Penyakit Maag


Jendela Informasi - Menjalani ibadah puasa hukumnya wajib untuk umat Islam di bulan Ramadhan. Untuk Anda yang mengalami sakit maag pasti amat waspada dalam menjalani ibadah puasa ini. 

Bila salah dalam melakukan pola berpuasa dapat menyebabkan sakit maag kambuh serta jadi semakin parah. Tentu saja ada ketidaksamaan melakukan puasa untuk pengidap maag dengan orang yang sehat lazimnya. 

Ketidaksamaan itu khususnya terdapat pada menu makan saat sahur serta berbuka puasa. Bila pengidap maag mengonsumsi makanan yang pas waktu sahur serta berbuka alhasil dapat menjadikan keadaan badan sehat serta bugar sepanjang berpuasa. 

Ingin tahu apa sajakah menu makan sahur serta berbuka puasa untuk pengidap maag? Di bawah ini berbagai panduan yang dapat anda terapkan di rumah. 

Menu Makan Sahur

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat serta Serat Tinggi 
Seorang yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi bisa menyebabkan perut merasa kenyang lebih lama, lantaran makanan yang memiliki serat ini bakal diolah lebih lambat. 

Contoh makanan yang memiliki serat tinggi diantaranya buah serta sayur yang tak mengandung banyak gas. Nasi merah serta roti gandum. Makanan ini dapat menghindari perut melilit sangat cepat, lantaran makanan ini diolah dalam kurun waktu yang lama didalam lambung. 

Buah Kurma 
Kurma mengandung gula kompleks, kaya serat, karbohidrat, vitamin. Magnesium, kalium serta banyak mineral utama yang lain. 

Oleh karena itu kurma amat baik dikonsumsi untuk pengidap maag. 

Kacang Almond 
Kecuali kurma, kacang almond pun mengandung protein yang tinggi serta terdapat banyak serat yang amat baik bagi badan. 

Buah Pisang 
Buah yang satu ini pasti amat populer di kalangan orang-orang, serta telah terkenal. Siapa yang tak menyukai buah pisang? 

Rasa-rasanya yang segar dan manis menyebabkan sebagian orang menyenanginya. Tahukah Anda nyatanya didalam buah pisang terdapat banyak vitamin yang amat baik untuk badan. 

Pisang dapat jadi penetral waktu asam lambung naik dengan menebalkan jaringan mukosa lambung. Cocok dikonsumsi waktu sahur lantaran gula dalam pisang dipecah perlahan-lahan, so dapat menyebabkan rasa kenyang yang awet. 

Pisang adalah sumber kalium, karbohidrat serta magnesium yang baik. Yang penting Anda perhatikan ialah jauhi pisang ambon. 

Sebab pisang ambon ialah satu diantara buah yang memiliki kandungan gas hingga mesti dijauhi oleh pengidap maag. 

Kurangi Makanan Gorengan 
Bakal tambah baik, pasien maag pilih konsumsi makanan yang jalan pemrosesannya dengan di rebus. 

Minumlah obat maag ketika sahur untuk melindungi serta menghindar sakit maag kambuh lagi. Obat itu pastinya telah dari ajuran dokter. 

Menu Berbuka Puasa 

Air putih 
Walau ini terlihat sederhana dibanding es cendol, es teler, serta es es yang lain, menu ini aman untuk pasien maag, lantaran dapat menyingkirkan rasa haus serta tidak buat perut kaget sesudah kosong sepanjang berpuasa. 

Jauhi minum dengan soda, makanan sangat pedas, asam, serta berlemak 
Sekedar informasi, soda, makanan sangat pedas serta asam, dapat tingkatkan asam lambung dalam perut yang semula kosong, nah, pada akhirnya jadi perih serta bahkan memancing maag menjadi-jadi. 

Pilihlah makanan dalam jumlah kecil serta sering 
Agar perut yang semula kosong tidak memaksa lambung bekerja sangat keras, makan dalam jumlah yang kecil saja, ya. Tidak usah lantaran lapar mata semuanya menu di meja makan diembat, kasihan lambungmu. 

Pilihlah makanan yang lunak serta lembut 
Comtohnya daging yang dicincang lembut, unggas tanpa ada kulit, ikan, seafood, tahu, dan sebagainya. 

Pola pola hidup yang tak sehat bisa bikin maag kambuh lagi. Mudah-mudahan panduan di atas berguna serta anda bisa melakukan puasa dengan badan sehat serta bugar.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment