IBX59ED8B2FED208 Jahe Ampuh Mengatasi Rambut Rontok - Jendela Informasi

Jahe Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang kerap dialami banyak orang, baik wanita maupun pria. Untuk mengatasi rambut rontok, di era modern ini banyak salon maupun klinik yang menawarkan berbagai treatment dengan biaya yang tidak sedikit serta menggunakan obat-obatan kimia yang tidak disukai sebagian orang. Jika budget terbatas dan tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia, Anda bisa mencoba cara alternatif mengatasi rambut rontok, yakni menggunakan bahan alami jahe. Benarkah  jahe ampuh mengatasi rambut rontok? Bagaimana cara menggunakannya?

Jangan biarkan rambut rontok Anda tidak segera diatasi. Pasalnya, hal tersebut lama-kelamaan akan membuat volume rambut menipis dan kemudian mengalami kebotakan. Penyebab kerontokan rambut di antaranya sering bergonta-ganti sampo, sering mewamai rambut (hair coloring), pemakaian alat-alat styling rambut seperti hairdryer, alat catok, curly iron, hairspray dan lain-lain, hingga faktor makanan dengan gizi yang tidak seimbang.

Kerontokan rambut bisa menyebabkan kebotakan. Karena itu, masalah kerontokan rambut sebaiknya diatasi secara dini. Saat ini berbagai cara modem ditawarkan oleh salon-salon maupun klinik kecantikan, namun semuanya memakai obat-obatan yang mengandung bahan kimia dengan biaya yang cukup merogoh kantung dalam-dalam. Tidak ada salahnya Anda memilih bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping dan biayanya murah.

Jahe Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Menurut Riska Febriadne Primastuti, M.Si, herbalis, bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah jahe. Selama ini, jahe dikenal sebagai rempah-rempah atau bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan campuran masakan atau minuman. Tanaman jahe dengan nama latin Zingiber officinale Rose, biasanya lebih dikenal manfaatnya sebagai penghangat tubuh, karminatif atau peluruh gas perut untuk mengatasi kembung, antimual, dan meningkatkan stamina tubuh.

Penelitian terbaru mengenai kandungan antioksidan yang dimiliki oleh jahe menambah khasiatnya, yaitu untuk merangsang regenerasi sel. Dengan kandungan antioksidan tersebut salah satunya adalah merangsang pertumbuhan rambut sehingga ditengarai mampu mencegah kebotakan akibat kerontokan rambut dari akamya, bukan karena rambut patah.

Jahe yang dikenal di Indonesia ada dua macam, yaitu jahe putih (Z. officinale var. alba) dan jahe merah (Z. officinale var. rubrum). Kandungan antioksidan jahe merah lebih baik dibandingkan jahe putih. Bahkah senyawa paling aktif, gingerol, yang hanya terdapat di jahe merah, memiliki efek antiangiogenesis dapat menghambat peredaran darah pada tumor, sehingga pertumbuhan tumor atau kanker terhambat. Kuaiitas jahe merah yang baik adalah yang dipanen saat umur 9-12 bulan.

Jahe memiliki kandungan kimia di dalamnya yang sangat diperlukan tubuh. Kandungan kimia jahe terdiri dari minyak atsiri 2-3% yang mengandung zingiberen, zingiberol, felandren, dan kamfen. Senyawa aktif jahe yang bersifat antioksidan antara lain gingerol dan shogaol, yang dipercaya mampu membantu meregenerasi sel tubuh dan membantu penumbuhan rambut, mencegah kebotakan dengan cara memperkuat akar rambut. Walaupun secara alamiah manusia dewasa mengalami kerontokan jambut antara 70 hingga 100 helai rambut per hari.

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut Dengan Jahe

Untuk mengobati atau mengatasi kerontokan rambut menggunakan jahe sangat mudah. Pilih 3 buah jahe segar dengan berat kurang lebih 25-30 gr. Setelah itu jahe diparut. Kemudian jahe dicampurkan dengan minyak wijen atau jeruk purut atau limau jeruk purut untuk membantu juga menghilangkan ketombe. Bila jenis rambut berminyak, maka sebaiknya tidak menggunakan minyak wijen.m Setelah tercampur rata, jahe digunakan sebagai masker rambut.

Cara menggunakan jahe sebagai masker rambut juga cukup mudah. Penggunaan masker diawaii dengan membersihkan rambut tertebih dahulu. Sesudah itu jahe dioleskan pada seluruh rambut dan diamkan masker jahe selama kurang lebih 5-10 menit. Selanjutnya bilas rambut hingga bersih. Untuk hasil yang yang lebih maksimal, pada saat membilas bisa menggunakan sedikit sampo herbal berbahan dasar urang-aring atau merang untuk menghilangkan bau dan menghitamkan rambut.

Hasil yang maksimal dapat diperoleh bila masker jahe digunakan secara rutin dua hari sekali. Pada saat pemakaian pertama masker jahe, rambut atau kulit kepala akan terasa gatal. Proses gatal pada kepala di minggu pertama biasanya dialami karena pada saat itulah rambut mulai tumbuh. Efek pertumbuhan rambut dapat dirasakan pada bulan pertama setelah rutin pemakaian.

Kerontokan rambut harus diketahui penyebabnya. Biasanya penyebab hormonal terjadi pada saat PMS (pre-rhenstrual syndrome) atau sakit saat haid. Penyebab lainnya adalah apakah rambut yang rontok akan lebh banyak, apakah ada masalah dengan produksi sebum atau minyak alami sebagai lubrikan rambut, yang jika kekurangan maka rambut menjadi kering, rapuh dan mudah parah.

Untuk itu, ada beberapa hai yang perlu diperhatikan untuk mengurangi masalah kerontokan rambut. Berikut tips untuk mencegah kerontokan rambut yang dapat dilakukan?
  1. Kenali penyebab kerontokan rambut dan kenali jenis kulit kepala (berminyak, kering, dan normal).
  2. Rajin membersihkan dan merawat rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Keramas minimal 2 hari sekali, gunakan kondisioner untuk kulit kepala/rambut kering.
  3. Tambahkan perawatan herbal yang sesuai dengan kebutuhan, seperti jahe (mencegah kerontokan rambut), urang-aring (menghitamkan rambut), lidah buaya (menyuburkan rambut), dan air perasan jeruk purut (menghilangkan ketombe).
  4. Menjalani gaya hidup sehat yang didukung dengan konsumsi makanan dan minuman yang seimbang nutrisinya. 

Cara Menyembuhkan Jerawat Dengan Jahe

Selain untuk menumbuhkan rambut, jahe memiliki banyak manfaat lain untuk kecantikan. Jahe yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi mampu membantu menyembuhkan jerawat melalui pemakaian topikal, seperti masker. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 15 gram jahe lalu diparut. Selanjutnya oleskan secara merata pada pada wajah berjerawat dan gunakan sebagai masker.

Pada saat masker jahe dioleskan pada kulit wajah, sebaiknya jangan terlalu lama. Diamkan masker jahe selama 2-3 menit saja, karena jahe memiliki sifat panas. Selain itu, jahe juga memiliki kemampuan seperti pegagan daiam memperkuat jaringan ikat dan mengurangi pengerasan jaringan ikat.

Selain itu, jahe jika dikombinasikan dengan lempuyang, memiliki khasiat meningkatkan sirkulasi darah. Jahe juga mampu membantu mengatasi selulit atau tumpukan lemak di bawah kulit yang membuat tampakan kulit, seperti kulit jeruk atau bergelombang, yang biasanya berada di area paha belakang: Jahe juga dapat mengatasi varises atau pemekaran pembuluh darah, sehingga menonjol dan terlihat hijau kebiruan pada epidermis. 

0 Response to "Jahe Ampuh Mengatasi Rambut Rontok"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.