Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Kala Berhijab

Sudah jadi rahasia umum banyak sekali manfaat hijab bagi kaum perempuan. Selain perintah agama, hijab juga bermanfaat melindungi kepala dari terik matahari, juga bentuk perlindungan dari niat jahat seseorang yang berpandangan sinis terhadap perempuan.

Di dalam Alquran tertuang bahwa muslimah itu harus menjaga aurat dengan cara berhijab. Tujuannya ialah agar muslimah menjaga akhlak dan memproteksi diri dari orang-orang yang berniat jahat.

Di sisi lain, tidak bisa dimungkiri, beberapa perempuan menganggap memakai hijab ialah cara untuk menutupi kekurangan yang terjadi pada kulit kepala dan rambut. Namun, dari perdebatan yang ada, dengan berhijab, perempuan tetap pertu melakukan perawatan. Salah satunya harus dipastikan bahwa rambut telah . kering sebelum hijab dikenakan.

Penyebab utama permasalahan kulit kepala berupa eksim kulit kepala bernama dermatitis seboroik ditandai dengan ketombe yang lebih berkerak. Penyebabnya antara lain stres, emosi, dan kecapekan. Keringat akan memperparah keadaan itu.

Eksim merupakan asma kulit. Pada orang-arang tertentu, ada bahan tertentu yang bereaksi berlebihan, yang mungkin pada orang lain baik-baik saja. Eksim dapat terjadi di kulit bagian rubuh lain, namun ada orang yang hanya terjadi pada kulit kepala. Bisa juga terjadi infeksi pada kulit kepala, seperti mengelupas, merah-merah, ketombenya betul-betul parah, sekali putih semua sekulit kepala.

Permasalahan lain, khusus pada perempuan berhijab, ada kekhawatiran terjadi kerusakan dan rambut rontok. Untuk itu diingatkan bagi perempuan berhijab untuk tidak malas merawat rambut, seperti menyisir rambut minimal tiga kali sehari agar kulit kepala terpijat dan tidak mengikat rambut terlalu sering karena bisa mengakibatkan tekanannya tertarik dan rambut menjadi rontok serta patah.

Kulit kepala juga harus dikeramas dengan santai dan tidak terkena kuku. Tujuannya merangsang pertumbuhan rambut. Pada rambut yang lepas, di dalam kulit kepala telah ada akar-akar rambut yang mengantre untuk tumbuh.

Keramas sebenarnya cukup dua hari sekali, tetapi bila banyak berkeringat dengan kegiatan tiap hari di luar ruangan. Perempuan juga harus pintar memilih jenis sampo. Cari daily shampoo dengan bahan kimia yang didesain sedemikian rupa untuk bisa digunakan setiap hari. Jangan sampai terjadi iritasi dan alergi pada kulit kepala akibat bahan kimia.

Untuk itu, agar wanita dapat menjaga rambut tetap sehat selama berhijab antara lain, pilih bahan kerudung yang memungkinkan kulit kepala bisa bernapas. Jadi, kalau bisa saat membeli kerudung, ditiup terlebih dahulu. Ada pori-pori udara bisa lewat atau tidak.

Apalagi, sekarang ini lagi tren kerudung berbahan satin yang membuat kulit kepala dan rambut tidak dapat bernapas. Jadi, pakai kerudung bahan tersebut hanya untuk pesta, jangan untuk sehari-hari atau berolahraga. Kemudian jumlah lapisan jangan banyak, maksimal empat. Cari bahan yang sesuai syariat, yaitu tidak boleh tembus pandang, baik rambut dan leher.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment