iklan space 728x90px

Rambut Hitam Alami Dengan Masker Kopi

Indonesia identik dengan rambut hitam. Karena itu, banyak wanita menginginkan mahkotanya hitam alami dan berkilau sehingga terlihat lebih cantik. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari cara alami hingga instan atau modern. Cara alami bisa menjadi pilihan tepat, karena selain aman, cara ini tergolong murah meriah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya dengan bahan alami kopi yang bisa membuat pertumbuhan rambut hitam alami. Bagaimanakah caranya membuat rambut hitam alami dengan masker kopi?

Di Indonesia, wanita dianggap cantik jika rambutnya hitam alami dan berkilau. Karena. itulah, banyak wanita yang menginginkan rambut hitam dan alami bak model-model sampo terkenal. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghitamkan rambut. Mulai dari treatment-treatment di salon hingga coloring rambut hitam, serta menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri.

Di samping kemiri, kopi juga termasuk bahan alami yang bisa menghitamkan rambut. Cara ini tergolong murah meriah, karena bisa dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu mengeluarkan budget banyak. Cara alami juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Sebaliknya dari rambut hitam alami dan berkilau adalah rambut yang memerah dan kusam. Sebelum melakukan perawatan agar rambut kembali hitam berkilau, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu penyebab rambut menjadi memerah dan kusam. Berikut faktor-faktor yang membuat rambut merah atau kusam:
  • Faktor.genetik. Faktor genetik menjadi penyebab utama rambut tidak berwarna hitam, karena gen yang diturunkan orangtua akan berpengaruh pada rambut anak.
  • Terkena paparan sinar matahari, yang biasanya dialami oleh mereka yang sering berada di luar rumah atau pekerja lapangan. Sering terkena paparan sinar matahari membuat warna rambut memerah dan kusam.
  • Penggunaan sampo yang tidak cocok. Pemakaian sampo yang tidak cocok akan menyebabkan rambut menjadi merah. Karena itu, pilih sampo yang sesuai jenis rambut dan berhati-hati dalam menggunakaajSampo agar perawatan rambut tidak sia-sia.
  • Melakukan rebonding. Orang yang sering atau pernah melakukan rebonding terkadang rambutnya menjadi merah, karena itu setelah rebonding perlu wielakukan perawatan ekstra.
  • Mengecat rambut. Cat rambut yang terdiri dari bahan kimia membuat rambut menjadi merah, karena zat kimia pada cat rambut dapat merusak warna rambut alami.

Kopi. Jika kelima hal tersebut Anda alami, maka sebaiknya  Anda merawat rambut agar warna rambut kembali hitam. Kopi merupakan bahan alami yang dapat menghitamkan rambut. Kopi (Coffea spp.) terkenal karena kandunjgan kafeinnya. Efek kafein sebagai stimulan atau perangsang terkenal di seluruh dunia.

Kopi dapat meningkatkan konsentrasi, melancarkan aliran darah, meningkatkan sekresi lambung. Bahkan, bagi yang tidak tahan terhadap kafein akan menimbulkan sebah, kembung dan maag. Selain itu, kafein juga membantu proses pelepasan asam lemak bebas dari jaringan adipose atau lemak, serta dapat membantu proses pelangsingan.

Kopi hitam yang harum baunya adalah kopi yang teiah melaiui proses pemanggangan atau proses fermentasi. Kopi  yang sudah dipanggang {masted coffee) mengandung 30-55 persen kafein. Persentase kafein terbentuk dari lama dan panasnya proses pemanggangan. Namun, tidak hanya kopi dipanggang yang berkhasiat, kopi hijau juga demikian. ,..

Menurut Riska Febriadne Primastuti, M.Si, herbalis, kopi hijau adalah kopi segar yang belum mengalami pemanggangan. Kopi tersebut justru memiiiki khasiat antioksidan ppten. Kopi hijau hijau mengandung polifenol, yang bernama asam klorogehat. Asam klorogenat (5-0-caffeoylquinic acid) berfungsi sebagai antioksidan, dengan hanya 2 persen kafein. Proses pemanggangan akan mengurai asam klorogenat menjadi asam quinat dan asam kafeat (yang menjadi kafein). 

Perawatan Rambut
Untuk perawatan rambut, kandungan kafein dalam kopi berkhasiat menguatkan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Kafein dapat melancarkan aliran darah, terutama di daerah kepala, yang merupakan salah satu pertumbuhan rambut. Jika aliran darah lancar, selain rambut menjadi lebat, rambut juga menjadi hitam alami.

T.W. Fischer, U.C. Hipler dan P. Eisner yang dimuat di International Journal of Dermatologist, Januari 2007, melakukan penelitian terhadap kebotakan, terutama pada pria (androgenetic alopecia). Sebanyak 50 persen pria di Dermatologist, Januarl 2007, melakukan penelitian terhadap kebotakan, terutama pada pria (androgenetic alopecia). Sebanyak 50 persen pria di atas usia 50 tahun mengalami kebotakan, karena folikel rambut yang memiiiki ketergantungan pada hormon androgen terjadi secara genetis.

Lebih lanjut, para peneliti membuktikan bahwa kadar kafein (murni) 0,001—0,005% dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut secara in vitro. Produk-produk sampo, kondisioner (pelembut rambut) atau masker rambut yang mengandung kafein dapat membantu pertumbuhan rambut hitam^§§rni, tentunya dengan pemakaian yang teratur.

Kopi dapat dijadikan masker untuk mengatasi masalah rambut yang kusam, sekaligus kerontokan rambut. Masker kopi ini dapat digunakan pada kondisi kulit kepala kering, normal, berminyak dan kombinasi. Cara membuat masker kopi adalah 3 sdt bubuk kopi diseduh dengan 150 cc air panas. Dinginkan, lalu gunakan sebagai sampo yang diratakan ke seluruh bagian kepala.

Setelah dioleskan, diamkan selama 15 menit dan tahap selanjutnya adalah rambut dibilas. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, maka dalam waktu satu bulan akan terlihat pertumbuhannya, kurang lebih 1-2 ml panjang rambut per bulan. Rambut yang tumbuh tersebut akan terlihat lebih hitam alami.

Pertumbuhan rambut hitam alami terjadi dalam rentang usia yang memungkinkan. Mencegah bukan mengabati. Kebotakan yang teiah terjadi menunjukkan bahwa folikel rambut sudah mati. Pada kondisi yang demikian, masker kopi sudah terlambat untuk digunakan. Oleh sebab itu, selain perawatan dari luar sebaiknya juga dilakukan perawatan dari dalam dengan makan makanan bergizi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut hitam alami.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Rambut Hitam Alami Dengan Masker Kopi"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News