IBX59ED8B2FED208 Paprika Memiliki Manfaat Hilangkan Kerutan Sekitar Mata - Jendela Informasi

Paprika Memiliki Manfaat Hilangkan Kerutan Sekitar Mata

Kesibukan bekerja dan sering menggunakan make up tanpa pembersihan yang tepat, membuat kulit di sekitar mata seringkali berkerut. Selain bisa mencegah penyakit mata, buah paprika ini juga dapat menghilangkan kerutan di kulit sekitar mata.. Seperti apa?

Kulit di sekitar mata lebih mudah berkerut, terutama jika usia semakin bertambah di atas 30 tahun. Lapisan kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan dengan kulit lainnya. Selain itu, kulit di sekitar mata memiliki kelenjar minyak yang sedikit sehingga mudah kering dan selanjutnya timbul keriput. Pembuluh darah di sekitar mata juga sedikit, kulit di sekitar mata kurang elastis dan lapisan lemaknya sedikit. Jika kulit di sekitar mata kurang dirawat maka akan membuat kulit semakin mudah keriput.

Buah paprika yang berwarna cerah seperti merah, kuning dan hijau, ternyata bisa mengatasi keriput di kulit daerah mata dari dalam. Buah yang sering disebut sebagai sayur paprika ini berasal dari Amerika, tetapi di Indonesia buah ini dikembangkan di daerah Bandung, Wonosobo dan Kota Batu-Malang, yang umumnya bercuaca dingin.

Baca juga : Paparika Merah Ampuh Samarkan Kerutan

Kandungan Paprika 
Baik paprika merah, kuning atau hijau sama-sama memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Paprika termasuk dalam jenis tanaman cabai, tetapi rasa pedas pada paprika tidak sekuat cabai yang memiliki kandungan capcaisin. Dalam satu buah paprika mengandung karoten, Vitamin B dan C. Dalam 100 gr buah paprika mengandung 0,9 gr protein, 0,3 gr lemak, 4,4 gr karbohidrat, 7 mg kalsium, 0,4 mg Fe, 22 mg fosfor, 540 IU Vitamin A, 22 mg Vitamin B1, 0,02 mg Vitamin B2, 0,4 mg niasin dan 160 mg Vitamin C.

Paprika juga mengandung asam askorbat, yang nilai gizinya dalam setiap 100 gr terdapat 29 mg kalori, 11 mg kalium, 870 IU vitamin, 0,03 mg riboflafin, dan 0,05 mg niasin. Kandungan Vitamin C pada paprika sembilan kali lebih banyak daripada buah tomat, kareha itulah mampu membantu mengatasi keriput pada wajah terutama menghilangkan keriput pada bagian mata.

Paprika juga mampu menjadi tabir surya alami karena mengandung beberapa jenis yang merupakan komponen antioksidan sangat baik untuk kulit. Tanaman paprika memproduksi antioksidan dalam jaringan untuk melindungi sel-sel yang mengalami kerusakan akibat panas, cahaya, udara dan kelembaban udara.

Baca juga : Paprika Merah Bisa Dijadikan Masker untuk Samarkan Kerutan dan Cerahkan Kulit

Selain itu, paprika berwarna merah, kuning atau oranye memiliki kandungan pigmen alami yang disebut karotenoid. Karotenoid yang merupakan antioksidan ini akan berubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh serta mampu melindungi sel kulit dengan menghambat kerusakan pada lapisan lemak di sekitar sel kulit. karotenoid memiliki manfaat untuk mencegah keriput dan jerawat pada wajah.

Selain melindungi kulit paprika juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Vitamin A, E, dan K yang terkandung dalam paprika bermanfaat terutama untuk menjaga kesehatan pembuluh darah vena dan pembuluh darah kapiler. Antioksidan yang tinggi dalam paprika mampu menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, paprika dikenal sebagai bahan antibakteri (antibacterial agent) dan stimulan yang dapat menormalkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi serta meningkatkan produksi air liur dan asam lambung untuk membantu pencernaan. Buah paprika memiliki kandungan minyak esensial yang tinggi seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi. Mineral tersebut sangat penting untuk kesehatan yaitu untuk membersihkan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga : Tips Menghilangkan Kerutan di Dahi dan Mata

Untuk mendapatkan khasiat dari paprika, Anda bisa menyantap paprika yang sudah diolah menjadi sayuran seperti tumis dengan paprika, sapi asam manis dengan paprika, daging masak paprika, ayam paprika, jus paprika dan Iain-Iain. Olahan paprika ini bisa dikonsumsi setiap hari, namun sebaiknya juga diimbangi dengan asupan makanan lain agar kebutuhan gizi tercukupi.

Cara Mencegah dan Mengatasi Keriput 
Untuk mengatasi keriput diperlukan kolagen yang cukup. Untuk mencegah dan mengatasi keriput adalah dengan menggunakan produk kolagen kemasan yang ada di pasaran ataupun makan makanan alami yang mengandung kolagen seperti ceker ayam dan ikan teri yang dipepes.

Namun, dalam kandungan kolagen kemasan sebaiknya sebelum digunakan diteliti terlebih dulu karena dikhawatirkan menggunakan kolagen babi yang tidak halal bagi kaum muslim. Kolagen alami yang tidak berbahan babi, biasanya akan menuliskan dengan label terbuat dari ikan atau sapi.

Baca juga : Cegah Keriput dengan Rutin Makan Wortel

Secara umum, kulit mulai keriput mulai terjadi di awal usia 30 tahunan. Keriput terjadi karena berkurangnya lapisan epidermis pada kulit sehingga lapisan dalam atau dermis menjadi berkurang sehingga timbul keriput. Lapisan dermis mengandung kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit wajah. Sejak usia 25 tahun, kolagen akan berkurang satu persen setiap tahun sehingga di usia muda pun bisa timbul keriput. Sinar ultaviolet (UV) A, B dan C menjadi penyebab kolagen dalam kulit berkurang, karena sinar UV dapat menembus jaringan kulit dalam atau dermis. [Sumber: Winggi, IK-11/X/September 2016]

0 Response to "Paprika Memiliki Manfaat Hilangkan Kerutan Sekitar Mata"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.