Perawatan Kulit yang Sesuai Sempumakan Asupan dari Dalam

Memiliki kulit yang bagus, kencang, cerah dan kinclong tidak cukup dengan perawatan dari dalam, dengan makan-makanan yang sehat. Untuk menyempurnakan asupan dari dalam diperlukan perawatan kulit yang sesuai dengan usia. Untuk perawatan sederhana yang perlu dilakukan antara lain mencuci wajah. Mencuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari, tetapi jika bermasalah dengan kulit berminyak dan berjerawat maka lakukan cuci muka secara ekstra minimal tiga kali sehari. Terutama setelah berkeringat dan beraktivitas, serta terkena debu atau polusi di luar ruangan.

Kandungan bahan pembersih wajah pada dasarnya adalah sabun. Sabun digunakan untuk mengangkat kelebihan minyak, kotoran dan mencegah pertumbuhan bakteri berlebih. Bahkan, pada kulit berminyak perlu ditambahkan kandungan charcoal untuk menyerap minyak lebih baik. Pada kulit sensitif perlu ditambahkan ekstrak aloe vera atau provitamin B5 untuk mengurangi kemungkinan sensitifnya kulit.

Baca juga : Tips Kulit Tetap Cantik Kala Cuasa Tak Menentu

Sementara pada kulit yang menua, perlu bantuan scrub halus. Tujuannya untuk membantu meregenerasi kulit dan kandungan moisturizer seperti ceramide, serta protein seperti kolagen atau hyaluronicacio untuk memberikan kesan wajah lebih muda karena lembab dan menahan air. Kekhususan produk-produk ini tergantung dari kapasitas merek kosmetiknya dan saran dari dokter kulit yang memilih pembersih wajah yang sesuai.

Di samping harus membersihkan wajah, gunakan juga produk perawatan kulit agar kulit juga terawat dari luar. Saat ini banyak produk kulit yang mengandung Vitamin A, C dan E, serta antioksidan lain. Jika diperlukan karena ada masatah kulit seperti berjerawat, vlek, serta tidak menjalankan pola hidup sehat dan gizi seimbang dengan baik, maka dapat memakai krim pagi dan krim malam yang sesuai.

Baca juga : Bahan Alami untuk Kulit Cerah dan Bebas Hiperpigmentasi

Krim pagi dan krim malam yang sesuai memiliki kandungan yang efektif namun aman untuk kulit. Krim tersebut juga bisa dari racikan dokter. Krim pagi dan krim malam juga mengandung pelembab yang memang dibutuhkan kulit supaya kulit tidak terlalu mudah kering karena pajanan udara luar. Jangan lupa menggunakan tabir surya minimal SPF 30 dan dipakai setiap 2 jam, apalagi bila berkeringat atau tercuci.

Lakukan juga perawatan kulit yang sesuai dengan usia. Perawatan kulit sesuai usia akan lebih baik jika dilakukan di bawah pengawasan dokter. Misalnya untuk wanita dewasa usia 40 tahun ke atas, maka perawatan yang dilakukan lebih fokus pada anti aging. Treatment-nya dapat berupa krim intensif regenerasi kulit yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid) dan tretinoin. Sementara prosedur bulanan dapat berupa chemical peeling, radio frekuensi, dan laser, sesuai keperluan setiap orang.

Baca juga : Kulit Kencang dengan Masker Lidah Buaya

Saat ini perkembangan teknologi modern menghasilkan berbagai jenis laser ablatif seperti laser C02, serta radio frekuensi rejuveasi seperti thermage dan kombinasinya. Semuanya disesuaikan dengan indikasi dan dikerjakan oleh dokter yang ahli. Namun, tidak serta merta semua hal baru dilakukan sembarangan karena dapat saja tidak sesuai harapan dan menimbulkan kekecewaan di belakang hari. [Sumber : Ika, IK/10/X/2016]

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment