IBX59ED8B2FED208 Taman Nasional Bunaken, Taman Laut Eksotis di Sulawesi - Jendela Informasi

Taman Nasional Bunaken, Taman Laut Eksotis di Sulawesi

Ngaku suka wisata air? Belum lengkap tuh kalau Anda belum merasakan liburan di Taman Nasional Bunaken yang diakui dunia sebagai salah satu taman laut papan atas. Apalagi tahun 2009 lalu Bunaken sempat dijadikan tempat untuk menggelar World Ocean Conference. Kita intip yuk, ada apa saja di sana!

Sulawesi yang juga disebut Celebes, punya Bunaken yang sangat terkenal, dengan laut biru yang kaya akan biota lautnya. Luas pulau ini 8,08 km2. Di sekitarnya terdapat juga pulau-pulau lain seperti Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Naen. Lokasinya tepat berada di Teluk Manado. Indah sekali. Taman lautnya luas sekali, kira-kira 75.265 hektar. Kalau Anda ingin menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa ber-scuba diving. Ada 20 dive spot atau titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi dari yang dangkal hingga 1.344 meter. Selain diving, Anda juga bisa bermain banana boat, snorkling atau berkatamaran, berselancar dengan layar di atas air.

Baca juga : Menikmati Pesona Bawah Laut Pulau Kanawa

Ada 12 titik selam yang lazim dikunjungi para wisatawan. Sebagian besar berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau Bunaken. Eksotik banget. Saat menyelam Anda bisa melihat dinding karang raksasa yang juga disebut sebagai underwater great walls. Selain itu, indahnya batu-batuan coral dan berbagai jenis fauna seperti ikan hiu karang, penyu, ikan napoleon dan ikan dugong akan bisa Anda temui. Membuat kita merasa kecil dibanding Keagungan-Nya.

Untuk mencapai lokasi selam, Anda harus naik kapal. Ada beberapa pilihan; jenis speedboat, biayanya sekitar Rp 500 ribu, sedangkan loangboat Rp 600 ribu, dan kalau Anda ingin berkatamarans, Anda harus membayar Rp 750 ribu. Semuanya termasuk biaya pulang-pergi.

Baca juga : Raja Ampat, Surga Wisata Bahari Terbaik Ketiga di Dunia

Masuk ke lokasi ini, tiket buat turis lokal Rp 10 ribu dan turis asing Rp 25 ribu. Kalau Anda mau ke Taman Laut, harus membayar lagi Rp 50 ribu untuk hari biasa dan Rp 150 ribu untuk weekend dan hari libur. Dan kalau sudah puas diving, jangan lupa mampir ke Visitors Center. Banyak sekali hasil kerajinan tangan, T-shirt dan berbagai macam souvenir khas Bunaken yang dijual di sini. Semuanya oke banget buat Anda jadikan oleh-oleh.

Menginap? Tidak usah bingung. Banyak sekali hotel/penginapan yang tersedia di kawasan ini. Mulai dari kelas berbintang sampai yang murah meriah. Turis banyak yang suka menghabiskan waktu di pantai yang banyak tanaman mangrove-nya. Ayo siapkan travel bag Anda dan buruan datangi tempat keren dan eksotis ini.   [Source Image: www.flickr.com]

0 Response to "Taman Nasional Bunaken, Taman Laut Eksotis di Sulawesi"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.