Hindari Memilih Rumah di Kawasan Ini

Rumah tentunya selain untuk investasi juga sebagai tempat tinggal yang pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain memang nilainya yang cukup mahal namun juga karena rumah akan menjadi tempat di mana kita akan beristirahat dan beraktivitas bersama keluarga.

Jika Anda berencana akan membeli sebuah rumah, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut. Hindari memilih rumah di kawasan sebagai berikut.
  • Jangan memilih rumah yang berada dekat pantai
Rumah yang berlokasi dekat pantai berisiko terkena banjir, karena air laut naik atau pasang dan rob seperti halnya Tsunami yang bisa mencapai 6 km dari bibir pantai ke daratan, selain itu tanah di daerah pantai biasanya bekas rawa sehingga suatu saat tanahnya rawan amblas. Rumah dekat pantai air tanahnya juga cenderung mengandung garam dengan kadar tinggi sehingga berdampak buruk pada kekuatan bangunan, air sumumya juga cenderung terasa asin dan lengket.
Baca juga : Inilah 5 Kriteria Rumah Sehat
  • Hindari memilih rumah yang berada tepat dibawah kabel bertegangan tinggi (Sutet)
Karena kawasan yang berada tepat dibawah "Sutet" mengandung medan elektromagnetik yang sangat besar yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan Anda. Jika terjadi kesalahan teknis seperti putus kabel atau robohnya tower pada jaringan Sutet akan membahayakan warga yang tepat berada dibawahnya.
  • Hindari rumah yang berada dekat dengan daerah bencana (seperti Lapindo)
Lokasi yang dekat dengan daerah bencana alam dapat mengurangi nilai harga jual kembali, bahkan tidak akan ada peminat sama sekali untuk membeli rumah di daerah seperti ini.
Baca juga : Tips Membuat Rumah Mungil Menjadi Nyaman
  • Jangan memilih rumah yang berada di daerah gersang dan sulit air
Daerah gersang akan menyebabkan Anda akan kesulitan dalam bertanam/membuat penghijauan, dan kesulitan mencari sumber air seperti air sumur, di daerah seperti ini air sumur baru bisa keluar jika dibor dengan kedalaman beberapa puluh meter.
  • Hindari memilih rumah yang berada di daerah padat penduduk
Daerah padat penduduk akan menyebabkan fasilitas pembuangan air/sanitasi sulit karena rembesan air ke dalam tanah kurang. Selain itu rawan pula kemacetan dan banjir. Biasanya lokasi ini berada di tengah kota.
Baca juga : Cara Menata Rumah Minimalis
  • Jika memungkinkan pilihlah rumah dengan jarak rumah tidak terlalu jauh dengan lokasi bekerja
Usahakan jarak rumah yang akan dibeli jangan lebih dari 13 km dari tempat kerja Anda, karena banyak risiko kecelakaan yang akan Anda hadapi dalam perjalanan yang terlalu jauh karena faktor kelelahan dan kelalaian. Belum lagi Anda akan sering terlambat kerja karena faktor waktu dan kemacetan. Perhitungkan juga biaya transportasi yang akan Anda keluarkan setiap hari, jika Anda naik kendaran sendiri perhitungkan juga hal-hal untuk penggantian onderdil kendaraan yang akan cepat aus seperti ban, rantai, gigi,van belt, rem, shock breaker, olie dan lainnya.  [Source Image : ideaonline.co.id; Source Article : PRM 01/02/2015]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment