Alergi Hilang dengan Air Kelapa Hijau

Maman Malmsteen 13.58.00
Makanan yang tidak sehat, radikal bebas, polusi dan lain-lain membuat tubuh banyak menampung benda asing. Akibatnya, hati sebagai gerbang utama penyaringan di dalam tubuh akan semakin sulit menampung dan metabolisme tubuh menjadi tidak baik sehingga timbul alergi. Air kelapa hijau dapat mengobati alergi. Kandungan kalium dalam kelapa hijau dapat membersihkan kotoran dalam tubuh. Sementara kandungan vitamin C-nya dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Gatal-gatal, kemerahan, bentol-bentol, biduran dan lain-lain bisa merupakan reaksi tubuh mengalami alergi. Meski terkesan sepele, namun timbulnya alergi bisa mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi alergi adalah dengan minum air kelapa hijau. Cara ini sudah dikenal dan banyak digunakan untuk penyembuhan alergi.


Air Kelapa Hijau
Air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit dan mineral yang sangat banyak. Osmolaritas yang dimilikinya sama dengan plasma dalam tubuh seseorang. Osmolaritas merupakan perbandingan antara zat padat dan zat cair. Karena sama dengan plasma tubuh seseorang, penyerapan di dalam tubuh pun akan lebih mudah. Kandungan elektrolit yang banyak juga bisa memberikan banyak tenaga.
Semua sistem molekuler pada tubuh seseorang menjadi suatu senyawa masuk ke dalam sel atau keluar sel membutuhkan elektrolit. Pergantian elektrolit pada tubuh itu pasti. Ketika terjadi ketidakseimbangan elektrolit pasti akan mengganggu sistem molekuler. Otomatis jika elektrolit disuplai dengan cukup maka metabolisme sistem molekuler terjadi dengan baik.

Air kelapa hijau juga mengandung kalium, vitamin C, asam laurat, enzim, antioksidan, dan magnesium. Karena penyebab utama alergi adalah banyaknya racun di dalam tubuh maka dengan adanya kandungan kalium di dalam air kelapa hijau, reaksi alergi bisa teratasi. Kalium merupakan salah satu mineral yang mampu membersihkan kotoran dan racun di dalam tubuh.

Sementara kandungan vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, yang dapat melawan radikal bebas. Vitamin C dalam air kelapa hijau juga bagus untuk metabolisme tubuh, memperbaiki kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh dan sariawan. Vitamin C dapat memperbaiki sel-sel atikel di tubuh. Ketika hati dalam keadaan bersih, maka sel-sel kekebalan tubuh akan diproduksi optimal oleh hati dan lalu lintas di pintu sel akan bagus. Kotoran di dalam tubuh juga akan diangkut oleh air kelapa hijau.
Minum Sebelum Makan
Manfaat lain dari air kelapa hijau yakni menurunkan berat badan. Karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh maka dapat menyimpan lebih sedikit lemak di dalam tubuh. Selain itu, air kelapa hijau dapat membantu menstabilkan tekanan darah karena mengandung kalium dan magnesium. Air kelapa hiaju juga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Sebaiknya air kelapa hijau dikonsumsi rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Minimal minum air kelapa hijau satu butir setiap dan sebaiknya air kelapa hijau diminum pada waktu sore hari. Meski tidak ada salahnya mengonsumsi pada pagi hari, namun perlu diperhatikan karena pada pagi hari asamnya masih tinggi.

Meminum air kelapa hijau ini sebaiknya sebelum makan. Jika sudah diambil dari buah kelapa sebaiknya air kelapa hijau tersebut langsung diminum dan tidak ditunda. Pasalnya, jika tidak akan terjadi oksidasi yang sangat cepat. Hal tersebut akan mengakibatkan perih di dalam tubuh jika air kelapa diminum. Dianjurkan minum air kelapa hijau dalam keadaan segar, karena pada saat itu kandungan terbaiknya masih terjaga dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Untuk penyembuhan alergi, minimal minum air kelapa hijau setiap hari selama tiga bulan. Setelah minum air kelapa hijau, proses pengeluaran racun akan dibuang melalui urin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dibantu dengan bahan alami lain atau herbal yang lainnya. Untuk mengatasi alergi bisa dibantu dengan mimba yang dapat membersihkan hati. Bahan alami lain yang juga dapat digunakan adalah seledri dan akar alang-alang yang dapat membantu membersihkan ginjal.
Baca juga : Wanita Lebih Rentan Alergi
Sebaiknya imbangi juga dengan pola hidup yang sehat dan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta agar hasilnya bagus. Untuk mendapati hasil yang maksimal, harus diimbangi dengan berolahraga sehingga hormonnya menjadi bagus. Dengan demikian, maka proses metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik.

Alergi
Alergi terjadi karena tubuh sudah mengalami overload oleh benda-benda asing. Hal itu terjadi akibat masuknya makanan yang tidak sehat, polusi lingkungan yang buruk, serta radikal bebas yang mempengaruhi sistem tubuh. Ketika sistem tubuh terus-terusan menerima sesuatu yang jelek dari luar membuat tubuh menjadi overload. Akibatnya, tubuh tidak bisa mengenali lagi mana musuh dan mana kawan.

Hal tersebut menyebabkan apapun yang masuk ke dalam tubuh akan dilawan dengan membabi buta sehingga timbul reaksi tubuh yang berlebihan yang disebut alergi. Ketika tubuh tidak merespons dengan baik akan membuat berlebihan sehingga akan menyusahkan. Alergi juga disebabkan karena hati yang kotor padahal hati adalah sumber pertahanan tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh yang menyaring adalah hati. Jadi, bila hati sudah terkena alergi akibat masuknya benda-benda asing, maka akan memberatkan tubuh.

Alergi juga disebut sebagai tubuh yang banyak memiliki racun. Selain dari makanan atau gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan juga mempengaruhi seseorang menderita alergi. Jika salah satu orangtua memiliki riwayat alergi, maka kemungkinan anak juga terkena alergi adalah 50 persen. Namun, bila kedua orangtua memiliki riwayat alergi maka risiko tinggi anak mengalami alergi sebesar 75 persen. Ada beberapa jenis alergi, di antaranya adalah alergi terhadap pernapasan seperti asma maupun rhinitis atau bersin dan pilek yang berulang-ulang. Rhinitis biasanya terjadi pada pagi hari. Mereka yang mengalami rhinitis biasanya akan mengalami bersin, hidung tersumbat dan rasa gatal pada hidung. Bisanya juga alergi rhinitis disertai dengan gejala konjungtivitas seperti keluarnya air mata, gatal dan kemerahan. Bila alergi rhinitis ini dibiarkan, kemungkinan akan berkembang menjadi penyakit kronis seperti asma.
Baca juga : Waspadai, Gonta Ganti Kosmetik Bisa Sebabkan Alergi
Selain itu, ada juga jenis alergi kulit seperti urtikaria atau yang sering disebut biduran, didu dan kaligata serta dermatitis atopic atau yang dikenal dengan eksim. Alergi urtikaria memiliki dua sifat yakni akut dan kronis. Alergi ini dikatakan akut apabila terjadi bentol pada kulit sepanjang hari. Alergi jenis ini biasanya disebabkan oleh makanan, obat, infeksi virus, sengatan serangga, hingga lateks.

[Source Image : disehat.com; Source Article : IK/Edisi 21/2015]

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 Komentar Anda

Write Komentar Anda
Senin, Desember 11, 2017 delete

Alhamdulilah putri saya baru saja sembuh dari biduran atau alergi setelah minum air kelapa hijau

Reply
avatar
Senin, Desember 11, 2017 delete

Syukur alhamdulillah kalau sudah sembuh. Saya yang mendengarnya turut berbahagia. Semoga anak Bapak, Bapak beserta kelurga Pak Ahmad Mubarok selalu diberi kesehatan. Jaga selalu pola makan sehat dan pola hidup yang sehat. Tabik!

Reply
avatar
Minggu, Januari 14, 2018 delete

Ni anak sy lg biduran...
Mau coba air kelapa hijau...mdh2an bsa sembuh

Reply
avatar
Sabtu, April 14, 2018 delete

Klo alergi karna obat sampai timbul luka basah & berair apa bisa ya pake air kelapa?

Reply
avatar
Sabtu, April 14, 2018 delete

Biasanya air kelapa untuk mengatasi alergi ringan. Kalau alerginya sdh tingkat lanjut/parah umumnya bisa diatasi dgn upaya dan obat medis. Tapi tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu Allah SWT memberikan keberkahan melalui air kelapa hijau. Ammiin.

Reply
avatar
Sabtu, April 14, 2018 delete

Aamiin... mudah2n sj... soalnya sy terkena alergi obat stelah sy berobat typus ke dokter.

Reply
avatar
Rabu, April 18, 2018 delete

Saya sering mengkonsumsi Antimo ketika sulit tidur, dan saya juga sering mengalami gatal2 seperti biduran, apakah ada hubungan nya?

Reply
avatar
Jumat, Mei 04, 2018 delete

Saya sdh minum bebagai macam obat alergi tp tdk sembuh2. Saya jg sdh mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayuran yg di anjurkan. Bahkan saya sdh menjalani dan mengkonsumsi obat herbal seperti jahe dan sbagainya namun alergi saya tak kunjung sembuh. Tiap hari selalu saja timbul bentol baru. Mungkinkah dgn minum air kelapa hijau bisa menyembuhkan alergi saya ??

Reply
avatar
Jumat, Mei 04, 2018 delete

Saya sdh minum berbagai macam obat alergi tp tdk ada hasil kesembuhan. Saya sdh mengkonsumsi buah dan sayuran yang di anjurkan dan saya jg sdh mengkonsumsi obat herbal seperti jahe dan sbagainya. Namun alergi saya tak kunjung sembuh. Mungkinkah dgn minum air kelapa hijau alergi saya akan sembuh ??

Reply
avatar
Jumat, Mei 04, 2018 delete

Tidak ada salahnya dicoba minum air kelapa hijau. Semoga Allah memberkati. Selain itu perhatikan asupan makanannya, jangan lupa olahraga utk menjaga kesehatan. Kalo sempat buat catatan khusus atau minimal diingat ..... alergi itu muncul setelah makan/minum apa? Perhatikan juga kondisi lingkungan ... barangkali alergi itu timbul bukan karena faktor makanan tapi dari faktor lingkungan (udara lembab, debu/kotoran, dsb).

Reply
avatar
Kamis, Juni 28, 2018 delete

Saya habis melahirkan... sekitar selakangan dan paha pada bentol2 dan gatal kayak alergi gitu...apa boleh minum air kelapa hijau...mohon segera di bls...trims

Reply
avatar
Jumat, Juni 29, 2018 delete

Kalo untuk diagnosa dermatitis atopik bs ga ya.. soalnya anak saya yg berumur baru 6 bulan lg alergi gatal tsb

Reply
avatar
Jumat, Juli 13, 2018 delete

Saya hampir seminggu lebih gatal bernanah saya tidak kunjung sembuh, apa pake air kelapa akan sembuh?

Reply
avatar
Senin, Agustus 06, 2018 delete

Biasanya berapa lama tubuh alergi akan bereaksi setelah minum airkelapa hijau?

Reply
avatar
Sabtu, Agustus 25, 2018 delete

Anak saya tiba2 badanya bentol2 kayak di gigit nyamuk, muncul satu dua tapi tiap hari muncul, apa bisa di sembuhin pake air kelapa hijau

Reply
avatar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon