IBX59ED8B2FED208 Pahami Suplementasi Vitamin pada Anak - Jendela Informasi

Pahami Suplementasi Vitamin pada Anak

Agar tubuh seorang anak dapat tumbuh dengan baik dan sehat dibutuhkan vitamin dan mineral sebagai suatu mikronutrien, di samping pemberian zat nutrisi lain yang kita telah kenal seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Perlu diketahui bahwa fungsi dari vitamin dan mineral tersebut bukanlah membuat badan tumbuh besar, tetapi zat tersebut sangat penting bagi kesehatan untuk fungsi-fungsi yang lain.

Oleh karena itu, jangan kita berpikir pemberian suplemen vitamin pada anak akan membuatnya gemuk misalnya. Anggapan ini sering berujung pada pikiran ketidakbergunaan pemberian suplemen vitamin jika anak tak bertambah gemuk. Ingat bahwa yang membuat anak tumbuh dan gemuk adalah bahan nutrisi yang mengandung kalori seperti sumber-sumber karbohidrat atau lemak misalnya. Sementara fungsi vitamin adalah untuk hal-hal lain, termasuk salah satunya meningkatkan nafsu makan anak. Berikut adalah fungsi vitamin bagi tubuh.



Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku, gusi, kelenjar getah bening, tulang, dan gigi. Anak masa pertumbuhan pun membutuhkannya untuk mencegah infeksi. Jika buah hati Anda menunjukkan tanda-tanda rabun senja, mata kering, gangguan pertumbuhan, kulit kering dan kasar, serta rendahnya daya tahan tubuh segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindarkan kondisi defisiensi vitamin A lebih parah.

Merujuk pada laman www.kesehatan.tips, Vitamin B yang terdiri atas Bl, B2, B3, B6, dan B12 pun berperan di masa pertumbuhan anak. Vitamin Bl diperlukan sebagai penyokong metabolisme karbohidrat yang dapat meningkatkan energi, serta melancarkan pencernaan. Dapat diperoleh dari seafood atau biji-bijian. Vitamin B2 dibutuhkan untuk memelihara kesehatan mukosa dan fungsi penglihatan. Dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau tua. Vitamin B3 diperlukan oleh enzim-enzim yang berfungsi mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energi. Dapat.diperoleh dari kentang, roti gandum berserat kasar, daging. Vitamin B6 dapat membantu proses pembentukan sel darah merah serta memelihara fungsi saraf dari bahan makanan daging, ikan, unggas, bayam, dan kentang. Sementara B12 dapat membantu pembentukan materi genetik serta seluruh sel tubuh, bersumber dari semua makanan yang berasal dari hewan.

Mengapa si kecil memerlukan asupan vitamin C dan E? Asupan vitamin C dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan memiliki efek antihistamin. Konsumsilah jeruk, stroberi, kembang kol, kubis untuk mendapatkan esensi vitamin ini. Sementara, vitamin E membantu pembentukan sel-sel darah merah, otot, juga menstabilkan membran sel dan asam lemak. Dapatkan vitamin itu dari sayuran berwarna hijau, mentega, hati, kuning telur, dan kacang-kacangan.

Kabar baik juga datang bagi orangtua yang membiasakan anak mengonsumsi nutrisi vitamin D dan vitamin K karena kedua vitamin itu dapat memelihara kesehatan tulang. Dapatkan manfaatnya dari minyak ikan, susu sapi, sayuran, dan sinar matahari pagi (di bawah pukul 10).

Terkait dengan masalah vitamin ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi orangtua.
  • Berikan suplemen multivitamin dan mineral ketika kita kurang yakin dengan kecukupan dari asupan yang dimakan si anak sehari-hari. seperti anak yang tidak suka makan buah atau sayur.
  • Kekurangan vitamin dan mineral ini akan berdampak besar bagi kesehatan anak secara keseluruhan tak secara mendadak melainkan perlahan-lahan tetapi pasti sehingga sering tak disadari.
  • Selama anak sulit mengonsumsi makanan yang akan mencukupi kebutuhannya akan vitamin dan mineralnya, pada saat itu anak masih membutuhkan suplemen tarnbahan dari luar makanannya.
  • Vitamin tak diperlukan dalam jumlah besar dalam satu harinya, yang dibutuhkan adalah konsistensi pemberiannya setiap hari, bahkan sampai orang menjadi tua.
  • Tak ada istilah pemberian suplemen vitamin akan membuat ketergantungan terhadap vitamin karena semua orang membutuhkan vitamin dan mineral setiap hari.


 [Source Image : www.republika.co.id; Source Article : PRM 16/11/2014]

0 Response to "Pahami Suplementasi Vitamin pada Anak "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.