iklan space 728x90px

Inilah 9 Cara Hidup Sehat Yang Terbukti Ampuh


Kita ingin hidup sehat, itu sudah pasti, bahkan harapan semua insani. Tapi untuk hidup sehat itu ada resepnya. Jika kita sudah mengetahui resep atau caranya maka kita bisa meningkatkan kebahagiaan dan meraih kesuksesan. 

Nah, silakan simak resep atau cara hidup sehat di bawah ini:
1. Makanan bergizi
Jelas, makanan yang baik atau bergizi itu amat penting untuk kesehatan badan. Tapi yang harus kita ingat adalah makan secara teratur. Makan terlalu banyak merupakan salah satu penyebab kemalasan mental, di samping tugas pencermaan tidak normal karena kerja terus (toh kita bukan hidup untuk makan). Kegemukan membuat jantung kita bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Begitu pula jika kita kurang makan. Tubuh menjadi kurus dan ringkih. Kita dengan mudah terserang penyakit. Karena itu kita makan secukupnya saja.
Baca juga : Bagaimana Para Selebriti Memperoleh Tubuh Fit Mereka?
2. Tidur cukup
Tidur yang cukup membuat tubuh dan jiwa menjadi sehat. Di saat tidur itu otot-otot menjadi kendor, otak pun istirahat setelah kita memeras pikiran untuk belajar atau bekerja. Untuk itu kita harus membiasakan diri tidur pada jam-jam tertentu. Tidur cukup adalah sekitar 6-8 jam.

3. Berolahraga
Berolahraga itu penting sekali untuk mempertahankan kesehatan dan keseimbangan fisik, di samping memperlancar sirkulasi darah dan memperbaharui sel-sel serta otot yang 'payah'. Jantung juga menjadi kuat.

4. Pribadi sehat
Kesehatan tubuh yang baik itu mencakup perbaikan dari kebiasaan-kebiasaan hidup seperti merawat diri, kerapian, dan lain sebagainya. Tubuh yang bersih dan pakaian yang bersih pula berarti menghargai diri sendiri dan mencintai diri secara sehat.

5. Jauhi rokok dan alkohol
Jika kita ingin tubuh tetap sehat, kita mesti menjauhi diri dari merokok atau minum alkohol. Merokok membuat paru-paru menjadi kotor karena racun nikotin, bahkan bisa menyebabkan kanker, di samping itu merokok juga berarti pemborosan. Begitu pula dengan minum alkohol, kita bisa mabuk usus kita bisa terbakar dan kitapun lalu merugi kan. Karena itu agar tubuh tetap sehat, kita tak usah merokok atau minum alkohol.
6. Sehat jiwa
Baik secara sadar atau tidak sadar, kita sering mengeluh. Mengeluh bisa merusak kesehatan, melukai diri sendiri. Begitu pula dengan perasaan khawatir, tegang, cemas, dan sebagainya. Karena itu kita harus berusaha mengatasi hal itu, yakni dengan berusaha tidak mengeluh atau membesar-besarkan suatu masalah. Untuk itu kita hendaknya berupaya mempertahankan kesehatan mental dan emosional, dengan berusaha memahami diri sendiri.

7. Rekreasi
Rekreasi merupakan suatu cara untuk melepaskan 'beban pikiran' yang baik, setelah sekian lama berkutet dengan pelajaran, pekerjaan atau sumpeknya suasana kota. Dengan berekreasi pikiran atau otak kita menjadi jernih dan tubuh kita menjadi segar.

8. Humor itu perlu
Sebagaimana kita makan untuk kesehatan tubuh, begitu pula artinya humor untuk kesehatan jiwa kita. Rasa humor amat penting untuk membina kesehatan. Maka benarlah jika dikatakan humor itu sehat. Dengan humor itu pula kita menjaga keseimbangan tubuh dan jiwa.

9. Check up atau pemeriksaan fisik
Pemeriksaan fisik ini hampir tidak pernah kita lakukan, padahal ini penting sekali untuk mengetahui keadaan tubuh kita sehat atau tidak. Karena itu kita perlu mengadakan pemeriksaan fisik secara berkala. Hal ini membuat kita tahu jika memang ada penyakit di dalam tubuh kita, seperti kanker atau yang lainnya sehingga kita bisa menanggulanginya secara dini.


Dengan mempraktekkan 9 resep tersebut diatas maka hidup kita sehat, baik jasmani maupun rohani. Sehingga tepatlah semboyan mens sana in corpore sano, yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Inilah 9 Cara Hidup Sehat Yang Terbukti Ampuh"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News