Cara Merawat Furnitur Kayu Jati

Maman Malmsteen 09.03.00
Jendela Informasi - Meski dapat memberikan kesan unik dan etnik, furnitur dan ornamen dari kayu membutuh-kan perawatan khusus. Pertama ialah melindungi permukaan furnitur dengan baik untuk menghindari adanya goresan, noda, ataupun warna yang se-makin kusam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menutupi permukaan furnitur.

Untuk meja tentu saja Anda dapat menggunakan taplak, sedangkan untuk kursi dapat dengan memberi kain etnik. Agar tetap rapi tanpa menghilangkan karakter hangat, ujung-ujung kain dapat Anda ikatkan ke kaki kursi di bagian dekat dudukan. Penggunaan taplak tersebut dapat memperkecil kemungkinan tergoresnya atau rusaknya furnitur kayu secara tidak sengaja.



Kedua ialah meletakkan furnitur yang terbuat dari kayu pada suhu ruangan yang normal dan tidak lembab. Selain itu, hindari furnitur tersebut terpapar sinar matahari secara langsung. Suhu yang panas dapat membuat furnitur kayu terlihat kusam, retak, ataupun melengkung.
Membersihkan furnitur kayu terbilang mudah. Anda cukup menggunakan kain lap. Untuk bagian-bagian sulit seperti ukiran ataupun sela-sela kecil, dapat dibersihkan dengan kuas. Anda dapat menambahkan semprotan pledge (cairan pembersih furnitur kayu) seperlunya yang dapat dibeli di supermarket ataupun toko bahan bangunan guna mendapatkan hasil akhir pembersihan yang lebih maksimal.
Baca juga : 6 Kiat Memilih Sofa Yang Tepat
Khusus untuk furnitur yang terbuat dari kayu jati dapat dipoles dengan minyak jati. Hal itu terutama berguna untuk furnitur yang ditaruh di luar ruangan atau yang warnanya sudah mulai memudar. Pemolesannya sendiri setidaknya dilakukan 2 atau 3 tahun sekali agar furnitur kayu jati tetap dalam kondisi yang baik. [MI 17052015]

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar Anda:

Write Komentar Anda

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon