iklan space 728x90px

Inilah Sejarah Asal-usul Sandal Yang Anda Pakai

Jendela Informasi - Pernahkah terbayang oleh Anda darimana asal-usul sandal yang selalu kita pakai sehari-hari? Ternyata ada banyak cerita di balik kehadirannya, Iho. Penasaran dengan kisah si sandal ini? Follow me, babe!

Geta
Geta merupakan alas kaki tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Pada bagian alas, terdapat tiga buah lubang untuk memasukkan tali berlapis kain yang disebut hanao. Dan dua buah hak yang disebut ha (gigi), terdapat di bagian bawah alas (sol). Hak tinggi itu berfungsi untuk memudahkan pemakainya berjalan melewati becek ketika hujan. Geta atau yang lebih dikenal dengan bakiak Jepang, dipakai di luar ruangan sewaktu mengenakan yukata atau kimono yang bukan kimono formal.

Jipsin
Jipsin adalah sandal tradisional yang terbuat dari jerami. Konon, jipsin sudah dipakai sejak zaman dahulu oleh orang-orang Korea pada masa Joseon. Mereka dikategorikan sebagai yi, yaitu sepatu dengan hak pendek. Nama jipsin bisa bervariasi, tergantung dari bahan yang dipakai untuk pembuatannya seperti samsin, wanggolsin, cheongoi jisin, dan budeulsfa. ipatoumumnya dipakai oleh para petani dan peternak di desa sebagai alas kaki mereka sehari-hari.

Saltwater Sandals
Saltwater muncul pada awal tahwn 1940-an sebagai alas kaki tradisional untuk anak-anak. Awalnya, saltwater dibuat karena makin berkurangnya kulit alami untuk pembuatan sepatu pada masa perang dunia kedua. Makanya. jenis sandal ini dibuat dari sisa pembuatan kulit sol sebelah kiri atas sepatu pria. Desainnya terdiri dari tali yang mirip dengan tali gesper, yang dibuat melintang pada jari dan mata kaki.

Jelly Sandals
Sandal jelly merupakan sandal klasik para nelayan yang terbuat dari bahan PVC plastik. Awalnya, ditemukan pada tahun 1946 oleh nelayan yang bernama Jean Dauphant. Sandal ini terbuat dari plastik dan sangat empuk bila dipakai. Karena bentuk dan warna-warnanya yang cerah menyerupai sandal ini akrab dengan sebutan sandal jelly.

Flip-Flop
Ada berbagai macam sebutan untuk flip-flop, Di India misalnya, flip-flop lebih dikenal dengan sebutan Hawaii Chappals, sedangkan di Australia dan Kanada disebut thongs, slip-slops di Afrika Selatan, jandals di Selandia Baru dan Pasifik Selatan. Nama lainnya seperti slippers, pluggers, dan chancietas juga banyak muncul. Flip-flop sendiri merupakan sandal karet yang datar bagian bawahnya dan memiliki tali menyerupai huruf "Y", yang berfungsi sebagai penjepit di antara jari jempol dan jari kaki lainnya. Karena sempat menjadi permasalahan lingkungan, bahan baku pembuatan flip-flop yaitu polyurethane yang berasal dari minyak mentah, kini mulai digantikan dengan bahan baku dari daur ulang ban mobil bekas dan bahan-bahan alami seperti rami, kapas, dan kelapa.

Caligae
Caligae dahulu kala adalah alas kaki tradisional yang dipakai berdasarkan tingkatan kasta di Roma. Caligae yang dipakai oleh para patricians, senator, dan magistrates disebut dengan calcei, yang dipakai oleh rakyat jelata disebut perones, dan yang dipakai oleh para prajurit disebut gladiator. Sandal ini terbuat dari kulit yang sangat kuat, tali pengikat dengan gaya militer (yang dililit hingga betis) dan sol tebal dari kulit. Bedanya, gladiator yang dipakai oleh para prajurit dilengkapi oleh paku-paku pada bagian bawahnya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Inilah Sejarah Asal-usul Sandal Yang Anda Pakai"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News