Perkembangan Musik Dunia

Musik Abad Pertengahan
Yang dinamakan zaman Abad Pertengahan di dalam sejarah kebudayaan ialah zaman di antara akhir kerajaan Roma dan zaman mulai tumbuhnya pendapat-pendapat baru. Pendapat baru yang dimaksud ialah pendapat cetak-mencetak, penemuan benua Amerika dan masa reformasi agama Kristen.

Pada Abad Pertengahan ini musik mengalami perubahan besar-besaran. Perubahan itu antara Iain ialah musik mulai menggunakan beberapa suara. Sebelum zaman ini musik hanya terdiri atas satu suara.

Musik Barok dan Rokoko
Berakhirnya zaman Abad Pertengahan muncul zaman yang disebut zaman Barok dan Rokoko. Pada zaman Barok dan Rokoko perhatian terhadap musik terletak pada penggunaan ornamentik. Gerak lincah digemari umum. Perbedaan bagian keras dan bagian lunak terasa sekali.

Kemajuan di bidang musik sejalan dengan kemajuan di bidang seni bangun-bangunan. Kedua kemajuan ini selalu terasa di sepanjang sejarah kesenian.

Musik Klasik
Berakhirnya zaman Barok dan Rokoko maka musik Klasik mulai tumbuh. zaman Klasik dimulai pada tahun 1750. Zaman musik Klasik adalah zaman peralihan menuju pada zaman Romantik.

Pada zaman Klasik ini timbul kebiasaan-kebiasaan baru, misalnya penggunaan peralihan dinamik, penggunaan peralihan kecepatan tempo lagu, penggunaan akord tiga bunyi dan ornamentik.

Musik Zaman Modern

Zaman Modern ialah zaman yang kita alami sekarang ini. Di abad ini terjadi perubahan yang jauh jika dibandingkan dengan masa atau zaman yang sudah silam. Pendapat baru dalam bidang teknik mendorong kehidupan manusia kepada kehidupan baru. Peninggalan-peninggalan abad yang sudah silam lenyap pada zaman Modern ini. Kehidupan yang baru ini membawa musik kepada gerak yang lebih bebas. Keindahan dan kemurnian suara tidak lagi menjadi keagungan, akan tetapi, yang dipentingkan ialah pelahiran atau pengungkapan perasaan dengan bebas dan leluasa.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment