IBX59ED8B2FED208 Ciri-ciri Terkena Leukemia Granulositik Kronis - Jendela Informasi

Ciri-ciri Terkena Leukemia Granulositik Kronis

Jendela Informasi - CML (Chronic Myeloid Leukemia) atau Leukemia Granulositik Kronis adalah kanker darah dan sumsum tulang, di mana tubuh menghasilkan sel darah putih berlebih. Kronis berarti kanker tumbuh relatif lambat dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang.

Sebagian besar pasien yang terdiagnosis dengan CML pada tahap awal atau fase kronik. Pada fase ini akan bertahan bertahun-tahun tidak berkembang menjadi fase lanjut. Ini yang membedakan dengan leukemia akut.


Jenis kanker darah ini merupakan jenis kanker darah mematikan yang kurang dikenal olah masyarakat. CML tergolong jenis kanker langka yang dapat menjadi mematikan bagi pasien, jika tidak ditangani secara cepat dan tepat. Di seluruh dunia, CML (Chronic Myeloid Leukemia) atau Leukemia Granulositik Kronis memiliki insiden 1-2 kasus per 100.000 orang setiap tahun, yang merupakan 15% dari total kasus leukemia dewasa, dan rata-rata terdiagnosis pada usia 67 tahun.

Di Indonesia tercatat kurang lebih 1.800 pasien yang terdaftar. Pasien penderita CML memiliki kromosom yang abnormal yang dikenal sebagai kromosom Philadelphia. Kromosom Philadelphia menghasilkan protein abnormal yang dinamakan Bcr-Abl yang mengirimkan sinyal kepada sumsum tulang untuk tetap menghasilkan sel-sel darah putih yang abnormal.

Gejala dan tanda-tanda lain yang bisa diduga CML (Chronic Myeloid Leukemia) atau Leukemia Granulositik Kronis atau kondisi lain adalah merasa sangat kelelahan. Tanda-tanda lainnya adalah turun berat badan tanpa ada alasan yang jelas, berkeringat pada malam hari, demam, sakit atau merasa penuh di bawah dada sebelah kiri. Diperlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli karena terkadang CML tidak menimbulkan gejala sama sekali. Oleh sebab itu sebaiknya melakukan kesadaran untuk pengecekan rutin agar mengetahui ada atau tidaknya penyakit dalam tubuh. [ Sumber : Koes Anindya/IK 16102015 ]

0 Response to "Ciri-ciri Terkena Leukemia Granulositik Kronis"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.