IBX59ED8B2FED208 Ingin Turunkan Berat Badan? Imbangi dengan Olahraga yang Tidak Ketat - Jendela Informasi

Ingin Turunkan Berat Badan? Imbangi dengan Olahraga yang Tidak Ketat

Jendela Informasi - Untuk menurunkan berat badan, selain harus diet seimbang juga harus melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak olahraga yang berat. Olahraga yang dilakukan sebaiknya olahraga kombinasi antara olahraga yang bersifat aerobik, olahraga yang bersifat kelenturan, dan olahraga isotonik.

Olahraga aerobik dibutuhkan untuk membakar lemak. Misalnya olahraga jogging, bersepeda, treadmill dan lain-lain. Olahraga yang bersifat membentuk kelenturan tubuh atau pembentukan tubuh untuk fleksibilitas tubuh seperti senam, pilates, dan yoga. Sementara olahraga isotonik dibutuhkan agar otot-otot tubuh tidak kendur, semacam olahraga weight training.

Untuk menurunkan berat badan, kombinasi ketiga olahraga tersebut tepat dilakukan. Namun, porsi olahraga kardio lebih banyak. Misalnya 40-60 persen olahraga kardio, 20 persen olahraga kelenturan dan 20 persen olahraga isotonik. Olahraga tidak harus dilakukan setiap hari, namun cukup 3-4 kali seminggu. Dalam melakukan olahraga, tubuh harus diberi jeda atau istirahat agar tubuh tidak kelelahan.

Untuk olahraga harus disesuaikan dengan intensitas. Perhitungannya (220-umur x 0,7-0,8 denyut nadi). Frekuensi olahraganya 3-5 kali seminggu, dengan waktu melakukan olahraga selama 30-45 menit. Olahraga yang dilakukan seperti jogging, berenang, membersihkan rumah atau aktivitas dan olahraga yang tidak terlalu berat.

Olahraga yang dilakukan secara berlebih-lebihan atau over exercise bisa menyebabkan dehidrasi dan protein rusak. Bahkan, pada beberapa orang mengalami gagal ginjal akut setelah terlalu keras berolahraga. Ketika keras berolahraga maka yang dibakar bukan lagi lemak, tetapi juga protein. Akibatnya protein rusak dan memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras.


Selain itu, jika berolahraga secara berat maka fisik akan kelelahan. Padahal, fisik juga butuh istirahat. Jika fisik kelelahan akan membuat penyembuhannya lama. Ketika akan mencapai target berat badan tertentu, maka ketika melakukan olahraga perlu personal trainer sehingga olahraga bisa lebih terstruktur dan diatur. Jika ingin melakukan sendiri, maka olahraga jalan kaki selama 30-60 menit juga efisien. 

0 Response to "Ingin Turunkan Berat Badan? Imbangi dengan Olahraga yang Tidak Ketat"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.