Inilah Manfaat Tempe Yang Sering Disepelekan

Jendela Informasi - Tempe adalah makanan yang kaya gizi serta merupakan warisan budaya nusantara. Tempe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tempe sebagai sumber pangan protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Netizen pun mengeluarkan petisi agar tempe dimasukkan ke dalam warisan budaya Indonesia, serta dimasukkan ke dalam UNESCO.

Berikut tiga aspek kesehatan tempe yang akan diperoleh jika mengonsumsinya:
Tempe merupakan makanan yang kaya gizi dan mengandung sejumlah penting protein nabati dan asam amino. Tempe juga mengandung berbagai jenis Vitamin B. Di samping itu, tempe juga mengandung mineral seperti zat besi, tembaga, dan zinc. Tempe juga mengandung bahan seperti isoflavon, riboflavin, lemak nabati, fosfor, karoten, dan lain-lain.



Tempe relatif mudah didapatkan di berbagai daerah di negara Indonesia, sehingga tempe menjadi salah satu asupan gizi penting bagi masyarakat. Data Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) yang dikerjakan Balitbangkes tahun 2014 dan laporannya diselesaikan tahun 2015 lalu, menunjukkan bahwa konsumsi kacang dan polong serta produknya sebagai protein nabati di Indonesia adalah 56,7 gram per hari. Angka ini jauh lebih tinggi dari negara tetangga, Thailand dan Filipina hanya mengonsumsi 8-9 gram per hari.


Tempe adalah bagian dari budaya khas Indonesia. Jadi, secara hukum internasional kita perlu melindunginya dalam konsep GRTKF (genetic resources traditional knowledge and folklore). Ini adalah konsep yang dibicarakan di dunia diplomasi internasional, walau belum sepenuhnya disetujui semua negara, terutama oleh sementara negara maju. Konsep GRTKF ini menunjukkan "perlindungan" pada suatu negara yang punya bahan genetik, atau pengetahuan tradisional, atau bahkan dongeng budaya, yang semuanya harus dilindungi hukum internasional dengan menghargai negara yang punya atau sumber bahan-bahan itu.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment