Menu Bagi Penderita Maag Dan Rematik

Jendela Informasi - Menu sehari-hari yang baik adalah menu seimbang dalam zat gizi, dan seimbang dalam jumlah bahan makanannya. Seimbang di sini berarti, sesuai dengan kebutuhannya. Dan ini adalah menu yang terdiri atas makanan pokok, yaitu nasi atau penggantinya, lauk pauk hewani ataupun nabati, serta sayuran dan buah-buahan. Seperti apakah menu bagi penderita maag dan rematik?

Nah, bila menu sehari-hari Anda hanya nasi dan ikan rebus atau bakar, maka akan kekurangan zat-zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya kondisi tubuh makin menurun dan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit makin menurun pula.

Penderita maag atau lambung harus memperhatikan makanan sehari-harinya agar tidak sering kambuh atau bertambah berat. Selain itu, mereka perlu menjaga ketenangan hidup sehari-hari. Lebih-lebih mereka yang sudah berusia lanjut.

Tentang rematik, memang sampai sekarang belum ada obat yang dapat betul-betul menyembuhkan. Tetapi kita bisa mencegah atau mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Yaitu, dengan mengurangi atau menghindari makanan yang banyak mengandung purin. Zat ini banyak terdapat pada jeroan, seperti hati, babat, dan ginjal, serta sardin dan ekstrak daging. Selain itu juga buah durian.
Kandungan purin yang lebih rendah terdapat pada daging, ikan, kerang-kerangan, kacang-kacangan, kembang kol, bayam, dan jamur. Kendati demikian, penggunaannya pun sebaiknya dibatasi.

Untuk menu bagi penderita maag dan rematik lebih baik memilih sumber protein seperti susu, telur, atau keju. Sayuran, buah-buahan, dan jenis padi-padian, juga bisa dihidangkan bagi penderita rematik, karena kandungan purinnya rendah sekali. Namun, bagi penderita maag, sebaiknya dipilihkan sayuran yang lunak atau tak banyak mengandung serat. Sedangkan untuk buahnya, pilih yang lunak dan betul-betul masak pohon. Jangan memberikan buah yang masam.

Bagi mereka yang berusia lanjut, tentu saja makanan dibuat agak beda. Yakni dengan melunakkannya, mengingat keadaan fisik dan organ-organ tubuh sudah tidak sekuat sewaktu mereka yang masih muda. Pendeknya, bahan makanan mesti mudah dicerna agar tidak. memberatkan kerja alat-alat tubuh yang sudah berkurang fungsinya. Kurangi pula lemak, termasuk goreng-gorengan, dan santan kental.
Berikut ini, Jendela Informasi rincikan jenis dan takaran makanan untuk menu bagi penderita maag dan rematik. Daftar ini disusun sesuai kecukupan bahan makanan sehari, dengan jumlah kalori 1500.

- Beras atau penggantinya 200 gram
- Daging atau penggantinya 50 gram
- Telur ayam 50 gram
- Tempe 50 gram
- Sayuran lunak 200 gram
- Buah-buahan lunak   300 gram
- Minyak    15 gram
- Gula Pasir    25 gram

Pembagian Makanan untuk Sehari

Pagi:
- Nasi 100 gram atau 80 gram roti tawar
- Telur ayam 1 butir
- Sayuran 50 gram
- Minyak 1/2 sdm
- Gula 1 sdm
- Buah 100 gram

Pukul 10.00 :
- Tepung Beras 20 gram
- Gula 10 gram
- Santan 20 gram

Siang :
- Nasi 150 gram
- Daging giling 25 gram
- Tahu 50 gram
- Sayuran 75 gram
- Buah 100 gram
- Minyak 1 sdm

Pukul 16.00 :
- Tepung maizena 20 gram
- Gula 20 gram
- Susu 100 cc

Malam :
- Nasi 80 gram
- Ikan atau ayam 25 gram
- Sayuran 75 gram
- Buah 100 gram
- Minyak, 1/2 sdm


Menu Sehari

Pagi:
- Roti + orak-arik telur + wortel
- Jus buah apel

Pukul 10.00:
- Kue putu mayang

Siang :
- Nasi
- Semur daging giling + wortel
- Sup oyong + tahu lunak
- Buah pepaya

Pukul 16.00 :
- Puding maizena

Malam :
- Nasi lembek
- Pepes ikan mas + sayuran
- Cah kangkung

- Buah segar
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment