IBX59ED8B2FED208 Tips Menangani Cedera Tangan Secara Tepat - Jendela Informasi

Tips Menangani Cedera Tangan Secara Tepat

Jendela Informasi - Intraarticular fraktur alias patah tulang pada sendi dapat terjadi pada siapa saja. Dibandingkan dengan bagian anggota gerak lain, tangan mendapat perhatian besar dari otak manusia. Tangan manusia adalah struktur organ yang sangat kompleks. Pada otak manusia, ada satu area paling luas yang bertugas untuk mengatur kinerja tangan. Itu karena pada tangan terdapat ratusan tulang, sendi, serta urat yang memiliki kekhasan masing-masing.Intraarticular fraktur alias patah tulang pada sendi dapat terjadi pada siapa saja. Dibandingkan dengan bagian anggota gerak lain, tangan mendapat perhatian besar dari otak manusia. Tangan manusia adalah struktur organ yang sangat kompleks. Pada otak manusia, ada satu area paling luas yang bertugas untuk mengatur kinerja tangan. Itu karena pada tangan terdapat ratusan tulang, sendi, serta urat yang memiliki kekhasan masing-masing.

Tangan dilalui oleh tiga saraf sebagai saraf perasa. Itu menjadi pengaman yang luar biasa bagi manusia. Fungsinya bisa serupa dengan mata. Jika fungsi mata mendapat gangguan, telapak tangan bisa menggantikannya sebagai indera perasa, misalnya, untuk meraba.


Oleh karena itu, untuk memulihkan bagian tangan yang cedera sebaiknya mendapat perhatian lebih. Jika tidak ditangani dengan tepat akan sangat bermasalah, seperti menimbulkan kekakuan, perubahan bentuk, atau terdapat gangguan fungsi. Semakin kompleks lagi karena tangan tidak bisa kerja sendirian. Tangan bergerak secara serial bersamaan dengan banyak struktur organ lain.

Untuk menangani cedera tangan, sebaiknya datang pada dokter yang tepat. Untuk memulihkan persoalan pada tulang, selain mengerti anatomi dan fisiologi, juga dibutuhkan dokter yang mengerti kinesiologi alias ilmu tentang gerak. Biasanya, cedera pada pertulangan tangan sulit pulih sendiri. Mesti dengan spesifik dilihat lokasi cederanya agar dapat ditangani dengan tepat. Penanganan itu ditujukan agar tulang tangan dapat pulih sempurna termasuk mengembalikan fungsinya. Biasanya, dokter ortopaedi bekerja sama dengan terapis ortopaedi untuk pengembalian fungsi ini.

Ada dua pilihan tempat untuk memulihkan cedera tulang yang lazim digunakan masyarakat kita. Jika tidak ke dokter spesialis tulang, orang biasanya mendatangi praktik bengkel pemulihan tulang. Pilihan tersebut dikembalikan lagi kepada pasien (masyarakat). Hanya saja, pada ilmu medis modern, bekerja memulihkan cedera tulang atas dasar pengalaman ilmu bertahun-tahun dan dibuktikan dengan rontgen serta hasil dari latihan dan pengamatan. Meskipun memang, cedera pada tulang yang tidak gawat memiliki masa pemulihan sekitar satu bulan dan pada usia anak-anak toleransinya lebih singkat lagi.

Sindrom Saluran Karpal
Di era teknologi seperti saat ini, penggunaan alat digital seperti komputer sudah bukan barang baru lagi. Sayangnya, ada satu masalah pada tangan yang kerap menghantui mereka yang aktif menggunakan mouse saat bekerja dengan komputer. Salah satunya sindrom saluran karpal atau carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu saraf medianus terjepit oleh struktur ligamen (otot) yang terletak persis di pergelangan tangan. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, kondisi itu akan mengganggu kinerja tangan, dan yang paling parah menimbulkan rasa nyeri dan berakibat fatal bagi fungsi tangan.

Gejala awal CTS antara lain terjadi pembengkakan di sekitar pergelangan tangan dan terasa ngilu atau linu. Jika segera memeriksakan diri ke dokter, pemulihannya bisa melalui penyuntikan atau pemberian obat untuk diminum. Penyuntikan itu ditujukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi saat saraf terjepit.
Akan tetapi, jika gejala tersebut dibiarkan lebih lama lagi, misalnya 2-3 bulan berikutnya, bisa saja terjadi fibrosis atau pengerasan jaringan di sekitar saraf yang terjepit. Untuk menanganinya bisa melalui jalan operasi untuk melepaskan jepitannya.

Oleh karena itu, agar dapat terhindar dari CTS, sebaiknya mengistirahatkan tangan secara berkala ketika menggunakan mouse komputer. 


0 Response to "Tips Menangani Cedera Tangan Secara Tepat"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.