IBX59ED8B2FED208 Kiat Olahraga Saat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan - Jendela Informasi

Kiat Olahraga Saat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

Jendela Informasi - Olahraga selain untuk menyehatkan tubuh juga membuat kondisi badan tetap fit dan prima. Namun, saat memasuki bulan puasa, banyak orang yang masih ragu-ragu untuk bisa menjalankan ibadah puasa sambil berolahraga. Padahal, olah raga saat puasa dapat menjadi hal yang sangat bermanfaat, khususnya menjaga badan agar tetap sehat dan prima.

Akan tetapi, tidak semua olahraga bisa dilakukan saat puasa. Hanya beberapa jenis olahraga yang masih bisa dilakukan oleh masyarakat selama berpuasa, termasuk waktu-waktu yang tepat untuk melakukannya.

Ada beberapa jenis olahraga yang tepat yang dapat dilakukan saat kita berpuasa. Seorang atlet tetap akan melakukan rutinitasnya berlatih setiap hari meski tengah berpuasa. Namun, khusus selama menjalani ibadah puasa, biasanya, pelatih pun memberikan keringanan waktu atau pun latihan bagi atletnya untuk tetap menjaga kebugarannya.

Kendati demikian, apa yang dilakukan oleh atlet akan berbeda dengan masyarakat umum. Oleh karena itu, pilih olahraga yang tepat supaya tidak mengganggu puasa yang tengah dijalani. Beberapa olah raga yang cocok dilakukan oleh masyarakat umum selama Ramadhan adalah olahraga yang tidak terlalu memerlukan energi yang banyak seperti joging dengan intensitas rendah, berenang, dan aerobik dengan porsi low impact.

Beberapa jenis olahraga tadi cocok saat seseorang berpuasa, selain bersifat peregangan bagus juga untuk peredaran darah. Renang, misalnya, bisa cepat memulihkan energi, khususnya saat menjelang buka puasa.

Sebetulnya, jenis olahraga berat seperti sepak bola, bola voli, basket, futsal, dan lain-lain, masih bisa dilakukan saat bulan Puasa, hanya, pemilihan waktunya harus tepat, yaitu dilakukan pada saat menjelang buka puasa. 

Olahraga berat yang sifatnya untuk kebugaran bagi atlet, atau permainan bisa dilakukan. Jalan-jalan saat berbelanja di mall, naik turun tangga, itu juga sangat baik.

Pemilihan waktu yang pas untuk melakukan olahraga saat puasa idealnya dilakukan satu atau dua jam sebelum waktu buka puasa. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi badan agar tidak lelah dan cepat dehidrasi.

Namun, ada beberapa olahraga yang haras dihindari selama puasa terutama olahraga yang cepat menguras tenaga dan stamina. Salah satunya adalah olahraga kontak seperti bela diri. Selain membuat tubuh cepat lelah, olahraga tersebut juga dapat menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi.



Manfaat Olahraga bagi Tubuh

Berolahraga saat puasa tentunya banyak manfaat yang didapat. Salah satunya, mence-gah tubuh cepat lelah. Berolahraga juga dapat menjaga kelancaran peredaran darah, meningkatkan daya konsentrasi, dan menghilangkan stres.

Tidak hanya itu, dengan rutin berolahraga kualitas tidur akan terjaga, otak tetap berpikir jernih sehingga bisa memelihara memori dengan baik. Manfaat lain yang sangat baik adalah menjaga agar tubuh tidak jenuh, karena seluruh otot dan badan digerakkan saat berolah raga.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kaum Muslim tetap rutin menjalani olahraga meski tengah berpuasa. Intinya, puasa seharusnya tidak menjadi hambatan seseorang untuk berolahraga. Selain rutin berolahraga, orang yang berpuasa tentunya harus mengimbangi dengan pola makan yang baik, termasuk memperhatikan asupan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh.


Kiat Olahraga Saat Berpuasa

Waktu
Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa. Idealnya, waktu yang pas adalah satu atau dua jam sebelum buka puasa. Hal itu dilakukan agar pemulihan kondisi tubuh bisa dilakukan dengan cepat.

Makanan
Saat sahur, pilihlah makanan yang banyak mengandung cairan, terutama banyak mengandung gula. Hal itu penting untuk menjaga agar tubuh tidak gampang lelah dan masih tetap fit selama menjalankan puasa. 

Selain itu, asupan vitamin juga perlu. Mengonsumsi tambahan vitamin bisa dilakukan saat sahur atau berbuka puasa. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Peregangan dan Pemanasan
Biasakan sebelum berolahraga, kita terlebih dahulu melakukan peregangan (stretching) dan pemanasan untuk menghtndari terjadinya kram saat olah raga. Selain itu, pakailah pakaian yang cepat menyerap keringat.

0 Response to "Kiat Olahraga Saat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.