Konsumsi Air Lemon Bantu Turunkan Berat Badan

Jendela Informasi - Buah lemon dengan tampilan menyegarkan tidak hanya sedap dipandang, tetapi memiliki manfaat luar biasa, yakni membantu mempertahankan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi juga membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Akhir-akhir ini buah lemon menjadi buah yang sangat populer dan sering dibicarakan. Entah sebagai ramuan khusus untuk menyembuhkan penyakit, sebagai penambah rasa sedap di menu makanan tertentu atau sebagai campuran minuman kesehatan.

Popularitas buah lemon terus dikenal di seluruh lapisan masyarakat. Banyak orang yang meyakini buah dengan warna menggugah selera ini dapat menyembuhkan macam-macam penyakit. Bahkan ada juga yang beranggapan buah lemon dapat memporakporandakan lemak di dalam tubuh.
Berlatar hal tersebut pasti Anda akan sering mendengar banyak orang minum air lemon. Misalnya, banyak yang mengonsumsi air lemon hangat setelah bangun tidur, ada yang sepanjang hari memilih minum air lemon yang dicampur air putih atau minum jus lemon setiap hari.



Penurunan Berat Badan
Kebiasaan tersebut tentu saja dilakukan demi mendapatkan hasil terbaik dari kandungan yang terdapat dalam buah lemon, khususnya demi mendapatkan berat badan ideal, kulit cantik dan tubuh bugar. 

Buah lemon termasuk dalam golongan buah jeruk antara lain jeruk yang sering dikonsumsi yakni jeruk Garut, jeruk Pontianak, jeruk Bali, ataupun jeruk nipis. Tetapi berhubung jeruk lemon ini rasanya asam seperti jeruk nipis, maka sebagian orang hanya mengonsumsi sedikit dengan cara dibuat air jeruk lemon yang ditambah air dan gula pasir. 

Perlu diketahui, jeruk lemon lokal memiliki buah yang kecil dan airnya tidak sebanyak jeruk lemon impor yang memiliki banyak kandungan air. Namun dari kedua jenis buah lemon tersebut, tetap memiliki khasiat dan kandungan gizi yang sama.
Kandungan zat gizi dalam 1 buah lemon tanpa biji kira-kira 108 gram yang terdiri dari kalori: 21.6 k kal, protein 1.3 g, lemak total 0.3 gr, Serat 5.1 gr; vitamin: vitamin A 32.4 IU, vitamin C 83.2 mg, Vitamin B1 (Thiamin) 0.1 mg, niacin 0.2 mg, vitamin B6 0.1 mg, asam panthothenat 0.3 mg; mineral: kalsium 65.9 mg, zat besi (Fe) 0.8 mg, magnesium 13.0 mg, fosfor 16.2 mg, potasium (kalium) 157 mg, sodium 3.2 mg, zinc 0.1 mg, copper 0.3 mg dan phytosterol 13.0 mg.

Melihat komposisi vitamin, mineral dan rendah kalori pada jeruk lemon, kandungan yang paling menonjol adalah kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bersifat sebagai antioksidan yang kuat. Selain itu mengandung phytochemical hesperitin, naringin yang juga bersifat sebagai antioksidan, mencegah terjadinya reaksi dari radikal bebas, bersifat sebagai zat antiperadangan dan dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Selain memiliki kandungan vitamin C, buah lemon juga kaya akan vitamin A. Vitamin A flavonoid yang terkandung di dalam jeruk lemon dapat menjaga selaput lendir, kulit dan untuk kesehatan mata. Termasuk antioksidan yang terkandung di dalamnya bermanfaat mencegah terjadinya kanker rongga mulut dan paru-paru. Kemudian kandungan potassium yang tinggi dan merupakan komponen sel dan cairan tubuh dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah normal. Kandungan asam sitrat dari penelitian dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

Berhubung kandungan vitamin C di dalam buah lemon cukup tinggi, maka selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, buah lemon yang dimanfaatkan airnya dapat mendukung program penurunan berat badan. Apalagi kini banyak perempuan bahkan laki-laki yang berlomba-lomba mengonsumsi potongan jeruk lemon di dalam air minumnya atau dikenal dengan istilah infused water.
Infused Water
Infused water ini sangat baik karena rasa segar yang ditimbulkan dengan memberi jeruk lemon pada air minum. Dengan rutin minum infused water, maka seseorang cenderung lebih banyak minum air putih. Kebiasaan ini tentu dapat mengurangi dehidrasi dan kebiasaan ngemil. Tetapi yang perlu digarisbawahi, meskipun air lemon disebut-sebut ampuh menurunkan berat badan, Anda jangan kelewat batas ketika mengonsumsinya.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, minum air dari buah lemon terlalu sering akan menyebabkan erosi gigi. Hal ini karena lemon mengandung zat asam sehingga bila dilakukan dalam waktu yang cukup panjang, maka akan menyebabkan erosi email gigi dan kesensitifan gigi menjadi lebih tinggi, terutama pada makanan yang terlalu panas atau dingin.

Konsumsi Tidak Berlebihan
Untuk itu jangan berlebihan mengonsumsi air lemon. Konsumsi dalam batas wajar dan usahakan agar olah air lemon pada makanan tertentu agar menghindari kontak langsung dengan gigi. Bila Anda memiliki kebiasaan minum air lemon dalam keadaan hangat di pagi hari, usahakan untuk menunggu hingga suhu dingin lalu minum menggunakan sedotan dan langsung minum segelas air putih. Dianjurkan minum air lemon sebelum menggosok gigi sehingga asam tidak akan merusak email gigi. Tunggu sekitar 30 hingga 60 menit baru Anda menggosok gigi.

Bagi Anda yang berminat menurunkan berat badan dengan air lemon, dianjurkan ketika mencampurkan lemon dengan air putih jangan terlalu lama berada di suhu ruangan. Karena ini akan menyebabkan basi dan terkontaminasi kuman. Ujung-ujungnya dapat menimbulkan sakit perut atau diare. Selain itu bagi Anda yang menderita gastritis atau tukak lambung, jangan mengkonsumsi air lemon berlebihan karena akan memperburuk rasa sakitnya.
Mengonsumsi air lemon demi mendapatkan berat badan tentu saja harus didukung dengan pola makan sehat setiap hari. Jangan Anda melakukan diet ekstrim dengan hanya minum air lemon saja dan jus lemon sepanjang hari. Bukannya mendapatkan berat badan ideal, Anda malah akan terkena penyakit yang merugikan.

Sebaiknya Anda tetap mengonsumsi makanan sehat sesuai dengan waktu makan, menghindari makanan berlemak, meningkatkan asupan buah-buahan segar dan melakukan kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga merupakan hal nomor satu dalam proses penurunan berat badan.

Anda tak perlu bersusah payah melakukan olahraga berat, cukup dengan jalan kaki, jalan cepat atau jogging seminggu 4-5 kali dengan durasi 30 menit, maka berat badan akan turun secara signifikan. [Sumber: Widi/IK No.26/2015]

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment