IBX59ED8B2FED208 Kunci Sukses Saum Ramadhan - Jendela Informasi

Kunci Sukses Saum Ramadhan


Jendela Informasi - Di bulan Ramadhan Allah limpahkan segala kebaikan. Allah SWT menjanjikan limpahan pahala bagi mereka yang mengisi Ramadhan dengan kegiatan penuh manfaat. Untuk itu, mari jadikan momen ini sebagai jembatan untuk menjadi manusia yang beruntung di hadapan Allah SWT.

Untuk memperbaiki amalan Ramadhan dari tahun sebelumnya ada beberapa kunci suksesnya. Berikut ini kunci sukses saum Ramadhan. Dimulai dengan memahami tujuan dan fungsi saum untuk membentuk manusia yang tataqun. Melakukan ibadah dengan ikhlas adalah kunci ibadah agar bisa diterima Allah SWT, seperti firman-Nya, "Mereka hanya diperintahkan supaya berbakti kepada Allah dengan tulus ikhlas, dalam beragama untuk Tuhan semata-mata." (QS Al-Bayyinah : 5).

Agar lebih maksimal dalam beribadah selama Ramadhan, perlulah diikuti gaya hidup sederhana. Karena saum sesungguhnya melatih supaya hidup sederhana. Firman Allah SWT, "Jangahlah engkau boros dengan berlebihan, sesungguhnya orang yang boros itu saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada tuhan," (QS Al-Isra: 26-27).

Juga, dengan memelihara ucapan yang hendaknya mengandung kata-kata baik dan bermanfaat. Oleh karenanya, jauhkan kata-kata menghina, mengolok-olok, menggunjing, atau menjelekkan orang lain. Inilah pangkal ibadah kita ditolak oleh Allah. Akhlak yang lebih baik juga harus terbentuk selama Ramadhan. Karena puasa sejatinya bukanlah sekadar tidak makan dan minum, tetapi juaga menahan diri agar tidak muncul akhlak yang tercela. ''Sesungguhnya Rasulullah bersabda siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam dan siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia menghormati tetangganya dan hendaklah memuliakan tamu." (HR Bukhori Muslim).

Kunci selanjutnya agar Ramadhan sukses adalah dengan membuat program. Betapa penting perbaikan ibadah yang harus disertai ilmu. Di sinilah perlunya program di bulan suci Ramadhan, kapan harus tadarus, mempelajari tafsir, mempelajari hadis, dan sebagainya agar bisa terarah.

Karena program sudah ada, sebaiknya dijalankan secara sungguh-sungguh. Terakhir adalah evaluasi yang bisa dilakukan setiap hari. Apabila ada yang tertinggal, bisa segera dilakukan perbaikan.

Demikianlah beberapa kunci sukses Ramadhan. Mari kita sama-sama berlomba dalam kebaikan selama bulan Ramadhan untuk meraih pahala yang berlipat seperti yang Allah janjikan.

0 Response to "Kunci Sukses Saum Ramadhan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.