IBX59ED8B2FED208 Ada Berkah Dalam Sahur Agar Puasa Tetap Terjaga - Jendela Informasi

Ada Berkah Dalam Sahur Agar Puasa Tetap Terjaga


Jendela Informasi - Jika tidak ada halangan, maka bersahurlah walaupun hanya dengan sebiji kurma atau seteguk air. Demikianlah sabda Nabi Muhammad Saw. Mengingat begitu pentingnya makan sahur, sampai-sampai Rasulullah mendorong para sahabatnya untuk makan sahur. Makan sahur memang sunnah, tapi di dalamnya ada keberkahan. Dari sisi Mologis, dengan makan sahur membantu tubuh Anda tetap terjaga ketika menunaikan puasa. 

Berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan rujukan bagi Anda agar puasa tetap terjaga. Tips tersebut adalah:
  1. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung sayuran, buah, protein dan karbohidrat kompleks. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan air selama sahur pula baik sekali untuk menghidrasi tubuh Anda selama seharian.
  2. Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa Anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter.
  3. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
  4. Minum air yang cukup. Sebelum tiba saatnya imsak, minumlah secukupnya air putih sebanyak 3-5 gelas. Ada baiknya jauhi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi lantaran memiliki sifat diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih mudah lewat buang air kecil.
  5. Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktivitas fisik.
  6. Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Saat sesudah sholat zuhur adalah waktu yang cocok untuk melakukan istirahat.
  7. Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  8. Ketika saat berbuka puasa datang, tidak boleh makan secara berlebihan. Alangkah baiknya turuti sunnah, yakni dengan mengkonsumsi buah kurma dan minum minuman yang manis, seperti jus buah, susu maupun hanya air putih. Konsumsilah air secukupnya untuk memulihkan cairan tubuh yang selama berpuasa hilang.
  9. Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.
  10. Hindari makan gorengan berlebihan serta batasi makanan yang pedas agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh.
  11. Penuhi konsumsi air tubuh. Upayakanlah untuk mengkonsumsi sedikitnya 5 gelas air putih menjelang tidur. [Disarikan dari berbagai sumber di internet]


0 Response to "Ada Berkah Dalam Sahur Agar Puasa Tetap Terjaga"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.