Keramik Kasongan Istimewa, Apa Bedanya?


Jendela Informasi - Desa Kasongan yang terletak di Kabupaten Bantul, jaraknya kurang lebih limabelas kilometer dari kota Yogyakarta ke arah Selatan. Desa ini terkenal karena sebagian besar penduduknya perajin keramik.

Keramik Kasongan sudah banyak dikenal orang bahkan sampai ke mancanegara, karena memiliki ciri khas yang tidak didapat pada keramik daerah lain, misalnya bentuk-bentuk kuda, ayam, atau figur pengantin Jawa. Hal ini terbukti dengan banyaknya pesanan yang datang dari luar negeri seperti Australia dan Negeri Belanda.

Cara pembuatannya berbeda dengan cara pembuatan keramik di daerah lain seperti Plered, Jawa Barat atau Klampok di Jawa Tengah. Di Kasongan tanah yang sudah diolah dibentuk sedikit demi sedikit tanpa menggunakan alat bantu. Sejak awal pembuatan sampai kepada tahap penyelesaian hanya dikerjakan dengan tangan. Tidak ada bentuk-bentuk yang dibuat dengan menggunakan cetakan. Sehingga hasilnya akan berbeda-beda sesuai dengan sentuhan rasa si perajin meskipun objek yang dibuat adalah sama. Proses pengeringannya pun secara alamiah, yakni dijemur sampai kering benar hingga siap dibakar.

Cara pembakaran keramik di Kasongan ini ada dua. Yang pertama cara tradisional, yakni dengan jalan ditumpuk dengan jerami lalu dibakar. Keramik yang dibakar dengan cara ini adalah alat-alat rumah tangga seperti kendi, gentong, kuali, kendil, cobek dan celengan yang sampai sekarang ini banyak penduduk desa masih menggunakannya untuk menabung. Yang kedua yakni dengan menggunakan tungku pembakaran dengan kayu bakar. Biasanya , tungku digunakan untuk membakar barang-barang pajangan seperti bentuk-bentuk , hewan seperti kuda, ayam, pot bunga, atau figur-figur yang lucu.

Pada hari-hari biasa pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan keramik yang umumnya dikerjakan oleh anak-anak muda. Para pengunjung yang ingin mencoba membuat keramik sendiri, dengan senang hati akan diberi petunjuk dan dipersilakan mencobanya.

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment